Pohon dinilai dari buah nya, manusia dilihat dari perbuatannya

Sungguh manusia itu dinilai dari perbuatannya bukan dari perkataannya semata..

Gw kenal satu cewek disini yang menurut gw aneh en agak delusional.. Di facebook nya dia selålu post (tiap hari loch ini, bisa sampe 10-20 post per hari) yang isinya quote-quote gt..

quote-quote nya sih awalnya gw baca nya bagus juga.. Ada sisi-sisi spiritualnya kadang.. Tapi makin lama tuh berasanya kayak dia muji diri sendiri and perlu to prove herself. Intinya dia merasa kalo dia itu badass, sexy, strong, trus beautiful, terus gaul, en awas aja kalo ada yang berani macem-macem ma dia.. en lebih jauh lagi gw kadang merasa dia HBP (Haus belaian Pria).. Isinya tentang soulmate-soulmate melulu yang menjurus ke horny.. kayak misalnya "rip her clothes", " throw her to bed hard" or yaa yang biasa ada di novel-novel harlequin gt dah.. Ga vulgar tapi menjurus.. en suka banget masang fotonya dengan toketnya dipamerin gt..

and dia selalu comment kayak gini ke post nya sendiri : "it's true", "you know that's me", "I let my beautiful me out today". Sadly yang ngelike post nya dia ya kebanyakan dia sendiri.. kayak nya orang lain ga gt peduli atau malah udah pusing ngeliat timeline nya dia yang ga jelas itu.. Gw sampe unfollow dia loch saking overwhelm nya sama postingan dia tiap hari..

Gw sebetulnya kasian sih ngeliat dia.. clearly she's very lonely.. Never married at 40, super obese (gw aja yang ukuran Indo dah gemuk pake size 6/8 US size, dia size 22/24 .. jadi kebayang lah ya..), in debt (student loan yang mana kuliahnya dia tinggal gt aja, tinggal utangnya ga kebayar),  masih work crappy job, and mood swing abis.. kadang jutek, kadang gembira banget (sampe temen gw bilang nih orang nih kayak nya bipolar)

Tapi masalahnya adalah dia terlalu self center kalo menurut gw en dia terlalu banyak ngomong sampe ga bertindak apapun juga.. Kayak dah dari 2 tahun yang lalu nih dia bilang ke gw en orang-orang kalo dia mau pindah ke Florida, tapi sampe skrg masih stuck disini.. Alasannya pindahan gt mahal.. Padahal mah ya dia kan single, ticket ke florida one way juga ga sampe 200$ kok.. Barang yang ga guna mah jual aja, tinggal bawa duit en bawa badan.. apalagi disana dia ada parentsnya bisa live rent free and tiap hari hajar cari kerja.. barang bisa beli lagi kok kalo dah ada income.. Gw dulu dah pernah bilang gt ke dia, tapi terus dia ngotot "pokoknnya barang nya harus dibawa semua, titik." persis kayak ngomong sama kaum bumi datar.. percuma karena logika nya dah ga ada..

Terus juga kalo dia kesepian en pengen dapet pasangan.. ya usaha lah, jangan dirumah doank.. Emang cuma dengan quote-quote doank bisa ketemu orang? Berdoa penting, tapi manusia juga harus berusaha.. Jodoh juga harus dicari, hari gini gt loch.. or at least do something in her life lah ya, minimal dia bisa berkarir yang bagus jadi kalo single forever pun ada duit en ga nyusahin orang.. Ini sih gak, dia milih kerja part time supaya dapet macem-macem assistance dari government.

Dia juga kadang depresi sendiri en merasa hidupnya sial banget.. en dia selalu bilang "if only you know what i've been through, you know how strong i am"

Tapi balik lagi yach.. ini bukan soal kuräng beruntung tapi lebih ke gimana reaksi kita.. gimana kita menyikapi permasalahan hidup kita en keluar sebagai pemenang bukan menyesali hidup en malah jadinya ga ngapa-ngapain.. Banyak orang yang lebih sial dari dia, minimal dia ini kan masih sehat dan relatif muda lah ya.

Contohnya adalah mantan bos gw dulu di Bali.. Wanita yang cantik en modis, tutur bahasanya lemah lembut, murah senyum, ramah, rendah hati, punya usaha sukses, anaknya dua jadi dokter, rumahnya rapi terurus, karyawannya sejahtera, en dia banyak bantu kegiatan sosial di Gianyar terutama untuk pendidikan anak-anak, ga cuma dengan uang tapi dengan waktunya dia berbagi dan memberi motivasi..

Kehidupan ibu ini sehari-harinya sangat disiplin. Kalo pagi pasti olahraga, makan juga dijaga, vitamin selalu minum.. (ga heran deh dia sehat en langsing), penampilan juga selalu diperhatikan buat dia.. selalu tampil cantik, ga pernah berantakan.. Anak-anaknya juga dia selalu perhatikan, dibimbing, dicek ke sekolah, dll.. Pakai uang juga cermat dan hati-hati, dia menggaji dirinya sendiri walaupun ini usaha dia.. Jadi keuntungan perusahaan di putar lagi sebagai modal. Bekerja juga rajin, tekun dan dari hati (karena memang sesuai passion nya dia). Kalau lagi pergi ketemu klien atau kemana aja di jalan dia selalu bawa buku.. menurut dia ini sebagai bentuk pembelajaran dan recharge nya dia.. dia dulu juga kasih gw banyak nasihat-nasihat yang bagus-bagus, ya salah satunya pengalaman hidupnya dia.. En sampe hari ini ada satu yang selalu gw ikutin, yaitu bikin list hari ini musti ngapain aja, jadi lebih terstruktur dan gw merasa lebih banyak yang gw capai dengan list ini loch..

Tapi jangan dikira semua itu jatuh dari langit karena orang tua kaya atau suami kaya.. Malah sebaliknya.. ibu ini dulu kawin muda karena ga hepi dirumah orang tua nya (parentsnya berantem terus), sambil kuliah sambil momong anak bayi.. Lulus dapet kerja di hotel, eh suaminya ditipu orang.. Akhirnya mereka kabur ke Bali.. dikejar debt collector akhirnya si ibu ini setuju untuk membayar utang dengan cara dicicil.. Karena harus putar ötak  bayar hutang, akhirnya dia jualan sarung ke hotel-hotel. Lama-lama dia bikin batik sendiri, sarung sendiri, seragam untuk hotel-hotel.. perlahan tapi pasti usahanya maju.. Meski begitu lakinya ga kerja, suka kelayapan, dugem, kasar en sesekali kdrt juga ke dia.. Yang mana akhirnya dia ga tahan lagi en cerai setelah menikah 20 tahun lebih. Begitu cerai dia harus tinggalin semua usahanya dia , en ga boleh nginjekin kaki lagi di usaha yang dia mulai dari nol. Semua diambil lakinya..

Intinya sih bukan kemalangan yang menimpa kita tapi bagaimana kita menyikapi nya. Sekarang si ibu ini sudah menikah kembali dan jauh lebih bahagia dengan suami barunya.. Dia juga merintis kembali usaha batiknya dari nol en keliatannya sudah berkembang, bahkan kini dia membuat sebuah yayasan untuk membantu orang-orang yang membutuhkan. Salut deh sama daya juang nya en on top of that dia ga bitter sama sekali loch, dia memaafkan, legowo, dan move on.. Dia ini salah satu role model en tentunya role model lain yang gw juga kagum adalah Ahok (bisa gt yah ada orang yang pinter, jujur, kerja keras en bersih trus dipenjara en masih tetap tegar en masih ngampuni?)

bisa ga ya kita sebagai manusia despite segala kemalangan ga jadi kepahitan, mau mengampuni dan tetap memberi yang terbaik seperti si ibu ini en Ahok? Atau malah kita jadi seperti kenalan gw di atas yang bisanya cuma curhat di facebook tanpa ada usaha rill di dunia nyata?



Comments

Popular Posts