37 minggu kehamilanku

Update dulu ah sebelum lahiran..

Cepet banget ya tau2 dah september aja en si bebi juga udah near term per hari ini alias udah 37 minggu aja.. Yang artinya dah boleh lahir kapan aja.. gw sih berharapnya dua minggu lagi, tapi max 3 minggu sih.. karena gw ada gestational diabetes jadi ga boleh lewat due date.. ya we'll see lah ya.. kapan aja lah yang penting gw n bebi sama2 bisa melewati proses persalinan dengan baik dan sehat.

Ada kejadian nyeremin deh belakangan ini.. Di kota tempat gw tinggal ada ibu hamil 8 bulan yang hilang.. Terakhir ortunya ngeliat dia pergi ke neighbour di atas apartemen nya.. Terus ga ada kabar, beberapa hari kemudia ketemu2 udah jadi mayat di bungkus di plastik gt di sungai.. iih sereem..
n yang lebih creepy nya lagi anak bayi dia ternyata udah lahir aja en diambil sama tetangga nya dia yang terakhir dia kesana.. Jadi si tetangga ini sekarang ditahan polisi.. Ngeliat mug shot si tetangga ini mank keliatan ada mental illness.. ya iyalah kalo ga sakit jiwa? masa tega ngebunuh ibu hamil n anaknya diambil?? meski belum ada keterangan lebih lanjut sih, masih dalam proses investigasi.. apa motifnya dsb..

n laki gw pas baca berita ini langsung emosi dia n wanti2 gw untuk hati2.. makin posesif dah doi haha.. tapi bener sih better safe than sorry..

Nah balik lagi ke diriku...

i was told that there are 5 major causes of stress. And those are "death of a love one, having baby, a move, a marriage, and loss of job."

i was dealing with 5 of them.. *horaaay* (sarcasm)

Yang pertama nih dari sejak hamil 8 minggu gw udah resmi jadi bumil pengacara (pengangguran banyak acara). Sempet mati gaya en bosen tapi karena gw n suami secara sadar mengambil keputusan ini.. bahwa ini untuk kebaikan si bebi juga jadinya di gw ga terlalu berat untuk stay dirumah aja. at least gw bakal stay dirumah sampe si bebi setahun lah maximal.. Gw pengen kembali kerja n berkarya.. tapi ya kalo memang gw diharuskan untuk stay home longer ya sudah, family always comes first..

yang ke dua adalah having a baby.. it's a wonderful thing tapi gw harus jujur gw banyak ngalamin anxiety.. takut banget kenapa2 sama si bebi.. suami gw juga sama aja parno nya.. manalah kita berdua bener2 ga punya pengalaman.. jadi dikit2 telpon/ email dokternya haha.. mana gw punya low pain tolerance lagi.. Tapi kalo udah terpaksa ya mau ga mau jadi bisa sih.. saat ini sih gw berusaha untuk ga mikirin gimana ntr labor nya? pasti sakit sih.. tapi ya udahlah pasrah n dijalani aja..

yang ke tiga adalah meninggalnya nenek gw, gw sedih tapi gw somehow bisa menerima dan gw yakin nenek gw sudah tenang disana..

yang ke-4 adalah moving.. Ini sempet bikin gw stress juga. Laki gw sempet dapet offer di Chicago.. Tapi terus terang gw ga sreg harus pindah segitu jauh saat hamil tua, blm lg nyari obgyn lagi en rs yang cocok.. ketambahan di kerjaan barunya itu si suami harus traveling for work.. Gw ga sreg banget meski secara nominal gajinya jauh lebih tinggi dr yang sekarang.. tapi untungnya suami gw mau ngerti en jadinya kita tetep pindah sih, tapi pindah ke kota sebelah yang mana cuma sejam aja.. itu juga dah capeknya minta ampun padahal sih hampir laki gw semua yang kerja..

yang ke-5 adalah marriage.. sebenernya sih ini lebih ke hormon..
Belakangan ini hormon gw parah banget.. Korbannya ya siapa lagi kalo bukan si suami hahaha.. Pernah gw meltdown cuma gara-gara laki gw ga mau main kartu uno.. dia yang sampe kebingungan en akhirnya ngalah.. Udahannya gw bingung sendiri kenapa sampe segitunya?? Untungnya punya suami yang sabar banget.. Pas gw bad mood dia pasti nanya ke gw.. "what happened?", "what can i do to makes you feel better?"

gw juga sebenernya ga tau kenapa gw bad mood abis.. entah kurang tidur (gara2 bolak balik wc) apa gimana? gw berusaha untuk ga marah-marah jadi gw diem aja en nonton tv, tapi mungkin keliatan banget kali dari muka gw ya.. Jadi suami gw yang concern gt.. gw jawab aja asal, gw bosen gw pengen ke theodore national park.. yang mana tuh 6 jam aja nyetir.. en suami gw tipe orang yang ga demen nyetir jauh-jauh.. Tapi dia bilang ayukk deh.. dia bilang dia cuma mau gw hepi.. Ujung-ujungny kita ga kesana sih hahah.. ya iyalah dah hamil gede gini masa nekat mau hiking2 an.. bisa2 brojol ditengah jalan..

Anyway bersyukur banget punya suami yang pengertian kayak gini.. Dia selalu berusaha bikin gw happy.. tau lah ya happy wife, happy life.. lol.. jk...

God is so good for blessing me with him :)

Managing Gestational diabetes 

Sejauh ini sih diabetes nya bisa gw kontrol dengan diet tanpa obat dan insulin.. Biasanya kalo makan rada banyak, gw imbangin dengan olahraga. Tapi kalo pas lagi sibuk2nya gw ga sempet olahraga en makannya rada ngasal, gula gw tinggi deh.. en karena seminggu sekali kan gw emailin hasil test daráh gw ke diabetes educator jadinya dia sempet concern karena ada beberapa kali sempat tinggi. Tapi terus gw balik on track en gula darah gw terkontrol lagi.. so far sih masih bisa pake diet aja.. Mudah2an sampe lahiran tetep bisa stabil dengan diet n olahraga ya.. tinggal 3 minggu lagi nich max. Gw ga akan lewat dr 40 week karena gestational diabetes ini bisa bikin placenta lebih cepet rusak, jadi bahaya kalo lewat dr 40 week.. kata dokter gw sih deket2 due date bakal di induksi kalo seandainya belum ada tanda-tanda lahiran.. Tapi gw denger2 induksi tuh sakit.. duuh ya moga2 gw bisa mules n lahiran natural deh tanpa perlu di induksi segala.. yach yang namanya ngelahirin kek gimana caranya pasti sakit lah, gw cuma minta kekuatan dari Tuhan untuk melalui itu semua.. secara gw cemen banget.. sama jarum suntik buat vaksin aja gw dulu tuh maju mundur.. Tapi sejak hamil ya oloh.. suntik vaksin lah beberapa kali, ambil darahlah multiple time juga, pap smear lah, dll.. n puncaknya ntr nih pas ngelahirin.. huhu..


Doctor visit 

Gw ke dokter ya udah 2 minggu sekali cek rutin aja.. cek blood pressure, ukur berat badan, en dengerin heart beatnya si bebi.. yang puji Tuhan semuanya bagus sejauh ini.. sampe kemaren pas 36 week tuh gw di test untuk group b strep.. jadi ini semacam bakterie/virus yang ga bahaya buat si ibu tapi bahaya buat si bebi pas dia lahir.. Gw ditest n positive, jadi nya ntr pas labor gw bakalan di kasih antibiotik.. Testnya juga cuma di swab aja di bagian bawah.. gw sih gpp dapet positive, karena gw baca2 ada yang tesnya negative eh begitu anaknya lahir, kena si gbs ini en ada yang sampe meninggal.. duuh sereeem kann? mendingan lah gw ketauan jadi pake antibiotik, again better safe than sorry..

en kemaren mau dicek dalem, cuma baru satu jari yang masuk gw udah aduh2.. mungkin gw tegang kali yeee.. akhirnya ga jadi.. tapi ya cepet or lambat yah pasti diperiksa juga sih... yaudahlah pasrah... haha..

bebi ukuran nya n segala sesuatu nya bagus menurut dokternya sich.. kemaren sempat usg en si kecil udah 6 pound aja hehe..

hospital tour

Rumah sakit yang gw bakal lahiran ntr tuh baru jadi tanggal 25 juli kemaren en asli sumpah keren banget. dia ada di lantai 10 en begitu kita check in gw bakal dikasih 4 digit nomor, jadi kalo ada yang mau visit mereka harus dikasih nomor ini baru boleh masuk n visit kita. Di sana disediakan bath tube juga en birthing ball tiap kamarnya (jadi ga perlu rebutan, kadang di rs cuma ada beberapa jadi ga setiap pasien kebagian kalo pas rame), konsepnya dia kayak hotel gt, ruangannya semua private (kecuali triage ada 4 ranjang) dibikin dengan tone warna yang bikin relax and ranjangnya full size aja donk (bs muat berdua), plus dia ada spa nya juga..

ngeliat kayak gt jadi bikin gw lebih relaks sih, karena somehow rumah sakit tuh buat gw kesannya selalu dingin n nyeremin.. Tapi disini sih ya bagus banget.. Anyway itu kan faslitas nya yach.. yang penting tentunya tenaga medisnya.. moga2 sih gw ditangani oleh dokter ahli yang tepat (karena kita ga bisa milih mau sama dokter siapa, cuma yang available aja pas due datenya ntar). Selama ini sih yang nanganin gw dokter nya dari Filipina dan friendly tapi yach gw sih pasrah aja kalo ga bisa sama dia asalkan si dokternya nanti bisa menangani gw n si bebi dengan sebaik mungkin.

Persiapan


gw udah ambil kelas-kelas, gimana menghadapi persalinan n managing labor pain, gw juga udah ngecheck car seat kita yang proper pasangnya gimana dll..

baju2 bayi udah gw laundry in en mayan pegel juga ngelipetin nya bo.. kecil2 n banyak gt.. Tapi cute banget sih...

nursery juga udah kita set up.. udah ada changing table, rocking chair, dll.. crib nya sempet tuh pertama kali ada cacatnya jadi kita return and beli lagi.. deg2an sih takutnya si bebi dah ga betah di perut eh crib nya belum dateng.. tapi ya sekarang sih semua udah terpasang rapi hehe..

Hospital bag juga udah siap, sekoper penuh bo.. udah kayak mau ke Indo aja hehe.. padahal tinggal juga cuma 10 menitan dr hospital nya.. tapi ya again better over prepared drpd disana repot bolak balik meski sih ya deket gt...

Tinggal jemput bokap nyokap hari ini en we're ready for si bebi.. anytime she want to come.. :)

Tuhan semoga persalinan nya ntr lancar, baik ibu n bayi semua sehat and selamat, amin.


Comments

Popular Posts