campur aduk

Udah lama banget ga nulis disini, udah berdebu banget ya blog ini hehe! Special hari ini gw akan menulis kembali, sebagai bentuk therapy since I need to process my emotion. Perasaan gw yang lagi overwhelming banget. I don't really know how I feel right now, so semoga dengan menulis ini gw bisa merasa lebih lega, lebih ada clarity juga.

Om gw yang paling tua meninggal beberapa hari lalu. Umur memang sudah 77 Tahun tapi masih gesit dan lincah, tiba-tiba kena serangan jantung dan pergi selamanya. Gw shock dan kaget banget.. Terutama karena bbrp minggu sebelumnya gw mimpi gigi copot, "gw lg kumur2 en gigi tiba-tiba ada yang copot gt.."

kepercayaannya memang bakalan ada anggota keluarga yang meninggal. Tapi saat itu gw cuma anggap mimpi belaka.. Kata dede gw serem juga mimpi gw bișa jadi pertanda gt. Ya itu percaya ga percaya sih..

Tapi ya kepergian om gw ini (gw panggilnya tuaku) bikin gw sedih banget, karena orangnya baik banget, humble, ga perhitungan, en dia orang nya selalu penuh gairah dan semangat hidup. Dulu pas gw kerja di Bali (di Gianyar) gw suka maen ke Kuta kan ya, di mana Tuaku ini buka restoran. Gw boleh pake mobil dia, ada sepeda elektrik juga yang suka gw pake buat maen ke pantai or sekeliling kuta. Kalo gw nginep sana, dia tidur di ruang tamu karena kamar tidur cuma satu kan ya. Gw juga suka makan nasi goreng disana, ga pernah dikasih bayar. 

Tuaku ini juga dulu pas si bebi K speech therapy di Indo tahun 2019, dia yang nemenin gw ke Malang. Dia setirin juga ke Bogor, pokoknya someone that really have my back deh. Waktu itu ya karena gw udah lebih mapan jadinya gw banyak traktir dia juga makan ini itu, mau makan sotomie ya ayuk, makan di sentul ya wes. Tapi ya dia terus mau Traktir balik juga makan mie babat di senen, which is gw sebenernya ga mau karena dia ga ada penghasilan kan.

Satu hal yang gw seselin adalah tuaku tuh pengen banget kesini tapi belum kesampaian, padahal gw udah mikir mau ajak makan ini itu di US sini en gw juga ada kamar extra. Disaat dia telpon juga gw kadang ga Bișa angkat karena perbedaan waktu, țapi syukurlah terakhir masih sempet ngobrol. Gw nangis en sedih karena hal ini tapi juga lega karena meninggalnya cepet n ga menderita. Juga ya 10 tahun terakhir ini hidupnya cukup hepi. Jadi Tuaku ini istri pertamanya meninggal en dia sempet sendiri bertahun-tahun lamanya, en ya dulu nenek gw bahkan bilang, dia ga mau pergi dulu kalo belum lihat tuaku gw menikah lagi. Rupanya Tuhan denger n tahun 2014 dia nikah lagi dengan teman masa kecilnya. Istri ke dua nya ini tinggal di Hong Kong dan anak-anaknya sayang sama Tuaku.. salah satu anaknya kerja di Airlines gt en dia kalo travel kemana-mana cuma bayar 10%, en dia bisa jalan2 keliling Dunia sesuai dengan passion dia. Ya gw bersyukur sih he at least already live a good long life meski sempet ada sedih-sedih nya juga.

Selamat Jalan Tuaku dan bisa berkumpul sama Emak dan Mami Disana.

En udah menjelang imlek gini ya bikin gw mellow juga, karena masa kecil gw kalo lagi imlek gini kita suka kumpul keluarga besar en maen kartu bareng. Tapi sekarang beberapa orang Udah ga ada, di tambah pula gw tinggal jauh gini.

Funeral service nya tanggal 19 Feb ini di Hk, semoga gw Bișa cuti en bisa pergi kesana. To give my last respect en Bisa ketemu sama keluarga besar yang di Indo jg. 

Nyokap gw shock and skrg mengalami depresi juga, gw telpon ga pernah di angkat2.. mental health nya kumat lagi, it gives me more stress karena ya again gw jauh gini en dede gw juga di aussie. Makanya hari ini en besok gw off kerja deh țo process all the emotion..

Selain tuaku ini juga ada hal lain yang membebani gw.. 

Sepupu gw yang seumuran en temen baik gw di masa kecil dulu sekarang ini ga jelas kondisinya. Dia punya anak 3 en dua anaknya dia tinggal sama mamanya di Lampung. Dia sama suami en satu anak pergi ke aussie buat studi cookery en berharap dapat PR disana. Kondisi nya dia sekarang punya hutang satu M lebih di Indonesia dan suami yang ga bisa kerja, ga bisa diandalkan. Jadi dia skrg kerja di restoran 6 hari seminggu sampe kurus banget, cape banget en suaminya bahkan ga urus anak mereka yang baru 2 tahun Sampe kurus bocah ini. Suaminya ini bahkan udah dikasih kerja masih komplen en kerja juga ga bener, ada aja salahnya. Mereka kan tinggal sama adenya sepupu gw ini, tapi terus pindah begitu aja en ga ada kabarnya. Jujur gw kuatir, ada rasa kesel kenapa sepupu gw dapet suami kayak gini? en kenapa sepupu gw sampe ke brainwash rela kerja mati2an demi suami tercinta sementara si suami bahkan ga ngurus anaknya. Belum lagi dengan diperketat imigrasinya Australia skrg bisa jadi mereka ga bakalan dapat PR.

I know I can't do anything to really help them tapi ya gw kepikiran.. semoga nemu jalan terbaik lah .. Gw juga ingetin dd gw yang cewek untuk ati2 pilih calon suami. Salah pilih ya bisa menderita, karena cinta aja ga cukup. Makan tuh cinta. 

Lalu yang ketiga ya coworker gw, mantan pastor sih țapi narcisist juga selalu ngerasa Paling bener n kalo di kasih tau ga pernah mau denger.. ya ini bikin bete sih tapi ya namanya kerja ya pasti ada gesekan sih en gw ga mau terlalu ambil pusing. Tapi ya semenjak gw di percaya posisi leadership, mereka (iya total ada 3 orang) lebih ga hepi lagi lol.. katanya gw micromanaging.. Tapi ya gimana bo? kalo kerja ga beres masa gw tutup mata doank?

Cuma sebagai pihak yang waras gw ngalah aja lah, gw ga mau kepancing sama drama mereka. toh dua orang bakalan di transfer soon en gw juga ada niatan untuk back to college n pursue another carreer. Mumpung company gw yang skrg mau Bayarin buat tuition ya sayang kalo ga dimanfaatin. gw cuma lagi mikir untuk bagi waktunya itu loh.. between full time work, and manage my kid, home, friendship, etc.

Gw juga ada keinginan untuk kembali menekuni art business gw, țapi ya gw mau ini itu kebanyakan n ga fokus ujung2 nya yang ada ntr gw overwhelm myself. Jadi ya di titik ini gw masih mempertimbangkan langkah apa yang harus gw jalani selanjutnya. back to school or kembali buka bisnis? while masih tetep harus kerja full time and mom full time too lol. idk yet but I know where God's guide he will make a way!

I feel so much better already dengan menumpahkan perasaan gw di tulisan kali ini. Hopefully I have more time to write more :) gw pengen beli kopi sama humble burger deh.. cheer myself up :)





Comments

Popular Posts