Uang dan Hutang

Kemarin pas lagi kerja, anak buah gw dapet telpon... pas kebetulan gw juga lagi di samping dia..
Ga lama suaranya meninggi di telpon dan dia bilang , " ini ga legal, nelpon gw pas lagi kerja. Jangan pernah nelpon lagi pas gw lagi kerja."

Klik! telpon langsung dimatiin ma dia..

gw langsung nanya donk..

"Siapa yang nelpon?" soalnya kalo ada urusan apa-apa yah itu kan tanggung jawab gw juga..

Tapi

ternyata debt collector!


***

Doi cerita, kalo dia punya student loan (pinjaman untuk biaya kuliah mahasiswa yang akan dibayar setelah mereka bekerja) Akan tetapi dia kuliah ya cuma satu semester di tahun 2006. Menurut dia jumlahnya ga masuk akal, jadinya dia memilih untuk default (ga bisa bayar jadi stop bayar)

Well tentunya yang meminjamkan ga akan tinggal diam tanpa dibayar.. Dikejar debt collector, anceman bakal di sue, dipotong gajinya, kemungkinan ga bisa dapet tax refund (kalo pinjam dari federal loan), belum lagi bunga berbunga yang akan terus menggunung.

Jadi sekarang ini dia pusing pala barbie!

Dia kepengen pindah ke Florida awal Januari ini dan start fresh..

Tapi yang namanya lari dan menghindar ga akan deh menyelesaikan masalah!

Apalagi dia bilang dia pengen kuliah lagi...

Lah pegimana? wong kredit nya jelek.. siapa yang mau ngasih loan lagi?

Sekilas mengenai dia :

Umurnya 38, obesitas (yang mana bikin dia banyak penyakit dan akhirnya keluar uang buat medical reason), single, dan tons of debt.

Ibaratnnya kalo orang bilang mah, kalo udah nyadar u ada di dalam lobang... minimal stop ngegali lah ya..

dia sih gak.. Mau pindah ke Florida aja biaya pindahannya bisa 3000an.. yang which is kalo dia masih single mendingan barang-barang yang berat2 kayak furniture yach dijual aja.. Belom lagi dia musti nyewa storage di sana... belum ada garansi juga dia bisa langsung dapet kerja kan ya.. Jadi mending tuh 3000 disimpen buat dana darurat.

Tapi dia ngeyel pengen bawa barangnya.. yo wes terserah..

Yang ke dua, dalam kondisi penuh hutang, doi masih kepengen shopping baju buat fall. Yang menurut gw ga penting! soalnya florida tuh kan panas! kayak di Indo gt dech.. Gw pas ke Miami januari lalu aja boro-boro pake jaket, yang ada keringetan bo!

Jadi menurut gw keputusan finansial dia tuh ga wise banget.. Gw coba bantu dia sebisa gw kayak misalnya ada furniture nya yang bisa gw beli ya gw ambil..

Tapi semuanya harus balik ke diri dia sendiri, dia harus hadapi tuh hutang, diberesin, karena banyak kok program yang bisa ngebantu.. cicilannya direndahin atau dia bisa volunteer untuk ngurangin beban hutangnya..

Akhir kata gw nulis disini bukan untuk menjelekan dia sama sekali.. Tapi untuk menjadi pembelajaran, terutama untuk diri sendiri.

Ga semua hutang itu jelek, tapi kalo berhutang sebisanya dilunasi secepatnya, on time, dan jangan pernah melarikan diri. Kalau ada niat baik pasti ada jalan kok..

Kemudian kalau memang banyak kebutuhan yang lebih penting, diusahakan untuk mengerem nafsu belanja lah ya.. terutama untuk barang sekunder yang ga terlalu penting.

Gw sendiri pun masih belajar, gw demen shopping, makan-makan and traveling.. Tapi itupun gw batasi kok.. sewajarnya aja..

Yach semoga doi bisa menyelesaikan semuanya dengan baik...

i really wish her well!







Comments

  1. aku juga demen bgt shopping... hehe... emg susah...udah punya baju tas banyak, masih pengen beli lagi yg warna laen...wkwkwkwk.... >_<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang namanya cewek demen belanja ya... kalo seandainya ntr ke New york shoping bareng yuk... hehehe... :P

      Delete
  2. Ayoook!! Hihihihi....tp nanti hubby mu kasian ngga? Atau dia demen shopping jg??? ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hubby sih ga demen belanja tp gpp lah skali2 nungguin hahha.a.. kalo jadi k NY ntr aku kontek2 ya.. kayaknya bakalan awal januari.. :)

      Delete

Post a Comment

Popular Posts