Emak Peng

when i was a baby with Emak 

Entry blog kali ini khusus gw dedikasikan untuk nenek gw (nyokapnya nyokap) atau biasa kita memanggilnya emak. Saat gw menulis ini beliau sedang rawat inap di rumah sakit, terkena pneumonia, kondisinya kritis, kata ade gw kalo digerakin dikit badannya pasti teriak-teriak kesakitan.

Kemaren kita vidcall and ngeliatnya truly break my heart, Emak yang dulu berisi sekarang jadi kurus banget, yang dulu selalu menjaga penampilan ngecat rambutnya hitam sekarang sudah putih semua, lemah tak berdaya :(

Gw padahal berharap Tahun depan bisa bawa baby K ketemu Emak.. Tapi ya gimana ya? Gw berharap Emak sembuh tapi dengan kondisinya yang udah 92 tahun, badannya penuh luka karena kebanyakan tidur, dan sudah ga inget apapun.. Gw ga tega juga kalo hidupnya menderita. Gw cuma bisa berharap emak diterima disisiNya dan bisa pergi dengan tenang.. Kalaupun Tuhan masih perpanjang usianya yach semoga emak kondisinya jadi lebih baik.. Kita sudah serahkan semua ke tangan Tuhan.

Gw pun dah ga mungkin untuk ke Indo buat ngeliat emak, usia kehamilan gw dah 8 bulan gini.. Airlines mana yang mau ngangkut coba? Gw hanya bisa menulis disini, mencurahkan isi hati dan agar anak-anak gw kelak bisa baca, karena sepertinya mereka tidak akan ada kesempatan untuk mengenal Emak.. Setidaknya dari tulisan ini sedikitnya mereka akan mengenal sejarah keluarga kami..

Gw kurang tahu masa kecil emak seperti apa.. yang pasti beliau lahir di masa Indonesia masih dijajah Belanda.. Tepatnya tahun 1925.

Di masa mudanya emak tergolong cantik dan banyak pria yang mengejarnya.. Ada satu pria yang setengah mati jatuh hati sama emak..

Kala itu emak sedang bertamu ke rumah saudaranya dan didepan rumah itu ada pria yang sedang membuat jalan.. Begitu melihat emak, rupa-rupanya langsung terpesona hehe. Seperti adat orang zaman dulu, pria ini pun mencari emak ini anak siapa dan melamar melalui orang tuanya emak.. Emak awalnya menolak karena usia mereka yang terpaut jauh,beda 16 tahun.. Tapi orang tua emak yang waktu itu adalah guru (ini kalo ga salah inget ya) memutuskan menerima lamaran pria ini, karena dizaman itu pria ini seorang saudagar yang cukup kaya..

Pria ini akhirnya menjadi engkong gw.. Menurut cerita Emak, engkong ini aslinya dari daratan Cina en terus berenang ke Indonesia (ya emang rada ga masuk akal tapi itu yang gw dengar selama ini). Si engkong ini bertahun-tahun patah hati sampe udah jadi bujang lapuk (untuk ukuran zaman itu umur 36 udah dibilang ga laku ya, kalo zaman sekarang mah masih eligible bachelor yaa).. Ternyata ketemu emak  yang katanya mirip sama cinta pertama nya itu dulu . Makanya ga pake lama langsung ngajakin merit.

Emak selalu bilang selama merit dia diperlakukan seperti berlian, alias engkong sayang banget sama emak.. Sampe mereka punya 8 anak ( yang dua meninggal).

Tapi kebahagiaan emak rupanya tidak bertahan lama, saat emak mengandung nyokap 3 bulan.. Engkong meninggal keracunan.. (kabarnya diracunin orang). Saat itu Emak shock banget, lagi hamil muda, anak masih kecil-kecil, ga ada penghasilan.. Menurut nyokap emak nangis-nangis sampe berbulan-bulan sampe air matanya jadi mutiara (again ini ga masuk akal tapi ya itu yang diceritain ke gw).

Emak pun penasaran dan nyari orang "pintar" (maklum ya zaman itu melahirkan aja pake dukun beranak jadi ya memang rada-rada superstitious). Disana mereka mangil arwah engkong and engkong berpesan, bahwa memang udah waktunya dia pergi dan dia disana juga udah berkumpul sama dua anak emak yang sudah meninggal. Engkong juga berpesan untuk sekolahin anak-anak setinggi-tingginya..

Emak saat itu rupanya ditaksir sama orang lain.. Kalau mau mudahnya menikah lagi lah maka hidupnya lebih terjamin, tapi rupanya cintanya sama engkong itu ga pernah tergantikan.. Sampe sekarang emak tidak pernah menikah lagi.. Padahal ketika menjanda umurnya baru 34/35 tahun.. Begitu pula nyokap yang waktu itu masih di kandungan ingin diangkat anak oleh orang tapi emak ga mau.. She want to keep her family together.

Sepeninggal Engkong kehidupan emak penuh perjuangan.. Mulai dari jualan gado-gado di lapangan sekolah.. Gw inget nyokap cerita, kalo emak duduk lah ngejagain dagangannya di lapangan yang panas bermodalkan payung doank.. en kalo yang pernah ke Palembang pasti tahu panasnya disana tuh kek apa.. PANAS PAKE BANGET! Dengan sebuah kaleng untuk taruh duit disana en kadang nyokap suka ngecek kaleng nya, kadang isi nya kosong en dagangan emak ga laku.. sedih banget kata nyokap..

Kerjaan yang ke dua emak jadi tukang masak di restoran.. Restoran nya rame banget en emak emang masakannya enak BANGET! kayaknya resto-resto yang pernah gw makan selama ini lewat dah kalo dibandingin sama masakan nya emak.. meski kadang cuma masak nasi goreng pake telur aja rasanya tuh bisa enak banget.. Disini emak hidupnya lumayan en juga emak banyak dibantuin sodara-sodara nya untuk nyekolahin anak-anak.. Meski tetep kata nyokap, dulu satu sepatu aja bisa dipake sampe 3 tahun.. Kalo bolong ya dijahit.. Makanya nyokap selalu bilang kalo hidup gw sekarang ini udah enak banget, beda sama zaman dulu..susahnya minta ampun.

Tapi badai belum berlalu, pemilik restoran tempat emak bekerja mulai kecanduan judi en akhirnya bangkrut.. Emak pun terpaksa kerja di rumah sakit jadi tukang masak lagi..

Hal ini terus emak jalani sampai tuaku gw mulai bisa cari duit en mereka pindah ke Jakarta.. Satu persatu anak-anaknya bekerja dan emak pun bisa stay di rumah aja, nonton tv, masak, en main kartu kuning ma temen-temen nya..

Semua anak emak berhasil dan mereka semua menjadi orang yang baik-baik.. Ga ada yang aneh-aneh.. Keluarga nyokap gw memang tipenya lurus dan sangat tau diri.. Didikan dan usaha emak selama ini berbuah manis..

Itu semua yang gw denger ceritanya dari nyokap atau dari emak sendiri.. Kalo di gw sendiri, kenangan gw akan emak tuh cukup banyak..

Secara bokap gw kan suka kerja keluar kota, biasanya emak bakal nginep ke rumah buat nemenin nyokap..

Gw inget emak selalu taruh sapu di pintu kalo malem-malem.. Katanya sih biar ga ada maling masuk.. Terus sebelum tidur pasti emak sembayang dulu en cerita-cerita sama kita..

Emak hobinya nonton tv, suka banget sama garlic breadnya pizza h*t, demen babi panggang, en roti isi ham nya dandys..

Untuk orang seusianya emak cukup sehat, keluhannya cuma lutut nya sakit tapi sampai umur 80an masih sehat, aktif, dan tidak pikun..

Sekitar tahun 2009/2010 kami mengajak emak pergi berlibur bersama ke bali dan emak jatuh.. sejak itu kondisinya merosot..

nyokap masih suka ajakin pergi makan seminggu sekali.. biasanya kita makan ikan bakar cianjur yang di pecenongan..

Tapi terakhir gw kesono tahun lalu, emak udah ga bisa diajak pergi-pergi.. Bahkan udah lupa sama gw.. :(

Gw bersyukur masih bisa ketemu emak tahun lalu.. Karena hari ini Emak meninggal :(

I'm sad and will miss her for sure.. but after all she's been living her life (it's a long and healthy life anyway) and menurut ade gw meninggalnya pun tenang sambil tersenyum.. finally she will reunite with Engkong and yang paling penting ada Tuhan Yesus disana. Doa gw agar emak diterima disisiNya dan masuk surga..

Selamat jalan Emak!

Comments

Popular Posts