Mudik dengan bocah dua tahun



Trip ke Indonesia kali ini sebenarnya sudah direncanakan tapi karena satu dan lain hal, jadi nya super mendadak.. hari sabtu beli tiket, hari minggu packing, dan senin pagi pagi sekali sudah berangkat! Wuaah capek sekali kalo diingat-ingat yaa, buru-buru beli oleh-oleh, siapin ini itu dan siapkan mental juga.. sejujurnya gentar juga harus terbang dan transit berdua saja sama bebi K selama puluhan jam!! Perjalan dari Fargo ke Jakarta itu jauhnya bukan main! Belum lagi pengalaman tahun lalu terbang berdua ma si bebi, lah kok ga kapok2 ya?? Lol!!! 🤣

Karena dadakan gw packing sampe tengah malam.. kalo cuma sendiri mah gw cuek deh mungkin sejam packing juga kelar.. lah berhubung bakalan jalan ma si bocah jadi deh semua dipikirin, apa aja buat entertain dia, snack snack nya, baju ganti, dll!! Ujung-ujungnya gw bawa 4 koper checked in and  1 carry on plus stroller.. tadinya mau bawa car seat juga tapi untunglah kagak!! Pas dijemput di Indonesia, ngepas bener di bagasinya padahal udah bawa mobil gede haha!

Perjalanan kita Mulai tanggal 11 november , jam 5 pagi kita sudah bangun.. si bebi masih tidur dan kita siap-siap cuma setengah jam langsung menuju airport. Hari itu salju sudah menumpuk , selain jalanan licin juga udara dingin sekali brrr.. untunglah jarak airportnya dekat, sekitar 15 menit sudah sampai..

Begitu sampai airport and check in, ternyata gw harus ambil bagasi di Jepang dan di check in in lagi pas mau dari Jepang ke Indonesia.. lah gw kaget donk ya? Karena tahun lalu koper checked in langsung sampe di JKT.. tapi ternyata karena gw dapet layover nya yang 20 jam, jadi deh harus keluar bagasinya... Lah itu koper 4 biji plus stroller n bayi.. gimana coba? Sedangkan tangan cuma dua?? Cukup lama lah itu gw berdebat di counter check in nya tapi akhirnya yaudah gw request for assistance in Japan..

Darisana ya udah sepeerti biasa ngelewatin tsa and security, beruntung gw lewat Fargo ya.. soalnya antrinya cepet beneran.. duuh tahun lalu kan gw lewat Minneapolis, antriannya mengular!



Si bebi di dalam pesawat dari Fargo menuju Minneapolis.. masih teler-teler

Duluu banget pas gw pertama kali ke US, gw naiknya AA (buka a*r  as*a ya tapi americ*an airlines) ampuun pesawatnya udah tua, sempit, penuh pula!! Akhirnya kali ini gw pilih naik Delta karena dulu ke NY naik Delta ya pesawatnya bagus n ternyata yg kali ini kita juga dapetnya bagus! Puji Tuhan deh!! Im a Delta girl now!!

Anyway di pesawat si bebi dapet kursi sendiri and gw taruh dia deket jendela supaya dia nya ga kemana-mana kan yaa.. kalau dari fargo ke Minneapolis sih ya cuma 1 jam 10 menit plus kitanya juga masih ngantuk berat, jadinya ya ga berasa banget tau-tau dah sampe MSP. Meskipun sempat delay juga karena runway nya di bersihkan dari salju dulu.. mayan lama deh 30 menit ada, tapi ya itu tadi karena ngantuuk, dibawa bobo aja deh!!

Sampe di MSP karena gw gate check stroller maka begitu keluar dari  badan pesawat langsung dapet stroller nya.. berguna banget ini, secara gw ga kuat kalo harus gendong lama-lama si bebi k yang beratnya udah 13 kilo!! >.<

Di MSP transit 2 jam lebih, si bebi gw kasih lari-larian biar anaknya capek n anteng di pesawat.. Maklum sehabis ini perjalanan kita 12 jam dari Minneapolis menuju Tokyo! beruntung nya kita dapet satu row buat kita berdua saja jadi bisa selonjoran n si bebi bisa tidur dengan nyaman!

ini di dalam pesawat menuju ke Tokyo! bawa sticker buat hiburan si bebi!
ada nonton toy story juga cuma anak ini cepet bosen jadinya paling nonton cuma 20 menitan aja
Selain sticker gw juga bawa buku gambar dan mainan-mainan yang murah meriah dari walmart, kayak yoyo, stempel, bola-bolaan, and buku..lumayan sih anaknya terhibur n tentunya ipad to the rescue.. si bebi suka banget nonton planet-planet gt.. 12 jam itu lumayan nyenengin deh, si bebi behave and dia juga bobo dengan tenang selama 3 jam n gw bisa relaks selama dia bobo. Meski sudah 8 jam ke atas selain pegal kelamaan duduk gw juga merasa bosan banget!! akhirnya sempat nonton captain marvel (maklum sejak punya anak ga pernah tuh yang namanya nonton bioskop lagi haha). Cuma di jam-jam terakhir tuh si bebi mulai jenuh juga ya.. jadi dia suka nendangin kursi di depan en gw cuma bisa say sorry sama penumpang di depan. 

Ini makanan yang kita dapetin di pesawat! salmon n rice for me! enak!!

lalu ini pasta vegetarian buat si bebi! enak jugaaa! 
Makanan dan minuman nya enak-enak juga, meskipun untuk makan harus berjibaku sama si bebi yang suke ngedusel-dusel mamanya.. plus si bebi makannya kan dikit, jadi dah emaknya yang ngabisin itu makanannya!

so far so good lah ya! and gw cukup lega begitu kita mendarat di Jepang, yang berarti sudah separuh jalan kan ya.. Tapi ternyata oh ternyata! perjuangan sesungguhnya di mulai di Jepang!! Gosh pantesan aja temen gw bilang, "my definition of hell is traveling with two years old"

Gw dapet stroller lagi di gatecheck kan ya.. jadi deh gw taruh si bebi disana eeeh ga lama anaknya nangis-nangis!! kejerrr! maunya di gendong! mateng ga tuh? mana jalannya jauh, jadi deh satu tangan gendong si bayi, satu tangan lagi dorong stroller! alamakjan!! Udahlah gw sendiri udah capek banget en gw masih harus angkut koper kan yaa?? ada 4 bo!

Untunglah orang Jepang itu beneran baik dan sigap ya.. gw bener-bener dibantu, dibawain barangnya sampe ke Hotel. Gw nginep di hotel transit di dalam airport. Si bebi ngeliat orang Jepang yang bantuin kita malah nangis-nangis terus, padahal udah gw gendong! ampyuuunnn! akhirnya check -in hotel baru deh si bebi diem. ya wajar sih meski di Jepang jam 3 sore di North Dakota kam jam 1 malam.. jadi si bayi capek n ngantuk..

Kita nginap di Royal Haneda hotel, menurut gw sih harganya mahal ya karena ukurannya kecil banget tapi totally worth it karena gw bisa istirahat sama si bebi! ga kebayang kalo harus ngemper selama transit! kasian bener si bebi nya! 

Kayak gini deh penampakan hotelnya, itu kulkas super mini sampe cuma muat 2 air botol ukuran sedang. 
Kayak gini penampakan di luar hotel kita.. dari kejauhan keliatan gunung Fuji!
Untuk makan malam gw beli dari Lawson saja di bawah , murah meriah dan enak! adanya di lt.1 di International terminal Haneda. Gw suka banget sama onigiri Tuna Mayones nya! nyammm!
Kita tidur enak banget en pulas dah malam itu.. lalu karena jetlag kita udah bangun jam 5 pagi waktu Jepang dan kelaparan! beruntungnya banyak juga restoran yang 24 jam!

Vending Machine untuk Makan ramen.. Selesai bayar keluar kertas en kita kasihin deh ke orangnya

Ini dia ramen setagaya pesenan gw
Gw kan memang suka ramen yaaa.. n sekarang nyobain ramen aseli di Jepang (meski cuma di airport) en rasanya beneran ENAK banget!!! 

Suasana Haneda airport, banyak vending machine nya..
Abis makan, balik ke hotel, mandi deh en beberes.. terus minta tolong petugas hotelnya bawain koper kita.. Again si bebi ga mau di stroller, setengah mati lagi deh gendong dia pake satu tangan sambil satu tangan dorong stroller.. diiringi tangisan pula! ga tau kenapa takut bener dia sama orang Jepang?? Mungkin tiap hari liat nya bule, nah ini asia begini.. jadi takut sendiri kali ya dia?? tapi ga taulah ini sih cuma opini emaknya aja hahaha. yang pasti beneran deh pinggang mau patah! Mana si petugas yang dorong barang gw nyasar-nyasar pula! haihh! kelewatan kita counter garuda nya.. sampe ke ujung eeeh balik lagi!! tidaakk!!!

Udah sampe counter nya nih ada drama pula tapi untung lah semua beres and selesai check in bagasi gw masih  dianter sampe ke gate nya.. security check juga gw langsung lewat yang buat para pilot n pramugari jadi nya ga pake antri! yasss!!! 

udah masuk ke dalam, gw uda ga tahan akhirnya gw paksa si bebi untuk duduk di stroller.. eeeh tumben anaknya mau, nangis dikit terus anteng! phewww...

Yay udah di pesawat, 7 jam lagi sampai di Jakarta tercintah!!!

seneng ngegambar- gambar ini anak!
makanan buat mama

nah ini buat si bebi, dia doyan cuma soba nya sama ikan. sisanya ya emaknya yang makanin! 
Perjalanan selama 7 jam ini ya ga mulus-mulus amat.. si bebi nakal sekali disini.. bantal, buku, selimut dilempar-lempar.. rasanya kesabaran sangat diuji! puncaknya adalah pas botol air diguncang-guncang sama dia sampai muncrat kemana-mana! duuh!!! itu rasanya emosi banget en gw akhirnya marah sama ni anak! ujung-ujungnya ya nangis!! tapi syukurnya ga lama anaknya bobo sampe di Jakarta.

Kita mendarat di terminal 3 Soetta yang mana terminalnya bagus lah pokoknya! tapi jauuuuh banget jalannya.. mana gw punya stroller baru bisa diambil setelah imigrasi.. akhirnya gendong dah! untung sih disediakan stroller buat bayi dari airport, en untungnya anaknya ga rewel pas di taruh distroller airport. udah lewat proses imigrasi dll. akhirnya ketemu sama bokap, nyokap, dd gw yang cewe, n dd gw yang cowok!!! seneng banget ketemu mereka!!! semuanya ngejemput! hip hip hoooray!!

senengnya lagi kali ini Jakarta ga macet loh.. beneran beda banget sama tahun lalu, kali ini vibenya enak banget! jarang banget nemuin macet!

Sampe rumah bonyok, kita mandi langsung bobo deh.. alhasil kebangun jam 1 pagi.. laper pulaa! akhirnya makan kerupuk deh kita berdua en jam 5 an gt dimasakin nasi goreng sama nyokap!! duuh nasi goreng nyokap kenapa enak banget ya?? padahal cuma telur, bawang, nasi, sama kecap!!! totally comfort food nya gue deh!!

hari pertama itu si bebi takut-takut sama orang-orang rumah tapi sekarang udah mau seminggu si bebi nya udah ga takut lagiii.. awal-awal nangis melulu ngeliat orang rumahh..

kembali ketemu dengan si Mbak yang bakal jagain bebi selama disini! yay!!
Si mbak ini mbak gaul lah.. en orangnya bawel sih tapi baik n jujur jadi keluarga kita suka sama dia!

Di Jakarta gw udah pijat, creambath, dan tentunya makan-makan donk ya!!

Pempek Raden di sunter.. Salah satu pempek terenak menurut gw yaa

Lalu kemarin kita nge dim sum di May star... nyammm! enak-enak lahhh
Ya gini lah catatan singkat perjalanan gw en capeknya masih berasa sampe sekarang tapi dua hari lagi gw akan terbang lagi! lol! hardcore juga ini! 

Gw bakalan ke 3 negara, yaitu Israel, Mesir, dan Yordania a.k.a Holyland sama nyokap! juga mendaki Gunung Sinai!



Comments

Popular Posts