Obesitas di negri paman Sam

Tinggal di US sudah mau 6 tahun, gw pun mulai mengikuti politiknya.. Kebijakan2 nya soal tax, infrastructure, child care, healthcare dll.. 

jujur waktu baru pindah ke sini gw kaget sama healthcare disini.. karena gw pikir first world country tuh punya universal healthcare. Dulu pas sekolah di aussie, gw sering denger begitu banyak benefit yang mereka terima.. om gw yang patah tulang disana aja, cuma bayar 35$ kalau ga salah ya untuk operasinya.

Lah begitu gw pindah kesini, sempet sakit en literally ke dokter cuma 10 menit.. dicek2 n ga diapa2in .. tau2 billnya 160$ aja donk.. mana waktu itu gw blm ada insurance kan ya.. ( n begitu kena tax season, didenda pula karena obamacare mengharuskan punya insurance).

Gw cerita ma temen gw, en dia lebih parah kena 400$ buat pecahin bisul coba?? n temen gw yang kena usus buntu disini , cuma semalam di rs.. kena 9000$! Udah pake asuransi loh itu!!

saking mahalnya luar biasa, kalo sakit drpd telpon ambulance mending naik uber.. karena ambulance satu blok aja bisa kena 5000$

ngeri lah kalo sakit disini, meski udah ada asuransi .. bill nya dateng bs tak terduga.. karena kompleks banget sistem nya.. ada yg network/ out of network.. tapi kadang juga absurd banget kayak cotton bud gt bisa dicharge 200$! 

Gw pikir kenapa ya ga ada universal healthcare disini? Ga masalah sih bayar pajak lebih, tapi begitu sakit kan ga sampe bangkrut. Gw ikutin juga Bernie Sanders yang perjuangin Universal healthcare ini.. tapi memang susah dan alot..

Gw baca2 lagi kenapa disini ga bisa universal healthcare, faktor utamanya ternyata obesitas. Obesitas itu memang sumber penyakit, bisa bikin diabetes, high blood pressure, dll.. bahkan kalo kena cov*d bisa lebih fatal kalau Obesitas.. 

gw sempat obesitas juga en saat itu naik tangga dikit aja udah ngos2an.. sekarang sih dalam proses penurunan berat badan dan sudah mendekati healthy weight. Terasa banget perbedaannya sekarang ini, jauh lebih fit, ga ngos2an, ga pusing lagi en ga gampang masuk angin kayak dulu. Dan ketika dulu gw obesitas gw pake baju size M ( US size) loh ya.. disini baju kalo di toko gt, ada sampe size 3X. Bahkan online sampe ada ke 6X! Bayangkan gede nya kayak apa coba? Gw aja ketika obesitas masih pake medium! Sekarang size udah di xs , kalau turun lagi mungkin bakal sulit cari baju disini atau pake size anak2.

Kalau ke walmart pun, gw banyak temuin orang2 yang obese.. n cuma disini kayaknya ada scooter khusus buat mereka belanja! jujur kasian liatnya!

Gw sempat mikir, apa mereka lazy banget ya? Kerjaan cuma makan tidur doank gitu?

Tapi setelah gw telusuri, ternyata masalahnya lebih kompleks dari itu.

Disini kan banyak ya ladang jagung gt, lalu di subsidi pula oleh pemerintah. Sehingga menghasilkan high fructose corn syroup yang harganya murah ( lebih murah dari sugar). Tapi tentunya ga bagus en super high calorie. Berhubung murah, hampir di setiap makanan kemasan tuh pake corn syroup ini.. termasuk cereal, bread, soda, dll . Rata2 processed food pasti mengandung corn syroup ini. 

karena harganya murah itu , disini justru kebanyakan yang low income yang obesitas.. Setelah kerja long hours, udah capek.. paling gampang, paling enak udah tinggal drive through. Ga usah masak, harga murah, en rasa nya enak.. padahal kandungan calorie nya serem, belum lagi porsinya gede! Kayak size soft drink aja yang large nya tuh bener2 gede banget.. ukuran cup nya yang medium, sama kayak large /xl di Indonesia.

Belum lagi karena udah capek kayak gitu, mereka biasanya ga ada waktu untuk educate themselves.. masak yang properly , yg nutritious dll tuh gimana.. gw pun dulu awal merit gt.. gw masak kebanyakan pasta, karena gampang, enak, dll.. tapi ya sejak punya anak, gw lebih perhatiin kandungan makan nya dll.. beruntungnya gw ga harus kerja at that time, jadi bs masak dan urus yang proper.. tapi kebanyakan orang disini harus kerja, udah capek banget lah pasti dan harus deal sama anak nya begitu pulang.. anak2 juga ga gampang urusnya, kadang mereka cerewet n picky.. akhirnya orang tuanya mau cari yang gampang aja en kasih deh makanan ga sehat.. pizza lah, nugget, dll.. 

lalu dari sekolah pun gw baca2 , menu makanan mereka ga sehat juga. Kayak banyak juice and high sugary cereal.. 

ga heran anak2 disini pun mulai mengalami obesitas, lalu begitu dewasa pun mereka ga ngerti proper nutrition, obesitas, punya anak pun akhirnya terulang lagi cycle nya.. 

Belum lagi semua2 disini harus pake mobil, kadang akses untuk jalan kaki aja ga memadai. Jadi deh udah makan ga proper, kurang gerak juga.. makanya bisa muncul tv show kayak my600lbs life. 

Ngeri lah kalo liat mereka makan, pancake bisa 10, sausage 20, belum lag condiments nya kayak ketchup, syroup, dll.. n itu baru breakfast nya doank.

Kalo mereka failed nurunin berat badan pas ditimbamg sama dr. now! Gw bisa paham, karena meski teori nya simple ( eat less move more) jalaninnya susah banget! Belum lagi sugar itu addictive banget, jadi kayak pecandu gt.

gw alami sendiri, dulu pas berat gw lagi tinggi2nya.. gw ga bs stop mikirin makanan.. literally lagi makan pagi, udah mikir ntr siang mau makan apa.. it took all my will power untuk sekarang bisa ga terobesi lagi.. for me now , food is just fuel.. bukan buat entertainment , iseng, bosen or anything else. I eat when i’m hungry, that’s it! 

Well di masalah sekompleks ini tentunya butuh effort besar dari banyak orang, tapi ga mudah untuk diterapkan karena kita tentunya dealing dengan profitnya food industry. 

Belum lagi sekarang ada movement yang namanya “health at every size”. Awalnya gw liat memang bagus sih tujuannya, supaya orang2 yang obese ga di bully. karena gimanapun bullying isn’t right! Tapi lama2 kok jadi menyimpang ya,  malah gw merasa mereka super self center gt.. ga bisa naik roller coaster di theme park krn melebihi kapasitas berat, mereka marah2 ke theme park nya merasa didiskriminasi.. 

beli baju plus size lebih mahal drpd regular size, mereka komplen bahwa company nya ga inclusive.. padahal ya wong udah jelas pake bahan lebih banyak gt loh 😅.. belum lagi plus size itu tuh pola nya beda dari regular size ( gw sekolah fashion, jadi tau lah ya).

Belum lagi gw pernah ngalamin sendiri nih, di pesawat gw duduk sebelah orang yg super obese, en kursinya gw keambil 1/3 nya gt.. jujur gw ngeri kalo turbulence terus kegencet bisa amsiong dah.. lucunya orang kayak gini kadang disuruh beli dua seat tapi ga mau bayar dua tiket.. ngambek lagi airplane nya ga inclusive! Hadeuh!

Memang sulit en tricky untuk ngatasin epidemic obesity ini.. apalagi kalo orang2nya susah dibilangin ya.. jujur aja sih skeptis,  kalo liat dari penanganan Cov*d aja.. yang mana vaksin udah tersedia gratis dan terbukti efektif, lah orang2 malah milih minum obat dewormer yang buat kuda 😅.. 

Yang pasti gw tulis ini ya untuk awareness, en minimal dari diri gw sendiri dan keluarga bisa memilih untuk makan dan hidup yang lebih sehat. Kesehatan itu nomor satu! Apalagi healthcare disini super mahal, kudu harus musti jaga diri baik2!


Comments

Popular Posts