Pertama kalinya ke Mt. Rainier National Park

Sejak pandemi sebenernya kita ga ada rencana untuk travel kemana-mana, nah ide ke Mt. Rainier ini juga bisa dibilang dadakan.. Berhubung ga gt "jauh" (ya mayan jauh sih 4 jam sekali jalan haha) dan bisa outdoor, terus udara juga enak, n kangen hiking! jadi deh gw tanya si suami, mau ga dia kesana? 

Ternyata suami oke tapi udah bilang ini bakal jadi the only "long" trip nya kita tahun ini! (Ya taulah kondisi di US gimana,  coronavirus masih belum terkontrol gini terus ada civil unrest and udah mau pemilu pula). 

Jadilah wiken itu juga (tanggal 15 agustus kemarin) kita pergi kesana! Kita ga berani nginep, meski idealnya sih nginep sehari!!! It was a long day tapi Baby K like always kalau kita travel/hiking ga pernah rewel atau jackpot atau yang nyusahin.. she's a really good travel companion!! n kali ini dia udah pinter nyanyi, jadi sepanjang jalan rame deh dengerin dia nyanyi twinkle-twinkle sampe pok ame-ame! haha! 

Ok balik lagi ke hari H nya.. Sebenernya kita mau berangkat jam 5 pagi karena gw kuatir ga dapet parkir tapi ya karena satu dan lain hal akhirnya jam 7 pagi baru mulai jalan! Perjalanan mulus-mulus aja tapi begitu sampe di gate nya, macet aja donk!! pandemi atau ga tetep aja National Park diserbu ya kalau lagi summer begini!

Karena kita lewat Yakima jadi entrance nya dari stevens Canyon

Tadinya sih gw pengen kita jajal juga the grove of patriarch ya secara udah lewat kan ya.. ya buat pemanasan gt karena trailnya hanya 1,5 mile membentuk loop gt. Tapi si suami ga mau n gw liat juga udah rame banget parkirnya, Yaudah lah kita skip aja! Untung juga kita skip karena ga pake trail tambahan pun kita sampe rumah udah setengah dua pagi! hahah! intens banget dah tuh seharian!

Tujuan kita kesana untuk hiking Skyline trail, head trailnya ada di daerah yang namanya Paradise, jadi dari entrance ke paradise area sekitar 40 menitan dan begitu masuk ke area nya langsung macet! saat itu gw pasrah deh ga bakalan dapet parkir!! Eeh tapi pas ada yang keluar donk! duh hoki dah, mana deket lagi sama head trail nya!

Nah Lokasi Head trailnya tepat di belakang visitor center nya ini!

Ini peta nya.. Trail yang kita mau di garis warna kuning ini.. Total 5,5 mile membentuk loop gt.

Kondisi hari itu panas tapi semua orang pake masker termasuk kita (kecuali buat foto n pas ga ada orang baru kita copot mask). Which is reassuring for me and sebisa mungkin kita ngejauhi orang.. meskipun ga selalu bisa karena ada saatnya trailnya sempit and kita harus papasan in less than 6 feet.. Tapi so far puji Tuhan sejauh ini meskipun abis hiking capek minta ampun, kita semua sehat-sehat aja! 

Ini pilihan trailnya, bisa lurus (clockwise) melalui Skyline atau lewat Myrtle Falls (Counter clockwise) ke kanan. Lewat manapun bisa karena trailnya membentuk loop! Bedanya adalah kalau Skyline Trail nanjaknya curam dan turunnya lebih gradual, Sedangkan Myrtle falls ya sebaliknya! 

Kita pilih lewat Skyline Falls karena belajar dari tahun lalu ke Berg lake, pas turun terus curam-curam gt sakit di lutut! Jadi mending naiknya lebih curam deh daripada turunnya!

Lumayan kan nanjaknya? haha! Tapi ini belum apa-apa sih karena jalannya masih mulus beraspal gitu! sampe si suami bilang mending bawa stroller aja!

Berhubung Kita dadakan kesini nya jadi ga ada training, totally out of shape deh kita berdua! makanya banyak berenti-berentinya sambil ngadem di bawah pohon begini! haha!

Lalu kelebihan kalo kita pilih clockwise adalah ini : Sepanjang kita nanjak, disuguhi pemandangan mount Rainier ini! sedangkan kalau Counterclokwise cuma akan ngeliat pas di puncak, sedangkan turunnya membelakangi!

Ga lama jalannya berbatu gini udah bukan aspal lagi! makin challenging deh! kita masih terus nanjak disini!

Cantik view nya kayak garden yang di landscape padahal semuanya wildflower! 

Naik terus!! jangan kasih kendor!!

Di balik tangga trailnya basah begini karena snow melted

Sekitar 1/5 jalan disini!! baru pemanasan tapi udah makin tinggi!

Makin lama makin challenging ini trailnya padahal menurut review termasuk moderate, tapi kayak gini? 

Lalu trailnya ketumpuk salju! haha! ga apa, making challenging makin seru! cuma sayangnya gw ga bawa pole hari itu! kalo pake pole pasti lebih gampang!

Istirahat dulu sejenak with this view! di kejauhan samar-samar ada air terjun nya!

Hampir sampai ke puncak nya!! 

Panorama point! dari sini kita bisa ngeliat Mt. Hood, Mt. Adams, and Mt.Helens! Apalagi saat itu cuaca beneran bagus n cerah!

Btw gw pikir Panorama point ini udah peaknya, tapi ternyata bukan sodara-sodara!! masih ada nanjak lagi! haha! 

Ayo lanjutkan perjuangan!!

 begitu dikasih keluar sebentar n jalan sendiri, senengnya bukan main anak ini!

Getting super close to Mt. Rainier!!

Setelah ini kita mulai turun! tapi jangan disangka turun lebih gampang ya! hm.. agak ngeri juga loh!! Namanya aja Skyline, jadi kita posisi tinggi terus disampingnya jurang en trailnya berbatu yang licin, salah langkah uh oh bisa goodbye! Kalau keseleo pun bakal ngerepotin banget! jadi penting nih ya... pake sepatu hiking boots!! 

gini nih trailnya buat descent, ngeri kan! di ujung gambar itu langsung jurang, ga ada pengaman! kita turunnya lebih lama ketimbang naiknya! karena hati-hati!

Lalu jalan kita keblokir salju again! ini baru separoh jalan n mulai berasa panas menyengat! pulang-pulang dapet oleh-oleh sunburn!

Lumayan agak datar disini 

Gak lama kita ketemu Junction, ada yang namanya golden gate sama skyline trail.. Saat itu gw ngerasa masih kuat and akhirnya milih skyline trail.. Padahal golden gate itu tuh shortcutnya.. lebih pendek 1 mile and jalannya turun terus sementara skyline masih ada naik turunnya!

Kita ga bawa water filter dan posisi saat itu air di botol minum udah abis, jadi si suami inisiatif ambil tetesan air dari ice cave! awalnya gw ragu mau minum tapi ternyata seger n gak sakit perut sih hehe!

Seger minum air glacier...! hasil jerih payahnya papa sambil jongkok2 haha!

Admiring the view sambil makan bekel kita and i'm very grateful bisa tinggal di pacific northwest! karena outdoor kayak gini banyak banget!! i love cascade mountain and glacial lake! 

Kehadang salju lagi donk!

disini bahkan kita harus sliding!! seru!!

si bebi suka banget nyebrang jembatan gini!!

Tapi kalo nyebrang kayak gini mamanya yang takut!!!karena licin banget! tapi Thanks God bisa dilewatin tanpa ada kurang satupun!

Wildflower Madness! it's just everywhere! peak nya memang bulan Agustus!! 

Disini mulai nyesel kenapa ga ambil shortcut! soalnya udah berasa capek banget! haha! ginilah kalo sok-sok kuat!!

Udah mau Sunset disini! energi udah 5 watt dan kita disini nanjak! untungnya ini udah yang terakhir! abis ini jalan udah mulai beraspal lagi!

asiiik udah deket nih kalo udah keliatan air terjun gini!!

Myrtle Falls! Cantik banget!! padahal cuma pake camera hp loh! mank foto kalo pas sunset tuh ciamik ya jadinya!!

dan ini paradise Inn yang mana berarti kita udah sampe!! karena letaknya sebelahan sama visitor center dan kita jalan dikit udah sampe parking lot deh!!

Sampe mobil teler banget n niatnya mau foto sunset di reflection lake jadi ga jadi n kita langsung bablas pulang! Si bebi ga pake lama abis minum susu langsung tidur! ga lama gw juga bobo, kasian suami nyetir sendiri! Tapi dia sih memang staminanya kuat! nyetir bolak balik terus hiking bawa bayi pula berjam-jam!!

All in all super fun day! Trailnya popular banget n rasanya kalo ga pandemi bakal lebih rame lagi deh!! From this trip juga gw belajar ternyata gw mampu! ada bagian-bagian yang sketchy yang rasanya gw ga akan bisa lewati, tapi ternyata bisa!! and setelah pulang baru deh gw baca lagi review nya, ternyata orang-orang bilang bahwa trail ini sebenernya lebih ke category hard! omG pantesan aja, tepar banget!! definitely more than moderate deh kalau mau sampe puncak dan full loop ya!

However meskipun kita ga akan ngulang trail ini lagi tapi kita bakalan balik lagi kok untuk coba trail-trail lain! See you next time Mt. Rainier!

Comments

  1. Niat bener!!! How long did it take u to go up and back down?

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha niat ya.. total 7 jam, slow lah kita.. karena rata-rata 4-5 jam sih orang2..

      Delete

Post a Comment

Popular Posts