Keliling Amrik part 3 (California)

Mood nulis lagi on and kebetulan dapet days off! yay!! so lanjut deh nih nulis tentang part 3 dari perjalanan kita kemarin. Kali ini tujuan kita adalah negara bagian California.

(disclaimer : this is very lengthy post)

Kita mendarat di San Francisco tanggal 10 febuari 2016, cuaca hangat nya langsung bikin hati kita seneng.. Apalagi setelah hari-hari dingin salju badai di NY :)

begitu kelar check in, berhubung masih pagi kita langsung explore kotanya. Lokasi kita di tengah kota, jadi jalan kaki dikit aja kita dah sampe ke tram nya... antri nya panjang jadi kita mutusin buat jalan kaki aja keatas.. di tengah jalan donk udah ga kuat akhirnya kita duduk-duduk... nyerah sama kontur naik turun nya yang emang khas SF banget.. turun sih ok, naiknya ga kuat deh!

bokap nyokap yang kecapekan nanjak
Akhirnya kita mutusin naik tram juga akhirnya.. naik nya ditengah-tengah jadi ga perlu antri dah. Tujuan kita adalah Lombard street, jalan berkelok kelok khas nya SF. Di tram gw bingung gimana ini bayarnya? gw tau sih tarifnya 7$/orang one way.. eeh ternyata petugasnya manggil gw ke belakang trus dia bisik-bisik n kasih gw harga 5$/orang jadi 20$ berempat n gw liat tuh duit gw dikempel n dimasukin kantung dia.. ckckck.. dimana-mana mank ada aja yang korupsi ya.. gw ga komplen dah secara gw naiknya juga dah ditengah jalan kan yaa.. n emang jauh dah kalo kita jalan kaki sih ga nyampe deh kita ke Lombard street.

begitu pemberhentian akhir trem kita masih harus nanjak mayan tinggi n curam bo ke atas buat ngeliat si Lombard ini.. ditemenin dah ma rombongan turis cina, yang cewek cewek pake high heel bo! salut gw! kita aja nanjak nya stop-stop (gara2 dd gw mau foto-foto juga sih). di tengah jalan nyokap nyerah! doi milih duduk aja deh didepan tangga rumah orang... Jadi cuma kita bertiga nih yang lanjutin ke atas (gw, bokap, n dd gw). Udah sampe sana bokap komplen, " yaelah cuma buat liat jalan begini..?"

gw langsung pembelaan diri, ya masa dah sampe SF ga kesini kan sayang..

kita diatas ga nyampe setengah jam kayaknya.. begitu kita turun lah nyokap hilang donk! iya HILANG!

gw sempet panik sih, cuma bokap kalem aja.. "paling mama dah naik taxi ke hotel"

Akhirnya kita jalan deh pelan-pelan tuh.. niat hati sih mau nyari taxi buat balik ke hotel, soalnya cuaca dah panas bener and kaki kita dah pegel-pegel. Tapi susah bener loh nyari taxi, akhirnya keluarlah peta yang kita ambil dari hotel..

kita jalan pelan-pelan, sempet berhenti makan ice cream gelato trus jalan lagi ke Chinatown nya yang emang gede banget!

Kota nya memang cantik, tapi sepanjang jalan kita juga banyak menemui homeless and orang teler yang keliaran kemana kemari.. serem sih tapi ya mereka ga ganggu kita sih..

ternyata di peta keliatan deket, kita jalan kaki sejam donk baru sampe hotel! asli capek banget loh beneran!!

lah udah di hotel kok nyokap ga ada? eh ga lama nyokap dateng n mukanya dah pucat aja, soalnya doi nyasar!!

diajak muter-muter naik taxi, ealah.. untung aja bisa balik kalo ga pegimana coba? kan bisa berabe urusannya..

berhubung semuanya kecapekan, masih sorepun dah pada tidur.. kecuali gw n nyokap.. Nyokap pengen makan pempek donk.. Akhirnya gw browsing di Yelp n nemu in restoran borobudur yang deket hotel kita. Jalan deh kita kesana, enak enak juga kok makanannya.. ya ga bisa dibandingin ma makanan Indo yang di Indo deh.. Tapi okelah untuk memuaskan cravingnya nyokap akan pempek, gw sih pesen nasi uduknya.. perut kenyang kita balik ke hotel n kita bungkusin nasi padang buat bokap n dd gw...

that's how we end our first day in San Francisco.

second day,

kita Sewa mobil.. yang nyetir gw donk ya.. deg-deg an nih, secara gw biasa nyetir di Grand forks kan yang daerahnya sepi, ini dah di kota trus jalan nya naik turun pula.. haihh... takut gw , takut kena tilang atau di stop in polisi..

Tapi meski deg-degan gw paksain deh, soalnya pake public transport nya kayak hop on hop off gt mayan mahal.. 50$ kalo ga salah per orang ya.. ber empat aja udah 200$.. itu baru sehari doank.. Kalo sewa mobil jadi lebih irit, kita sewa selama 11 hari tuh 780$ udah sama insurance, bensin nya ga seberapa mahal n lumayan irit loch.

ok deh selese urusan mobil, kita langsung ke Golden gate! yay!!

eeh tapi kelewatan pas exit nya donk, gara-gara dd gw bacain gps nya telat! akhirnya kita malah sampe ke Palace of Fine arts. Cantik tempatnya and picturesque banget.. kalo kata ade gw mah "instagramable" hahaha.. Jadi nyasar membawa berkah dah..

me n my sista

udah puas foto-foto n mampir ke wc, kita lanjut ke golden gate, tapi cari parkirnya susah banget.. tempatnya kecil banget. Akhirnya bokap muter-muterin parkir sembari gw n dd gw foto-foto.. Abis itu bokap yang foto-foto gw yang muter-muter.. demi nih demi foto.. hahaha

we're lucky the weather is super nice! soalnya kadang jembatan ini ketutupan kabut jadi ga keliatan semuanya..
dari sini kita ke pier 39.

di pier 39 lagi ada festival tulip gt, jadi banyak tulip-tulip nyempil disana sini.. mempercantik suasa pier nya..

tuh tulipnya nyempil hihi

Disana kita makan clam chowder di restoran kalo ga salah namanya Chowder.. ENAK! pake banget! trus nyemilin fish n chip. Selese makan kita jalan-jalan n ngeliat pertokoan n menyusuri dermaganya juga.. Dari kejauhan kita ngeliat Alcatraz (kita ga kesini soalnya ga ada yang mau, cuma gw doank.. ogah lah gw sendirian) dan banyak sea lion yang berjemur... hahah mereka bau!

Malemnya gw nanya bokap apa mau stay di sf lagi sampe tiba waktunnya ke LA? tapi bokap bilang dah bosen di SF, jadi kepikiran deh kita mau ke Yosemite national park. Malem itu juga baru kita book hotelnya...

keesokan harinya nyetir lah kita ke Mariposa, kota kecil kurang lebih sejam dari YNP. Perjalanan dari downtown sf ke Mariposa sebenernya bisa ditempuh dalam 4,5 jam. Tapi karena kita banyak mampir-mampir jadinya molor perjalanan sekitar 6,5 jam. Sejam sebelum sampai Mariposa kita disuguhi padang rumput peternakan yang luas, hijau, dengan sungai kecil.. Aduh bagus banget dech.. very blissful. Kita sampe terkagum-kagum.. dikanan kiri tuh banyak sapi-sapi yang ngerumput.. kalo dari jauh kata dd gw kayak kutu beras hihihi...

Anyway suasana Mariposa kayak di Lembang gt deh, sepi, adem,tenang. Kita sampe pengen nginep sehari lagi disana cuma udah fully booked buat keesokan harinya..

Sebenernya tempatnya enak tapi entah kenapa gw ga bisa tidur malam itu and di luar kamar banyak suara anak kecil berisik.. pas gw tanya ga ada yang denger suara anak kecil tuh malem2? Nah loh? apa itu karena mereka terlalu pulas tidur atau...? ah ya udahlah gw sih ga mau pikirin..

yang penting besokannya kita dah menginjakan kaki di Yosemite.. Cihui.. !

pemandangan pertama dari dalam mobil, keliatan batu granit khas Yosemite menjulang tinggi

air terjun pertama yang kita jumpai, nyokap bokap hepi bener di fotonya heheh
Darisana kita ada hiking sedikit untuk ngeliat air terjun yang lain tapi banyak orang banget, jadinya kita ga bisa foto-foto yang bagus.. ya dinikmatin aja deh ya pemandangannya..

Ga lama kita nemu spot yang lebih sepi..

di kejauhan keliatan air terjunnya keluar dari bebatuan.. 
Yosemite sih bagus banget! kita disana keliling-keliling cuma kita ga hiking yang sampe kayak gw n hubby lakuin di Yellowstone pas anniv kita. Karena bonyok gw ga kuat and gw ga tega juga kalo mereka harus nungguin kita selesai hiking.. Jadinya ya kita cuma liat yang bisa dilewati mobil aja.

yang paling bagus yach tunnel view ini nich...

im in awe with God's creation
di Tunnel view ini ga usah hiking kok, ada parking spotnya and langsung disuguhi pemandangan yang cantik banget.. en di foto mungkin ga keliatan.. Tapi di sebelah kanan di antara bebatuan itu ada air terjun nya..

Dari Yosemite kita lanjut ke Fresno, cuma numpang tidur dan besokannya kita lanjut lagi ke Los Angeles

di tengah jalan kita mampir ke in n out burger karena penasaran, ternyata rasanya biasa aja tuh.. 
Kita juga mampir lagi ke premium outlet deket in n out burger ini, belanja belanja kira-kira 2 jam kita lanjut jalan lagi.. n nyokap pengen makan makanan Indo jadi kita mampir ke Simpang Asia. Tapi menurut gw makanan nya biasa aja, enakan borobudur yang di SF. Cuma dia ada grocerynya cukup lengkap di sebelahnya, jadi gw beli beli buat nyetok di Grand Forks ntar hihi..

Dari sana kita lanjut ke Anaheim, check in hotel and langsung tidur karena besoknya kita mau ke Disneyland!

pagi pagi kita sarapan dulu, duh begitu masuk area resortnya masa dah macet aja donk.. Bokap nyokap langsung ga mau ikutan, jadi gw cuma berdua dd gw tuh.
pohon palem khas California
Kita ambil same day ticket untuk 2 park, karena park mereka ga terlalu gede.. Tapi ya ampunn rame nya sih gileee beneeerr! Selama gw ke Disney kayaknya Disneyland Anaheim yang paling parah antriannya... mungkin berhubung pas gw pergi juga pas tanggal merah (president day) and panas nya super menyengat...

Anyway yang paling bikin gw penasaran ke disney adalah Cars

Kayak gini nih penampakannya
Kita begitu nyampe langsung ngincer Cars ride, ambil fast pass dapet yang jam 8:40 malem.. Padahal kita ambilnya jam 11 pagi loch.. Pikiran mau antri aja, cuma antrinya 2 jam donk! akhirnya kita main yang lain dulu di Adventure Island baru deh kita nyebrang ke Disneyland.

ridenya sih seru-seru.. antrinya ga nahan bo.. pas antri Indiana Jones masa mereka ada technical issue, lah kita dah antri lama masa mau pergi gt aja? akhirnya kita tungguin.. banyak juga yang berguguran tapi ga nyampe 20 menit juga masalahnya dah beres and kita bisa naik ridenya..

Yang juga bikin gw kaget, castle nya kok kecil ya? di Disney World (Magic Kingdom) kastil nya megah.. 

udah maleman pala gw mule berasa berat, pusing, masuk angin. Tapi gw kesian kalo langsung pulang, lah ade gw kan dah jauh-jauh kesini masa ga puas maen di Disney. Jadinya kita istirahat bentar, lanjut main lagi space mountain and kita nyebrang lagi ke Disney Adventure buat nyobain ride nya Cars. Ternyata ride nya emang seru banget, mobilnya ngebut berasa balapan beneran.. definitely my Favorite :)

Balik ke hotel, gw langsung minum obat and tidur.. bener bener deh pengalaman (ga mau ke Disney pas hari liburan lagi, kapok!)

Besokannya dah agak segeran kita jalan ke Huntington Beach, tapi ga lama.. soalnnya kali ini dd gw yang sakit.. Akhirnya kita balik lagi deh ke hotel buat istirahat. Udah tidur beberapa jam kita jalan lagi.

kita menuju Mulholland drive buat foto sama Hollywood sign. Karena gw pikir dari kotanya tuh keliatan sign nya tapi ternyata gak... Jadi deh kita musti nyetir ke atas.. Tapi worth it kok.. namanya juga jalan-jalan.

Dari sini baru keliatan jelas sign nya and kita juga bisa ngeliat kota los angeles dari sini
Abis foto kita makan di restoran korea di Beverly Hills, namanya Genwa.. Skalian ngerayain ultah gw juga.. Sebenernya sih ultah gw pas lagi di Disney kemaren cuman kan bonyok ga ikut, jadi rayain nya sesudahnya hehe..

Penampakan makanannya, side dish nya banyak banget
Kita pesen wagyu bulgogi, kimchi soup tofu, sama japchae. rasanya? ENAK! dagingnya empuk banget and rasanya pas.. Soup Tofunya juga enak, mirip sama yang kita makan di New Jersey. Side dishnya juga enak-enak.. Ga nyesel dah makan disini, padahal mah kita cuma berdasarkan referensi dari yelp aja.. hehe

Kelar makan kita lanjut ke LACMA (Los Angeles County Museum of Art), sbenernya museum nya dah tutup.. cuma kita kecentilan pengen foto-foto sama lampu lampu cantik yang biasanya ada di Instagram hahaha...

Kayak gini nih lampu lampunya..
Cuma ternyata ga cuma kita yang pengen foto-foto cantik, ramee disana orag foto-foto jadinya susah buat dapetin foto yang backgroundnya kosong ga ada orang lain..

Anyway puas foto-foto kita balik ke hotel and besokannya siap menuju ke Grand Canyon dech!

bye bye Los angeles!



Comments

Popular Posts