Kisah Jadoel

Belakangan ini gw kangen banget masa lalu. Keingetan sama rumah nenek gw (panggilannya emak) di daerah senen sana. Dari kecil gw sering banget kesana, hampir tiap hari malah. Segala moda trasportasi pun dijajal demi kesana.. Mulai dari naik oplet (paling sering ini sampe mabok soalnya diajak muter2 dulu ke sunter segala baru nyampe ke senen ), bajaj, mobet, sampe akhirnya nyokap bisa setir sendiri! Juga dalam segala cuaca, ujan kek, panas kek, pokoknya kudu setor muka hehe.. Jadi ga heran kalau rumah emak sudah seperti rumah ke dua!

Rumah Emak selalu ramai! Selain nenek gw, juga ada adiknya nenek gw yang gw panggil engkong tinggal disana. Engkong ini ga menikah dan walau suka berantem juga ma nenek gw tapi mereka saling sayang dan perhatian satu sama lain. dulu zaman susah pas nenek gw tiba-tiba ditinggal suaminya meninggal dengan enam anak yang kecil-kecil, engkong lah yang ngebantu nenek gw.. sama-sama mereka buka restoran di depan bioskop di Palembang sana, konon restorannya rame. Tapi lalu bioskopnya tutup dan restoran pun jadi sepi! Intinya jatuh bangun mereka lalui bersama dan sampai Akhir hayatnya engkong tetap tinggal sama Emak.

Selain Engkong, tante gw beserta suami dan dua anaknya juga tinggal disana. Sepupu gw ini beda jauh ma gw jadi jarang maen bareng, lagipula mereka galak! Suami tante gw ini dokter jadi gw inget sore-sore gt biasanya banyak pasien yang datang buat periksa! en pas kecil juga kalo gw or ade gw sakit ya kita berobat nya ke om gw ini..

Tante gw yang lainnya juga tinggal sana dengan suami dan satu anak nya , sepupu gw yg ini lebih muda 3 tahun jadi masih maen bareng.

Selain tante-tante yang tinggal disana ada juga satu tante lagi yang karena dia kerja jadi nitipin anaknya disana, anaknya ada dua en dua-dua nya cowok.. yang satu seumuran gw, satu lagi seumuran ade gw.. Jadi yaudahlah kita sering maen bareng. 4 cowok (3 sepupu dan satu lagi ade gw) + gw cewek sendiri!

Gw inget tuh kalo sore-sore gt kadang pada manggil topeng monyet, atau ga ya kita ada jajan2 gt deh.. paling sering kembang tahu atau ga es krim walls.  Ya zaman itu jangankan vienetta, magnum 5000 perak berasa mewah! ya namanya juga anak kecil yak hehe.. jadi seringnya cuma jajan calpico! Trus juga ada kacang ijo en asinan yang enak banget deket sana, sayangnya udah ga jualan. Terus bakso salim, bakso gerobakan tapi bersih en enak! favorit banget dah! sayangnya udah ga jual juga karena pensiun dan pulang kampung! ya iyalah dari gw tk dia dah jualan, jadi wajar sih kalo sekarang dah pensiun! aah tapi kangen makan baksonya! Aku kangen beneran!

Gw juga sering baca ria film (kalo ada yang tau, ini tuh kayak majalah isinya bintang film mandarin gt, wkwkwk) en novel mira w disana, ya karena tante gw koleksi hehe! koleksinya komplit banget en semua disampul plastik gt! memank sepupu n tante gw hobi beli buku! sering nya ke pasar baru sana soalnya kalo beli disana lebih murah!

zaman dulu mah ga ada hape ya, gw aja umur 17 baru punya hape loh! jadi Saat itu ya kita maen kejar-kejaran, polisi-maling, en sampe maen diatas genteng segala! haha! berantem ya jangan ditanya! namanya anak kecil ya, berantem bentar terus ya baikan lagi! seru dah!

Apalagi kalo udah imlek! wuih rame banget! soalnya adik-adiknya Emak pada datang dan termasuk anak dan cucu mereka! saking banyaknya gw ga kenal semuanya loh! kalo sepupu mah pasti kenal, kalo udah second cousin udah ga hapal dah! Cuma tau beberapa saja! Oh ya imlek juga hari yang paling gw tunggu-tunggu! selain dapet ampao juga karena makan enak! beneran enak2 banget deh masakan emak mah ya!

Tapi yaaaa sekangen-kangen nya gw ga akan bisa balik lagi ke masa itu. Walau sekarang gw balik ke Indonesia pun, semuanya udah beda. Rumah nenek gw sekarang sudah direnovasi dan tinggal tante gw sekeluarga yang tinggal sana.. Karena Emak dan Engkong sudah meninggal. Sepupu-sepupu gw sudah besar, menikah, dan punya kehidupannya sendiri. Tante gw yang satu lagi yang suaminya dokter, sekarang sudah ga tinggal sana dan bahkan sedihnya sedang berjuang melawan kanker payudara :(

Ini denah rumah emak dulu sekarang mah udah beda banget udah direnovasi, ada lantai dua juga tapi di lt.2 isinya kamar semua
Selain Emak gw juga kangen sama temen baik gw! temen baik dari smp sampe sekarang! yang selalu setia menemani gw di setiap saat! En gw sedih juga ngeliat dia nasibnya kurang bagus sekarang ini! menikah dengan suami yang kurang bisa diandalkan secara financial sehingga diapun harus bekerja cukup keras! dan ditengah-tengah itu mertuanya pun kena musibah sehingga menjadi tanggungan dia! dari awal menikah pun dia dah bilang pengen punya anak cepet, tapi apa daya belum dapat sampai sekarang, yang ada uangnya habis untuk berobat kemana-mana. Pas ke Indonesia kemarin sempet ketemu, en dia cerita kadang kalo malem dia suka nangis sendiri, kenapa nasibnya begitu?

well, gw cuma bisa kasih nasihat, kasih kekuatan, dan untuk supaya jangan putus berdoa! sekelam apapun keadaan kita, Tuhan tidak buta! pasti Tuhan beri jalan keluar bagi anaknya yang mau Terus berusaha dan berdoa!

ya segini aja deh nostalgia nya, musti balik ke zaman now nih! masih musti urusin dinner nya si bebi sama si suami, terus masih harus urusin kerjaan! Plus laundry!!




Comments

Post a Comment

Popular Posts