20 weeks

Yay udah halfway through my pregnancy.. :D

Semenjak masuk ke trimester dua ini rasanya waktu berjalan cepat banget..

Mungkin karena mual-mualnya udahan yach.. week 14-17 masih masa transisi, masih ada enegnya meski sudah berkurang secara bertahap, tapi begitu week ke-18 beneran udah enak. Bahkan udah bisa traveling ke Chicago.. Tapi begitu masuk week 19 jackpot lagi en kena flu mayan parah.. Sekarang sih di week 20 kondisinya enak lagi.

My Routine 

Rutinitas nih tiap pagi nyanyi buat si bebi, bacain firman, en doa.. Kalo musik klasik (mozart n chopin) gw dengerin tiap malem sebelum tidur..

Vitamin prenatal terus dimakan setiap hari, demi memenuhi kebutuhan vitamin si bebi lah ya..

Gw juga rajin pakein bio oil tiap abis mandi sore.. oles di perut en di paha, ya biar ga stretch mark an en yah kalo sampe ada juga mudah-mudahan bisa diminimalis..

Yang masih rada jarang olahraga nih.. Gw usahain sih tiap hari ya.. wong olahraga nya juga ga berat-berat Amat.. yoga-yoga an gt deh buat orang hamil.. Tapi rasanya kok mager.. hahah.. Jadi masih bolong-bolong nih..

Nonton atau baca sebisa mungkin yang positif.. Usahain untuk selalu positif thinking en happy meski ya ga gampang juga namanya hormon yach.. kadang suka sensi sendiri.. wkwkwk..


First Kick

Di week 18 ke week 19 gw mulai ngerasain sensasi kayak kedutan gt di perut bawah (kadang kayak gas juga).. Awalnya bingung ini bebi apa cuma suara perut? Tapi yach hampir tiap hari berasa, terutama malem hari tuh biasanya aktif.. jadi yakin deh itu baby kick hehe.. senengnya.. :)


Food & Weight

Bulan November 2016 kemåren karena niatnya mau Promil jadi gw ikutan diet mayo en hasilnya turun 3 kilo, bb itu gw pertahankan selama 2 bulan sampe awal-awal kehamilan.. Saat itu ga nyadar kalo dah hamil tapi yang pasti nafsu makan bertambah sampai naik 1 kilo.. Pas udah tahu hamil en masuk minggu ke-6 malah nafsu makan menghilang drastis sampe masuk trimester dua tuh turun 4 kilo. Begitu masuk trimester dua juga ga langsung nafsu makan bahkan sampe sekarang pun masih biasa aja porsinya.. Ada sih keinginan makan tapi ga sampe yang laper melulu.. Hasilnya sampe hari ini naiknya ga sampe sekilo... Tapi gw ga terlalu worry lah, karena masih ada 8 weeks sebelum tm 3 dan nanti pas tm 3 gw denger-denger bakal laperan mulu.. Ya pokoknya yang penting bebi nya sehat en gw juga udah usahain makan sesehat mungkin..

Makan apa aja gw makan sih (kecuali yang mentah-mentah kayak sashimi en mengandung alkohol itu sih BIG NO NO) Tapi juga gw banyakin buah en oatmeal, yoghurt, telur, kacang almond.. Meski sih gw juga makan indomie kådäng.. (tapi ini sebulan ga sekali, kalo lagi pengen aja)


Doctor Visit

Pas week 16  kita cek ke dokter, kali ini dengerin heart beatnya si bebi kenceng banget (kata laki gw kayak kereta bunyinya) en semua nya sesuai ukuran, menurut dokter sih kondisi bebi gw sehat banget.. Puji Tuhan..

Sempat ditanya apa mau test Nuchal Translucency untuk melihat apakah anak ini ada down syndrome? meski begitu akurasinya 80% lah jadi ga jaminan..

kalo menurut dokternya sih harusnya ga usah juga gpp toh ntr pas usg 20 minggu kan bakal ketauan juga..

Tapi semuanya balik ke kita lagi, gw sih bingung antara mw test apa ga, en gw liat suami donk, minta pendapat..

en tegas dijawab ga usah, karena toh ga akan membawa efek apa-apa.. Gimanapun hasilnya dia mau tetap pertahankan bayi ini..

Gw pas denger gt langsung nyess.. terharu banget sih, ternyata laki gw udah sayang banget sama si bebi ini.. meski dulu-dulu tuh pas masih bujang sempet ga mau punya anak loch dia.

tapi yach semoga semuanya baik-baik saja ya.. bisa lahir dengan normal, lengkap, dan sehat.. itu doa gw setiap hari..

pas week 20 kemarin ini kita balik lagi buat anatomy ultrasound.. Sejam loh ini ultrasound nya. Dicek in semuanya mulai dari jantung, kepala, dll.. Puji Tuhan semuanya normal en lucu banget deh ngeliat si bebi nya gerak-gerak terus.. ada yang pas dia lagi ngusap-ngusap muka tuh keliatan pas 3d.. duh, gemas nya.. trus kakinya diangkat sampe kayak cium lutut gt.. Ada juga yang dia kayak lagi ngunyah-ngunyah gt.. haha duh seneng bener deh nak bisa ketemu kamu.. Secara disini kan yach usg cuma 2 kali.. jadi abis ini ga ada usg -usg an lagi kecuali menurut dokter nya diperlukan.. Tapi pengen foto in kamu lagi nih nak ntr pas udah 28 weeks.. hihi..

ini nih penampakan si bebi :

udah jelas banget berbentuk manusia, dulu pas usg pertama kali pas 8 weeks bentuknya masih kayak gummy bear hehe
Appearance

Karena ini hamil anak pertama ya jadi perut gw tuh ga keliatan hamil-hamil amat sampe week 18..

Gw sampe kadang mikir ini gw beneran hamil ga ya? Abis keliatan nya cuma kayak orang kebanyakan makan hehe.. Tapi sekarang kayaknya perut cepet amat gedenya en dah mulai susah deh buat bungkuk-bungkuk.. mau tidur pun harus cari posisi yang pas.. Gw juga pas week 20 ngerasa kayak sharp pain gt di bagian kiri bawah perut.. Sakitnya kayak ketusuk gt deh, mana gw juga pas-pas an lagi nonton Guardian of Galaxy 2 tuh berasa ganggu banget.. ga sakit-sakit amat sih tapi gw kan worry sama bebi gw (maklum lah ya first time mom nih) jadi gw browsing-browsing en ternyata tuh ini nih round ligamen pain namanya.. istilahnya otot perut ketarik lah ya.. kan perut makin gede. Udah tahu gt dah tenang deh, lagipula katanya sakit nya ini pas week 21 ntr ilang sendiri kok..

oh ya bonus nih.. kulit muka yang sempet jerawatan parah juga sekarang udah mulus lagi! yay! seneng dech!

Gender Reveal

Keluarga gw nebak kalo anak gw cewek, terus kan gw fotoin perut gw en gw kirim ke nyokap.. Nyokap langsung yakin itu cewek karena katanya bentuknya melebar. Tapi terus kåkåk ipar nyokap ngitung pake kalender cina en katanya anak gw cowok.. Dulu juga si kakak iparnya nyokap ini pernah ngitungin ade gw juga en ternyata betul anak dia cowok.. kalo gw sih ga ada feeling ini bakal cewe/cowo, yah sama saja buat gw yang penting anaknya sehat semuanya. Laki gw juga dia bilang liat aja nanti kan kemungkinan 50/50.

lalu jadinya apa donk?

it's a girl!

ternyata tebakan orang-orang bener! hahaa.. Tapi yah petugas USG nya bilang ini masih 80% loh ya.. makanya nanti mau USG lagi yang 3d deh pas 28 weeks biar lebih pasti, meskipun sih gw meyakini yach bahwa ni anak pasti cewek..hehe

akhir kata betul-betul rasa sayang, hepi, bercampur worry mewarnai perjalanan kehamilan gw ini.. Tentunya gw sangat bersyukur udah dikasih anugerah ini.. Bahkan pengen bikin baby number #2 ga mau lama-lama.. paling beda 2 tahun sama kakaknya hehe tapi yach itu seizin Tuhan tentunya.. Yang penting sekarang ini gimana supaya bebi di perut lahir ke dunia dengan baik, sehat, sempurna semuanya. Amin.

Thanks God





Comments

Popular Posts