Berg lake trail (Canadian rockies series pt.5)

Hari ini adalah hari yang sudah kita tunggu-tunggu, the most memorable day from our trip! kita bakalan hiking belasan jam dengan toddler under 2yo!

Awalnya ga ada kepikiran untuk kesini sama sekali, bahkan ga pernah dengar mengenai trail ini! Cuma gara-gara sering browsing mengenai Banff eh malah nyasar ke yt nya orang yang lagi hiking Berg lake en langsung jatuh cinta! saat itu juga gw bilang ma suami, kita harus pergi ini kadung udah sampe sana! an adventure of a lifetime! n suami gw yang memang hobi hiking tentunya setuju! oke sah! langsung booking everything dan siapin perintilan nya kayak hiking poles, water filter, and good hiking boots!

Diriku n suami juga latihan fisik sebulan sebelum trip ini.. Kita lari keliling kompleks seminggu 4-5 kali dan latihan beban juga supaya siap pas nanti bawa backpack yang berat!

12 July 2019

Plan kita hari itu adalah untuk naik heli sampe ke Berg lake dan hiking down ke head trailnya!

Kami bangun jam 7 kurang karena jam 8 nya harus terbang! Ini pertama kalinya kita naik helicopter en si bebi nya masih free of charge karena masih dibawah dua tahun!

Jadi begitu bangun langsung gw buru-buru masak n siapin bekel kita.. kita bawa beef jerky and oreo juga buat snack nya. Untuk sarapan gw masak indomie pake kompor portable yang gw bawa dari Fargo! untuk minum kita bawa filter yang bisa mompa langsung dari sungainya, jadi cuma bawa botol saja!

Selesai kemas-kemas kita pun nyetir sekitar 15 menit untuk sampe ke landing pad nya!

Ini dia heli yang akan membawa kita ke atas sana!
Begitu sampe kita ngisi form lalu di briefing sebentar soal safety nya en abis itu barang kita dikumpulin jadi satu.. kita bawa ransel buat gembol si bebi (hubby) n satu lagi backpack buat konsumsi kita, obat2an, dll (me) plus hiking poles for me (trust me this helps a lot!). Kita bawa bear spray buat jaga-jaga en harus kasih tau ini ke pilotnya karena termasuk hazard. lalu abis itu kita dianter buat parkir di depån head trailnya dan sama-sama kita naik van untuk balik ke landing pad.

Kita dapat giliran ke dua.. jadi sambil nunggu si bebi explore dulu deh.. secara dia bakal ada di gendongan after this for many many hours!

toilet yang ala kadarnya banget! ga ada air n no flush. baunya jangan ditanya deh! sambil tahan napas aja! haha! tapi bagusnya ada hand sanitizer didalam nya!

biarpun summer.. namanya di gunung (apalagi gunung glacier) ya tentunya dingin en si bebi pun pake jacket! n anaknya seneng banget nyabut2in bunga2 disekelilingnya ini hihi..

Untuk bisa heli hike di Mt. robson cuman ada satu provider nya yaitu robson helimagic and gw rekomen banget! masih pada muda2 tapi so professional! everything on time and pleasant! they seems to love their job!

Nah ini pilot kita! cewek n masih muda pula, sekitar 20an kayaknya . btw namanya sama kayak si bebi hihi!

ready to take off! si bebi pake headsetnya n si bapaknya pake earplug!

up up above! we're getting higher!

Kinney Lake dilihat dari heli.. cakep banget yaaaa :) warnanya itu loh! suka banget deh!
Gw termasuk orang yang takut terbang tapi naik heli ini malah ga takut sama sekali loh.. smooth banget! Penerbangan kita singkat banget, cuma sekitar 10 menitan tapi berkesan banget!

Yay kita udah mendarat, langsung cek peta ga jauh dari sana.. kita mendaratnya di Robson Pass

let's start the journey!

jalan sekitar 10 menitan ketemu river ini n snacking dulu disini

si bebi diturunin dulu di kala bapaknya lagi nyemil

airnya dingin banget n super jernih! 

Kalo mau turun langsung sebenernya bisa ditempuh dalam 7 jam.. Tapi kita pengen jajal snowbird pass jadinya ya agak muter dikit en jatuhnya jadi belasan jam!haa!

ini dia rutenyaa.. beda kan arahnya snowbird pass sama berg lake

yaaa mulai hujan deh.. ga deras sih. lebih ke gerimis gt.. tapi enaknya jadi ga panas sih ya

kayak gini jalan setapaknya! super sepi! cuma kita doank n ada lah dua apa tiga orang gt! males banget kalo hiking berombongan gt! gw sukanya yang sepi serasa milik sendiri! hihi!

ditemani river disamping kita

sedihnya glacier nya receding very fast tiap tahun, lama-lama abis deh glacier disini!

woohoo!! look at this view! we were so happy to explore this area n udah keliatan Robson glacier tuh dari kejauhan

trail kita ini ya begini berbatu-batu.. penting banget untuk pake proper hiking shoes kalo ga mau keseleo!

banyak iceberg floating

berasa kayak di game of throne ga sih settingnya haha?

dulunya trail ini bekas glacier..nyisain dirt kayak gini!

otherworldly

okay warning sign!
us : hike with a baby! lol!

istirahat dulu ya pak! 

mulai area yang terjal!

curam banget ini! kita sampe harus scrambling! gw tadinya pikir ga bakalan mampu deh! tapi ya kuncinya pelan2 aja sih pasti bisa! jangan keburu-buru dan harus hati-hati! karena batu disini ga stabil.. bahkan batu yang gede2 nya aja tuh loose.
kalo si suami gw ga kuatir karena he got the strength and agility of mountain climber! 

mulai keliatan lebih jelas glaciernya!

tapi pendakian belum berakhir! kayak gini ini nih! seru deh! adrenalin terpacu! mana di beberapa bagian ada air tern kecil jadi basah deh tuh batu-batunya en jadi licin! 

view from the top ! totally worth it!

"mom why are we doing this?" lol!

admiring the view! ini sebenernya belum sampe atas-atas banget! tapi kita udah ga ada waktu karena harus turun gunung jadi kita stop sampe sini aja! harusnya abis ini bakal ketemu waterfall dan padang rumput, tapi ya timing is everything! trust me if i have enough time i will do it till the end!

okay udah waktunya balik! kita jalan melalui jalanan yang sama pas kita datang btw!

matahari mulai bersinar disini!! udah mulai siang bo!

udah sampe bawah lagi en ketemu beberapa pendaki! mereka rupanya nemuin bonekanya baby k yang jatuh! itu boneka rupanya jodoh ma kita! abis ini jatuh lagi en ada satu pendaki yang sampe lari-lari demi ngasih tuh boneka ke kita! so sweet! faith in humanity restored!

Si bapak Istirahat lagi! kita kebanyakan istirahat juga nih makanya kagak sampe2 wkwkw! tapi kudos buat si bapak yang gembol si bebi seberat 12 kilo plus juga air 2 botol gede!

Ini sungai yang kita lewatin tadi!
landscape di berg lake Trail ini berubah-ubah.. dari yang bebatuan sekarang mulai banyak pohon dan bunga-bunga

waktunya pompa air buat bekal minum kita

pompa begini kudu harus mesti kalo mau hiking belasan jam begini.. karena kalo bawa-bawa botol, mau berapa banyak coba? belum lagi berat kan ya..

nah ini kita mendekati campground

sekarang kita menuju Berg lake

Liat deh itu glacier dari gunungnya.. super massive!

i love this view very much and i'm so grateful boleh dikasih kesempatan untuk bisa kesini! meh, ga semua orang bisa kesini! butuh fisik yang kuat! 

jembatan kayak gini juga banyak banget.. 

kita lunch dulu disini nih.. disini kita ketemu couple yang lumayan concern sama kita.. soalnya saat itu udah jam 4 sore en  kita masih ada 7 jam buat turun kebawah! well we have no choice but keep going! ya gak? it's like life! no matter what you have to keep show up! 

berg lake dari dekat! sebenernya gw pengen nyobain berenang di lake nya tp ga jadi soalnya ga bawa baju ganti hoho!


So happy to be there!


view of Berg lake from another angle! ini kita di jalan setapak buat jalan balik.. jalanannya agak becek bekas hujan dan cukup rame karena disini ada beberapa campground!

Mist glacier.. sebelahan sama berg glacier

one last look before we hike down! YOU ARE BEAUTIFUL BERG LAKE!


another bridge!


Mist glacier dari dekat!


lumayan agak flat disini!


enjoying the hike down with this view!

Nah kita mulai masuk ke hutan sekarang

øke si bapak istirahat lagi! n sejauh ini si bebi ga protes sama sekali! she enjoy it so much! ga nangis ga rewel! bahkan sampai kelar pun dia totally calm! she's truly our kids! love the adventure!

Emperor falls!

jembatan melalui jurang, jangan nengok bawah deh! 

jalanannya berbatu batu gini! again pentingnya pake proper hiking shoes! 

turuun terusss! ga secapek pas daki sih tapi sakit di lutut! berguna banget hiking poles untuk ngurangin impact ke knee!

wow! the waterfall is just amazing! 

lanjut turun terusss!

lanjutkan perjuangan kita!!

uh oh! rawan longsor disini!

masuk ke area hutan lagi! en disini ga cuma turun tapi turun naik sodara-sodara!! klenger deh!

udah deket pa, udah deket nih udah deket jembatan maksudnya wkwkw!

kita sepanjang jalan cuma ketemu sama dua orang sejauh ini n ga ketemu siapa-siapa lagi sampe ke whitehorn campground!

cross that bridge!


valley of 1000 waterfalls

lumayan disini jalan nya flat! i really love it when the trails flat!

nah ini kita udah di whitehorn campground.. si bapak mompa air lagi!

si bebi kita kasih lari-lari biar ga pegel di carrier melulu! tapi malah goler-goleran di batu begini hihi!

øke udah cukup istirahatnya! masih harus jalan! 

another bridge!

kali ini suspension bridge! seru juga! hihi!


nah itu di ujung udah keliatan Kinney lake yang biru-biru itu!

but first musti turun gunung dulu!

begitu sampe di Kinney lake udah gelap begini en si bapak juga udah keluarin senter! udah abis ini ga ada foto-foto lagi!
Kita pikir sampe Kinney lake berarti udah mau Sampe kan ya? ternyata tidak! masih 2-3 jam lagi padahal sudah mau jam 10 malam saat itu!!Kita masuk ke dalam hutan dan kita sendirian, beneran ga ada orang lain!! malem-malem en gelap gulita total! nekad abis sih kita! well, no choice benernya sih!

dari yt video yang kita tonton tuh kalo udah sampe jembatan berarti kita udah sampe! en pas nemu jembatan kita seneng banget! karena kita pikir bakalan sampe kan ya! tapi ternyata pas kita udah nyebrang.. loh kok yang depan hutan, yang kanan ditutup batu, en yang kiri ketutupan air kayak lake.. Kita posisi di Kinney lake saat itu! Saat itu kita bingung banget! rasanya ke kiri tapi kita ga bisa ngeliat trailnya! beruntung samar-samar kita liat kayak ada sign board di kiri! jadinya kita udah hajar itu masuk ke dalam air, lumayan sih semâta kaki airnya en sepatu kita kerendem semua disana!

beruntungnya kita benar and kita ketemu trailnya en lanjutin perjalanan kita!phew!! si suami bikin bunyi-buyian pake batu n pake botol supaya ga ketemu binatang liar! well, kita bawa bear spray sih tapi tetep aja kan ya serem lah kalo sampe ketemu mah! 

ga lama kita ngedenger aliran air yang deras n suami bolak balik ngingetin untuk selalu jalan di tengah ! n ga lama senter si suami mati! 

gelap gulita di tengah hutan, untungnya hape gw ada senter jadi nya ya lumayan kita pake itu!

Saat itu gw cuma takut bakalan ketemu binatang buas! beruang atau wolf? uh oh! sepanjang jalan gw doa-doa aja en rasanya itu jadi malam terpanjang seumur hidup! beneran serasa ga sampe-sampe loh!

Ga lama kita ngeliat cahaya terang kayak dari gedung gt! en si suami udah senang aja berarti kita udah deket kan ya??

ternyata gak! itu cahaya bulan! keliatan terang banget karena lagi purnama! Lanjutlah kita di dalam hutan gt! en pohonnya gede-gede pula! we are deep in the jungle by ourself! oh sh*t!

Si bebi udah tidur di gendongan and akhirnya kita sampe juga! jam 12 malam! darisana kita menuju airbnb! en gw udah inform sih kalo gw bakalan sampenya jam 10 malem lewat jadi mangan tungguin kita... en doi ok2 aja n kasih kita kode untuk masuk ke kamar.

pas sampe sana kondisinya gelap en ada dua pintu n gw ga sure yang mana kamar kita kan ya? jadinya gw salah pencet n bunyi lah itu alarm! ampunnn! gw ga enak banget deh sama si owner nya ya.. en tentunya gw say sorry! tapi kayaknya owner nya tetep ga hepi n ninggalin negatif review di airbnb websitenya tentang kita! gw jadi kesel en gw email ke dia, gw bilang gw kecewa, kalo mank ga hepi ga usah lah kasih review2 gt.. ngomong aja langsung! gw juga udah bilang gw ga bakal stay disana lagi, ever!

en abis itu ya kita mandi n bersih2 langsung bobo pulas banget!

what a day!

Comments

Popular Posts