4 Bulan mama Eping

Yep, I'm officially exclusive pumper now!

Sejak week 6, anaknya ga mau nyusu langsung lagi huhu.. Meski udah usaha macem-macem en bolak balik ikut kelas laktasi tapi hasilnya nil! dia mau Nempel cuma kalo lagi rileks.. itupun cuma dimaen-maenin aja..

Jadi yasudahlah meski pun lewat pompa yang penting si baby masih minum breastmilk! meskipun i hate pumping! seriously hate.. stuck in the machine more than 2 hrs every day, belum lagi nyuci perintilannya, en yang paling parah clogged milk duct yang bertamu hampir tiap hari! gw sangat rentan kena clog milk, jadi abis pump biasanya gw showeran en kalo ada blister milk di nipple pasti gw pencet biar ga mampet.. en abis itu pump, en kalo dirasa masih mampet gw bakal shower lagi sampe semuanya clear.. jadi bisa dibayangin lah ya.. gw shower bisa sampe 12x/hari.. (bukan full shower sih, cuma diarahin ke payudara yang lagi ngeblock plus dipijat kurleb 3 menitan) . Gw udah nyoba pake epsom salt dan sebelum pump payudara direndem, terus beli kompresan, tapi semuanya ga efek.. gw tetep harus shower... Yang ngefek tuh lecithin, jadi gw harus makan supplement tiap hari kalo ga siap2 dah payudara ngebatu berhari-hari.. Tapi tetap lah lecithin bukan pil ajaib, gw tetep harus showeran tapi kalo skip lecithin mah siap2 dah.. mengerikan! Blm lagi gw takut kena mastitis or lbh parahnya asbes!

Meskipun ga seperti ibu-ibu lain yang have it easy with breast feeding or even pumping, i have to get through tiredness and frustration almost everyday... Thinking to switch to formula so i can get 2 hours + freed everyday, i don't have to wash, no more clogged, get my body back, and most importantly get my sanity in check... damn.. it's very tempted..

but i keep going no matter what, because it's a commitment i made to myself to try and give my best to my baby, and the best thing i can do for her right now is giving her my breastmilk, which i know will benefit her a lot! and i keep in mind that this too shall pass.. so i just take it day by day..

back to the grind, kalau dulu gw harus pumping 7-8 kali sehari. Sekarang gw pump 5 kali sbb: jam 7 pagi ,11 siang, 3 sore,7 malem , n jam 11 malem.. tapi per sesinya gw naikin,kalo dulu 20 menitan per sesi skrg jadi 25 menit!

Gw berencana akan terus pump 5x/day kayak gini sampe si bebi 6 bulan.. semoga bisa dech! wish me luck! 2months to go! kenapa 6 bulan? karena saat itu si bayi sudah mulai mpasi..
once it hit 6 months mark kalo mank bisa lanjut yah gw lanjut, tapi kalo supply nya dah abis or berkurang yah mau ga mau harus di top up sama susu formulaa.. makanya skrg lagi rajin2 nya nih nyetok di freezer yang mana belum banyak-banyak amat.. karena supply gw naik turun en jadinya suka kepake stocknya... en sempat nih kemaren asip gw sisanya tinggal 3 di freezer.. duh.. akhirnya gw balik lagi pump 6 kali en pake lagi fennel essential oil, puji Tuhan supply nya bertambah lagi en bisa nyetok asi lagi..!

Apart from this pumping madness, baby K thrived.. Perkembangannya makin pesat.. sekarang dah makin montok en makin banyak gaya.. udah bisa dibecandain en tidur malemnya udah oke banget! Dia paling sebel kalo diganti diapernya, pasti kakinya di tendang-tendang ma dia! terus sekarang hobi banget main di play gym nya baby.. kalo dah ditaroh disitu bisa maen sendiri dia sampe sejam bo kadang... mayan banget mama jadi bisa ngerjain yang lain..

kalo nangis udah jarang ya.. kebanyakan dia komplen aah.. uhh.. kalo misalnya dia mau maen atau diaper nya kotor...
agak rewel kalo dia capek mo tidur tapi kalo dia laper, wahh.. jangan ditanya dech, nangis kejerrrr!

yang paling lucu tuh kan kalo gw kasih dia susu gw selalu bilang : "mimik yuk mimik.. mimik.."
eh skrg kalo dia lagi laper dia suka ngegumam mee..mee.., mee... mee..
kayak mau ngomong mimik en maksudnya dia tuh "feed me!" hahah lucu bangettt

Anyway it feels good to rant in here, as in real life so many judgment about this topic.. so i just keep it to myself, hubby, and my family.. which thankfully they support me whatever decisions i made.. even though i switch to formula, nobody against me.. but for now i'm still fight! jangan kasih kendor shay!! i know with God help i can through it all..

My reason to keep going!

Comments

Popular Posts