Kapan waktu yang tepat untuk punya anak?

Menurut web ini , umur 32 itu ideal lah untuk punya anak pertama.

Gw sendiri tahun ini 32 en my first baby will be born next month.. due date sih 23 September tapi ya tau sendiri lah ya baby nya yang jadi boss, jadi bisa kapan aja dia mau keluar bisa lebih awal bisa lebih lama..

Nah apa bener gw sekarang siap? Apa bener umur segini nih udah pas?

Kadang gw mikir seandainya gw nunda another year a.k.a tahun depan baru punya bebi.. Pasti skrg gw udah travel lagi kemana gitu (mungkin ke Indo buat ngeliat nenek gw terakhir kalinya.. ) en yang pasti we will be better financially.. Secara udah ada dua job offer yang ditolak laki gw karena gw hamil. Yang pertama karena lokasinya di florida en disana merebak zika virus yang mana bahaya untuk ibu hamil. Yang ke dua di Chicago juga terpaksa ditolak karena gw udah hamil gede gini plus suami gw harus travel 30% of the time.. Selain itu gw juga kerja fulltime, pastinya pundi- pundi kita makin berisi deh hehe..

Udah taulah ya kalau punya anak tuh mahal, gw berasa banget meski udah ada asuransi juga.. contohnya aja nih ya pas gw kena Gestational diabetes, buat konsultasi nya aja sama diabetes educator n dietician udah 400$ sendiri, belum lagi beli test stripnya.. 100pcs aja di pharmacy tuh 133$ (sedangkan gw butuh 300pcs sampe lahiran). Untunglah ada amazon, di sana gw beli lebih murah 100pcs nya 45$. Lumayan lah selisihnya bisa buat beli diaper sama wipes beberapa bulan..

Tapi memang ya bayi ada rejekinya masing-masing, puji Tuhan banget deh.. Awal tahun ini kita dapet tax return yang lumayan banget (bisa kecover beli barang-barang bebi kyk crib, stroller, dll yang gede2 plus ada sisa buat emaknya beli nursing bra haha). Ditambah lagi gaji laki gw juga dinaikin en jumlahnya signifikan juga.. plus yang ngutang2 ma laki gw udah mulai bebayaran.. (meski ditagihnya sih setengah mati juga, padahal duit sendiri ).

Jadi untuk saat ini secara financial kita cukup stabil dalam artian segala sesuatu yang penting bisa ke cover dan kita ga mengorbankan kualitas. Ga kebayang juga kalo seandainya gw hamil en lahiran tahun lalu misalnya? disaat laki gw masih kuliah. Mungkin secara financial untuk lahirannya gw bisa dapet bantuan dari pemerintah kayak medicaid. Tapi untuk yang lain2nya? barang2 si bayi? belum lagi gw ga akan bisa travel kemana-mana.. boro2 bisa ke Maldives (plus korea) , mungkin dateng ke meritan dd gw aja di Bali juga gw ga bisa kali.. Plus laki gw harus belajar sambil ditemenin tangisan bayi.. ga kebayang dah stress nya.. bisa sih bisa aja kalau terpaksa tapi jujur gw pas hamil sekarang ini aja banyak anxiety n parno nya, kalo ditambah financial strain lagi ga tau deh sanggup apa gak?

Gw juga bukan tipe yang bodo amat lah duit itu mah urusan suami... gw taunya ada aja.. ya ga gt juga lah, kalo menurut gw kita harus sama-sama.. Suami juga bantuin di rumah, gw juga ikutan cari duit.. Kalau sekarang posisinya gw harus stay dirumah aja, ya sebisa mungkin gw mengatur keuangan dengan baik.. hello diskon2an en kupon2 hehe.. udah emak2 banget ya gw.. tapi lumayan banget loh dengan kupon2 gt.. laki gw aja ga aware , pas gw kasih hitung2an nya kita bisa hémat sekian ratus dollar tiap bulannya, baru dah doi manggut2 haha.. the power of emak2..  :P

Jadi apakah sekarang ini waktu yang tepat untuk punya bayi? Kalo menurut gw sih there's never a right time to have a baby ya.. Yang pasti usia belasan dan awal 20an tuh menurut gw ga ideal.. Umur segitu harus puas dulu sekolah, berkarir, mengeksplor talenta, travel, dan seneng2 ma temen. Udah mid 20's ke atas sih menurut gw udah mulai boleh lah.. But again everyone is different and again there's never a right time.. Ada temen gw yang merit muda banget umur 20 sekarang anaknya udah umur 12, dia nya skrg byk me time n travel kemana-mana.. Tapi memang kalo bonyok gw sendiri sih, pengennya kita tuh merit nya udah late 20's en untungnya mereka bukan yang tipe maksa2 gw buat cepet2 punya bebi.. cuma tahun lalu aja pas ke Indo, gw udah 3 tahun merit en bokap gw yang mulai concern. Nyokap malahan lebih santai, walaupun mereka selalu doain gw agar bisa hamil en melahirkan dengan baik.. aahh they're truly the best parents..

Kalau untuk di kita berdua sih rasanya saat ini udah saat yang paling tepat untuk punya bebi, bukannya sempurna tapi kalau mau nunggu sampai waktu yang sempurna rasanya ga akan punya anak dech..

Punya baby ini adalah berkat yang luar biasa buat kami berdua.. Suami juga sayang banget.. kalo gw lagi elus2 perut aja, dia yang heboh sendiri.. :"jangan pegang anak gw kenceng2 ntar dia kesakitan"

ya oloh pak suami, aku cuma elus2 doank kok hahaha...

Jadi biar pun dompet menipis tapi hati ini rasanya penuh.. Gw kadang udah suka berkhayal pengen dandanin si bebi macem2 pake pita yang lucu2, bahkan gw udah beli winter coat buat dia pas 3 bulan ntar en ngebayangin nya pasti lucu banget deh  buntel2 gt haha... en pastinya pengen banget gendong...

Si bebi ini juga jadi motivasi nih buat kita berdua untuk lebih giat lagi cari duit.. ya iyalah kan kita harus provide buat dia..

Berusaha dan berdoa!

Semangat!

<3

Comments

Popular Posts