31 minggu hamil

Yay, udah masuk trimester 3 donk, tepatnya 31 minggu hari ini..

Berarti bentar lagi bakalan ketemu baby K... senangnyaa... Pengen cepet2 ketemu si dede tapi ya jangan dulu ya dek... Meski kata ob sih survival rate kamu udah 90% tapi ntar aja udah waktunya baru kamu keluar en keluarnya yang gampang en cepet yaaa plus kamu nya sehat en sempurna :)

Ngomong-ngomong soal lahiran, gw belakangan banyak browsing2 soal kelahiran.. too much malah! BIG MISTAKE! selain gw malah makin takut, gw juga sempat bingung.. normal atau caesar aja y?Yach skrg sih gw udah ga mau baca-baca lg dech.. cukup berpasrah dan berdoa.. en gw putusin pengen normal kecuali memang menurut dokternya gw ada kondisi medis yang mengharuskan gw c sect.. Gw yakin Tuhan akan menjamah tangan-tangan para dokter en apapun itu yang terbaik buat gw n si bebi ya gw jalani.

Balik lagi ke apa yang gw rasain selama trimester dua kemaren.. Kondisi badan bisa dibilang enak.. bener banget kata orang-orang kalo TM 2 tuh masa-masa hanimun buat bumil..

Masih berasa ga hamil kadang, eh tapi pas liat perut dah gede aja huauahua... en si baby K selalu nendang2 mastíin kalo dia ada didalem sana.. Bahkan akhir-akhir ini tendangan dia mulai berasa ngilu.. Makin gede en kuat ni anak..

Keluhan gw selama TM2 cuma satu yaitu susah tidur, kalo tidur pun sering mimpi buruk. Yang paling parah pas week 25, gw mimpi nyokap sama nenek gw meninggal.. sampe-sampe pas bangun tidur gw langsung bad mood seharian..

Tapi pas gw browsing2 ternyata gw ga sendiri, mimpi buruk memang dialami sebagian besar ibu hamil..

Pas week 26 gw akhirnya beli celana hamil 2 pcs.. udah 2 aja moga2 cukup sampe lahiran, gw juga ada dress en baju longgar sih.. baju hamil gw ga beli dulu, kalo ga perlu gw ga mau beli.. haha..

Ada kejadian nih pas Father's day, gw kebangun jam 5 pagi en jalan ke toilet.. Tapi terus gw jatuh aja donk. Jatuhnya nyamping, ga keras sih, en gw tahan pake tangan.. Tapi tetep aja serem bo.. Laki gw panik en langsung nyamperin.. Gw sampe ga bisa tidur lagi.. Tapi ga lama si bebi nendang2 gw, gw jadi lega deh si bebi baik2 aja di dalem sana.. fiuhh

Nah sekarang begitu masuk trimester 3 jalan makin susah, terutama daerah selangk*ngan tuh sakit banget.. en karena tidur nya miring, entah kenapa bangun-bangun kok tangan gw pegel en kaku-kaku huhu.. Intensitäs ke toilet juga makin sering..

Gw juga sempat USG 3d tapi si dede ga mau nongolin mukanya jadi sampe sekarang masih misteri dah muka si dede kayak gimana.. hehe..

Pas 28 wk gw juga kontrol lagi ke obgyn en abis ini jadwal kontrol gw jadi sebulan 2 kali.. Gw test glucosa untuk ngeliat apa kah gw ada gestational diabetes atau ga? Jadi gw dikasih minuman yang manis banget en harus habis dalam waktu 4 menit en abis itu ga boleh makan atau minum en sejam kemudian diambil darah.. Yang ngambil darah gw nenek-nenek, lumayan njuss tuh padahal dulu gw diambil 5 tabung kagak berasa yee..

Tapi ternyata gw failed.. batasnya sampe 140 dan kalo gw diatas 220 ya udahlah gw positif kena gestational diabetes.. Tapi karena hasil gw in between jadinya gw harus test lagi.. Kali ini 3 jam dan 3 kali ambil darah en gw harus puasa! En gw failed lagi, jadi deh gw kena gestational diabetes huhuhu...

di week 29 gw ngalamin kejadian horor juga.. Jadi ceritanya pas weekend an kita pergi makan ke restoran jepang.. Ga taunya malem2 tuh gw diare and muntah2.. Gw rasa gw keracunan makanan, tapi ya udah jackpot gt gw udah lega deh.. en dibawa tidur aja.. ga taunya besok paginya pas gw ke toilet en gw wipe, di tissue tuh ada darah pink muda.. gw juga ngerasain mild cramp di perut.. tp si bebi masih aktif gerak jadi gw ga terlalu panik... gw email ob gw en dibales menurut dia sih bisa jadi pembuluh darah di serviks luka karena gw muntah2 kemaren itu.. En so far sih udah ga kenapa2.. Moga2 si bebi bertahan deh ya sampe full term, karena setiap minggunya berarti buat perkembangan nya dia..

Gw juga udah sign up buat kelas-kelas nih.. "Birth with confidence" and prenatal yoga.. Gw juga udah bikin appointment buat hospital tour (skrg ini gw kalo kontrol beda rs nya en rs yang gw mau lahiran ini juga baru jadi tgl 25 juli ntr, jadi masih baru banget deh nih hospitalnya..), terus juga udah set up appointment for car seat check.. semuanya ini free kecuali prenatal yoga nya 5$/ session..

It's getting more real now... Awww i'm so excited! excited! EXCITED!!!

Thank you GOD :)

Gestational Diabetes

Jadi setelah di diagnosis terkena Gestational Diabetes maka gw pun di set appointment dengan diabetes educator and dietician pas week 30 kemaren.

Gd ini special edition diabetes yang terjadi hanya selama kehamilan dan biasanya akan hilang setelah melahirkan.

resikonya adalah bebi bisa jadi besar dan akhirnya harus c-sect atau extrimnya bisa jadi still birth (meskipun rare tapi resiko itu ada). Jangka panjangnya bebi lebih beresiko terkena diabetes dikemudian hari.

resiko untuk ibu adalah bisa jadi terkena pre eklampsia (tekanan darah tinggi), lebih mudah terkena infeksi, dan delivery nya bisa lebih sulit.. Jangka panjangnya juga bisa terkena diabetes dikemudian hari.

Jadi saat gw ketemu diabetes educator, dijelasin seperti resikonya seperti yang gw tulis diatas, lalu dikasih alat untuk ngecek gula darah gw 4 kali sehari.. (yes! 4 kali ditusuk en ambil darah setiap harinyaa... ga sakit kok kalo buat gw..). Begitu bangun tidur (ga boleh makan dulu) and dua jam setelah breakfast, dua jam setelah lunch, and dua jam setelah dinner. nilainya harus dibawah 120 kecuali yang pas bangun tidur nilainya harus dibawah 95.. Hasil-hasil ini harus dicatat en gw emailin ke instructor nya setiap minggunya.. jadinya gw bakal dimonitor.. kalo hasilnya diatas normal bakal diliat lagi apa gw perlu obat atau suntik insulin.. Duh mudah-mudahan ga sampe suntik insulin yaa...

Kelar darisana gw ketemu sama dietician..
disana diajarin menu-menu yang harus gw makan.. yang manis-manis kayak coklat en es krim dah dicoret dah.. protein and veggies gw bisa makan cukup bebas tapi karbohidrat nya yang harus bener-bener gw peratiin nih.. en diet ini bakalan challenging buat gw.. ya secara gw tukang makan gini? en nasi n mie (my fav food) tuh bener-bener bikin gula darah ngelonjak en gw paling cuma bisa makan 1/2 cup per setiap kali makannya..

en gw harus exercise, gampang aja gw cuma disuruh jalan kaki 10-15 menit setiap abis makan.. Keliatannya simple tapi hal ini ngebantu banget untuk nurunin kadar gula darahnya..

berat sih tapi gw pasti bisa, harus bisa.. demi si bebi.. 9 minggu an aja kok sampe lahiran nich..

SEMANGAT!


Comments

  1. semangat mom-to-be!! didoain semoga terus sehat mami dan babynyaaaa :) btw, gw benci banget tuh si minuman manis2 yang buat tes gula itu .. hoek abis rasanyaaaa hahaha .. okay ga penting sih hahaha ... hug hug buat baby dalem perut ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you maminya Gide :)
      iya nih minumanya amit-amit banget hahaha..

      Delete

Post a Comment

Popular Posts