siblings

Baby k belum aja 4 bulan tapi udah ada yang nanya ," kapan nambah?"

wow..wow..!

Ya sebenernya gpp sih nanya-nanya doank , gw juga jawabnya nyantai.. : "belum tau"

Kalo gw sendiri sih pengen punya anak lebih dari satu, kalo suami sih lebih cenderung punya anak satu aja..

Pengalaman gw sendiri dengan punya adik cowok en adik cewek, childhood gw lebih seru!  meskipun banyak berantem2 nya juga.. Kata nyokap : "kalo kalian udah berantem kayak perang Irak-Iran.." bukan berantem mulut tapi pake fisik, tonjok en tendang.. paling sering sih pas sd yah, smp dah berkurang, sma udah gak lagi.. begitu kuliah n seterusnya kalo berantem paling adu mulut.. tapi ya gt deh, namanya sodara ya.. berantem dikit terus ya ntar baekan lagi.. i always know we had each other back!

En sampe sekarang nih i'm still close to them meskipun tinggalnya dah berjauhan.. Selain saudara kandung, saudara sepupu gw yang sepantaran juga banyak... yang seumuran sama gw aja ada 4.. terus beda paling 2/ 3 tahun en kita tinggalnya juga mayan deketan.. jadi ga pernah tuh yang namanya sepi.. rame terus, belum lagi yach ga kayak kids zaman now.. dulu mah gw maen karet, maen sepeda, pergi berenang, hiking, semua aktivitas yang ga ada gadget nya.. nonton tv juga paling doraemon sama ksatria baja hitam... hihi.. kalo liburan sekolah juga biasanya sepupu sepupu gw nginep dirumah.. en kita bakalan maen kartu, maen playstation, en boleh begadang karena kan liburan... Biasanya juga bokap nih selalu ngajakin keliling jawa gt.. road trip.. ke Jogja, ke Semarang, n ke bandung atau ga ke kampung halaman bokap di Lampung.. again sama para sepupu juga.. en i had a really good time.. Aduuh sambil nulis gini jadi kangen deh.. it feels like a lifetime ago..

Makanya karena gw sekarang tinggalnya jauh begini en ga ada sodara disini.. paling ga gw pengen punya anak satu lagi (or two kalo dapet kembar). Meskipun ga ada sepupu, at least they can have each other..! bisa seseruan bareng! gede bareng, kalo liburan juga anaknya ada temen maen.. Emang sih ada temen lah ya.. tapi people come and go, beda sama family.. wherever you are, you are tie with blood..

Temen gw yang anak tunggal juga bilang, kalo dia kesepian en ga enak banget sendirian terus..  Apalagi pas kemaren ortu dia sakit, rasanya semua beban ke dia.. pengen banget bisa ada saudara yang diajak tuker pikiran en sama2 urusin ortu..

That's being said, gw ga tahu kapan akan nambah.. yang pasti paling cepet kalo baby k udah setahun.. karena kalo sebelum satu tahun udah hamil lagi, ada resikonya juga.. seperti resiko pendarahan atau bahkan kematian bagi ibunya.. karena rahim sebetulnya belum siap dan bisa berakibat anaknya juga meninggal atau pun prematur.. tapi yach itu kan resiko yach, belum tentu terjadi juga... sepupu gw hamil lagi pas anak pertama dia baru berusia 6 bulan en anak ke dua nya lahir baik2 saja..

tapi yach gw juga ga bisa nunggu terlalu lama, karena umur ga boong euy.. bulan depan udah mau 33 bo!!

kalo terlalu tua atau hamil diatas 35 resiko nya juga ada.. seperti resiko emaknya mengalami preeklampsia, apalagi gw kmrn kena gestational diabetes jadi kemungkinan kena lagi lebih besar untuk kehamilan ke dua.. Tapi again that's being said.. temen gw disini umur 41 baru ngelahirin anaknya yang k-3 en bayinya cuma 2 minggu lebih muda dari baby k.. en yes bayinya sehat sempurna en lucu!

So yes either way ada resiko masing-masing.. kalo secara pribadi paling cepet mau nambah lagi kalo baby k setahun, idealnya kalo dia udah 2 tahun baru hamil lagi, en paling lama kalo baby k udah 3 tahun.. Tapi semua kan rencana manusia, Tuhan yang menentukan.. jadi jalani dulu aja dech..!

Comments

Popular Posts