Baby K half year



Tanpa terasa sudah 6 bulan baby k mengisi hari-hari papa dan mama.. Yang dulunya bayi pasrah sekarang sudah aktif sekali... Tidak hanya berguling-guling tapi sudah belajar merangkak dengan cara menggeser-geser badan dan kakinya, udah bisa muter muter en ribet banget sekarang kalo gantiin diaper.. ga bisa diem! Baby k juga sekarang hobi sekali babling, bawel bawel ngegemesin dech..

Puji Tuhan nya anak mama juga sampai detik ini selalu sehat, cuma pernah panas sehari sehabis vaksin. Mama rasa berkat asi juga, syukurlah perjuangan mama tidak sia-sia ya.. bisa juga mencapai 6 bulan walaupun tidak 100 % asi eksklusif..

karena terkena gestational diabetes saat hamil, pas lahir baby k gula darahnya rendah sedangkan asi belum ada saat itu, hingga dari rs diberikan formula pada hari ke-2. Setelah milk supply mama establish akhirnya mama bisa kasih baby k asi 100%, sayangnya supply mama ga sebanding dengan kebutuhan baby k yang semakin lama semakin meningkat.. Sehingga dari umur 4,5 bulan hingga hari ini mama harus kasih supplement 10% per hari nya dari formula.. Perjuangan mama berat, kalau ibu-ibu yang udah ngalamin mastitis pasti paham sakitnya kayak gimana? dan mama mengalami itu berkali-kali walaupun tidak sampai fever dan minum antibiotic..

Tapi percayalah semua itu worth it demi anak, karena selain baby k sehat juga pertumbuhannya bagus bahkan montok sekali.. walau target mama sudah tercapai tapi selama  milk supply mama ada pasti akan mama coba teruskan.. Syukur2 bisa sampai setahun.. semoga mama bisa ya nak..

Papa juga banyak berperan dalam perkembangan baby k.. bantuin mama urusan rumah tangga, bantu kasih susu, jagain baby kalo mama lagi sibuk en bahkan kalau mama lagi pengen me time.. kayak misalnya maskeran or sekedar berendam di bath tube sambil baca buku kesayangan mama..

kadang hari terasa panjang, saat baby k rewel en ga mau tidur.. en mama mikir aduh kapan ya ini bayi gedenya? saat mama en papa sama2 exhausted.. kita berharap ada minimal satu org aja yang bantuin kita.. ya tapi karena disini hanya ada mama dan papa.. semua keluarga besar kita jauh.. dan mau minta bantuan temen juga ga enak, mereka kan sibuk dengan urusan masing2.. jadi yach semampunya kita berdua aja gantian.

Hari-hari mama selalu di mulai dengan alarm dari baby k.. tepat jam 8 pagi setiap hari pasti dah nyari susu. Kelar nyusuin baby k, mama pun pompa 20 menit.. ya sambil nontonin reality tv kebanyakan haha.. mama tadinya jarang banget nonton tv skrg jadi update banget.. karena ya tiap mompa pasti sambil nonton.. kalo ga ya cek ig en email.. fb juga kadang2 tapi dah jarang banget.

Udah kelar mompa, biasanya papa bikinin mama avocado buat breakfast, abis makan pagi biasanya  mama tidur lagi sejam an or sebangunnya si bayi.. en abis itu dimulai deh aktivitas sama si bayi.. nemenin dia maen, en pagi mpasinya cuma cereal atau kalo mama lagi makan avocado ya kasih avocado itupun kadang dia ga mau..  Ga lama antara jam 12-1 biasanya nyusu lagi terus bobo,

Tapi sekarang baby k tidurnya cuma sejam setiap kali nap, jadi dalam waktu sejam itu biasanya mama pompa en lunch.. lunch nya juga yang cepet2 aja kayak sandwich atau goreng telur. Kalo ada waktu en baby k masih tidur biasanya mama browsing en ngeblog..

Begitu baby k bangun mulai deh nemenin dia maen lagi, ganti popok, dsb.. en jam 3an biasanya mama pompa en nyusuin lagi baby k.. en biasanya di jam ini mama pergi belanja groceries/ ketemu temen/ sekedar window shopping.. kalo lagi ga kemana-mana biasanya di jam inilah mama beres2, ngelaundry, dll..

Balik rumah sekitar jam 5an.. Terus deh mulai siapin mpasinya si baby.. kasih dia mpasi, biasanya jam segini dia lebih mau makan ketimbang pagi.. Selesai si baby maen2 en mama pompa.. lanjut mandiin si bayi en nyusuin dia.. biasanya jam 8an dia dah bobo.. Abis itu mama masak dinner buat papa, kalo dinner biasanya mama bikin yang lebih enak lah.. karena kasian papa udah capek2 kerja dirumah ga ada makanan..

Begitu baby k tidur malem rasanya jauh lebih santai, mama bisa nonton sama papa, bisa telpon2an sama keluarga di Indo.. en jam 9an mama pump lagi.. Kadang baby k kebangun, tapi ada papa jadi mama bisa lebih rileks.. kebangun minta susu terus tidur lagi biasanya, tapi kadang dia kebangun sejam dua jam...

jam 12 malem biasanya mama pump lagi, demi menjaga asi tetap banyak en abis itu mulai deh mama cuci2 semua peralatan pompa, botol, dot, dsb.. Tapi abis ini mama akan drop pump session yang ini, karena capek sekali..

Ya begitulah setiap harinya.. kadang ada hari yang sangat melelahkan dan bikin frustrasi tapi mama really enjoy this motherhood journey, we really love to have baby k in our life.

Happy 6 months old my happy baby!

Comments

Post a Comment

Popular Posts