being a working (from home) mom

Dalam rangka mother's day tahun ini bolehlah ya gw share sedikit apa saja yang gw rasakan setelah menjadi working (from home) mom beberapa bulan belakangan ini.

Ketika baby K lahir, hari-hari gw sungguh sibuk mengurus semuanya sendiri (dibantu papa en mama sih di awal plus suami kalo malem en weekend) & penuh perjuangan untuk ngasih asi. Keinginan untuk kerja baru muncul saat sudah tidak mompa lagi (baby k 10 bulan) Tapi lalu ditolak mentah - mentah sama suami haha, ga boleh kerja dengan alasan baby k terlalu kecil, kalau ditaruh di child care dan ada apa-apa dia belum bisa ngomong etc etc..

Singkat cerita i start a business instead :))

Sejujurnya gw tidak punya ambisi tinggi dalam menekuni bisnis ini.  Dikerjakan, karena cinta dengan bidang ini. Gw lebih cenderung mengandalkan rasa kecintaan tersebut, ketimbang ambisi. Puji Tuhannya ternyata cukup laris maniss yaa :) 

Nah selama menjalani usaha ini gw juga sambil mengurus baby k.. tentu ada suka dukanya

Yang paling gw rasakan adalah feeling guilty.. Memang gw karena kerjanya kan dirumah jadi bisa sambil ngeliatin dia, tapi jujur gw merasa ga maksimal. Perhatian gw terpecah, en kadang kalo lagi sibuk-sibuknya gw rada nyuekin dia maen sendiri or setel tv :( disitu langsung nyesss! merasa bersalah! apakah too soon buat gw untuk punya usaha? haruskah gw menunggu sampe dia sekolah baru kerja? ada juga fomo (fear of missing out) kalo gw melewatkan milestone nya dia karena gw sibuk kerja? en ada juga perasaan apakah dia belum banyak bicara karena gw terlalu cuekin dia? 

Karena zaman sekarang kalo kerja kan mau ga mau pastilah ada peran social media (terutama instagram), jadi kadang ada rasa anxiety juga.. Ini competitor gw kok bisa ngedapetin gig yang gw mau? kok gw ga? am i not good enough? itu rasanya kayak ditinggal pacar deh hahaha! kadang ngerasa wah mompreneur yang ini kok perfect sekali ya? anaknya 3 terus penampilannya mutakhir, usahanya juga sukses! langsung deh again im not feel good enough! It's so true kalau dibilang comparison is the thief of joy! en gw juga sebenernya tau kalo apa yang terlihat di social media ya cuma yang bagus2 aja, nobody know behind the scene.. kayak temen gw bilang, life is not perfect but instagram is! Makanya gw sekarang jarang maen instagram, paling sehari cuma 5 menit, udah gt udahan deh.. and it helps me untuk ga obsessed and bikin gw ga stress mengenai berapa like yang gw dapet atau jumlah follower yang gw punya ( btw i'm not influencer and ga ada niat juga untuk jadi influencer, i'm selling product)

Waktu juga setiap hari nya kejar-kejar an.. on a good day i can finish everything, finish orderan, bawa baby k maen ke playground, ngajarin dia, made a good home cook meal, and have me time.. Tapi yaaa mimpi kali yaa tiap hari bisa kayak gt hehe! ada juga hari-hari dimana si baby k tantrum, en gw nya ga enak badan, udah gt dikejar deadline, en ketemu pula sama customer yang nyebelin! udah deh! rasanya pengen ikutan tantrum! hahah!

Ya itu sih dukanya yaa.... kalau sukanya juga banyak.. terutama karena gw bisa menghasilkan dari rumah. Ya meskipun baru beberapa bulan tapi gw beneran cinta sama kerjaan gw yang sekarang ini en i really want to be succesful in this area.

Meskipun banyak tantangannya, time management wise, stress level wise, etc.. But i won't change anything. i can feel like i finally find my purpose! dulu gw merasa kerja hanya yaudah kerja (because everyone doing it right?) tapi sekarang tiap ngeliat baby k rasanya ada motivasi dan terpacu untuk berhasil di sini! bukan hanya soal uang karena sebenernya suami sih bilang, he is providing jadi gw ga usah kuatir dulu laku apa enggaknya, yang penting jalani en tekuni! en tentunya harus prioritaskan si baby k over work! Tapi motivasinya lebih karena ada keinginan untuk bisa jadi teladan yang baik! to work hard and pursuing your dreams! bukan hanya lewat ucapan tapi diamalkan dalam kehidupan sehari-hari!

yes its not easy tapi menurut gw motherhood bukanlah halangan untuk mencapai mimpi-mimpi kita tapi malah jadi fuel/ penyemangat! Ada hari-hari dimana gw pengen give up, mengimbangi tuntutan kerjaan dan motherhood.. but when i look at her, i know i have to keep going! kalo gw aja dikit2 nyerah, gimana bisa jadi contoh untuk anak gw? so at that moment i just take a deep breath, have a quick prayer and keep going (i can't really rest kalo lagi padat2nya yang ada semua keteteran)

Kayaknya gt aja sih en untuk menutup tulisan ini.. Papanya baby K belakangan udah mulai sounding-sounding soal baby #2. Tapi untuk saat ini jujur im not ready!! with work and baby k my hand already full! put another baby in the mix, hm.. i don't know if i can keep myself sane haha lol! i guess we'll wait and see!

Comments

Popular Posts