Corona

Sejujurnya gw ga sangka loh corona ini efeknya bisa sampe kayak sekarang. Awal tau soal corona tuh pas di Indonesia, January pertengahan gt. Itu juga yang kasih tau ade gw.. Dia kasih liat tuh video dimana orang makan kelelawar sama anak kecil makan kecebong hidup-hidup.. Karena kan diduga ya virus ini asal  mulanya dari wet market di Wuhan yang jual segala macam binatang eksotis untuk dimakan.

Lalu China lockdown dan mulai ada beberapa kasus yang keluar, ada di Thailand, Korea, Jepang, dan Singapore. Saat itu gw mulai ketar-ketir karena gw harus balik ke US kan pertengahan February. Mana si bebi 3 hari sebelum balik tuh sakit, tapi untungnya dia udah membaik dan puji Tuhan kita decide untuk tetep balik en ga ditunda. Karena ga lama ketelah kita balik, kasus corona ini makin meluas. Bahkan pertengahan maret kemarin juga sudah di lock down.

Haduh kalo baca berita nya sih serem loh, di Italy sudah kewalahan. Di NY mayat-mayat sampe di masukin truck pendingin. Supermarket diserbu orang, hand sanitizer sama tissue toilet habis! tepung dan beras juga abis! Restoran sekarang cuma terima take out, retail, dan segala jenis usaha yang non essential ya ditutup loch. Awalnya cuma dua minggu, lalu tambah dua minggu, dan sekarang kemungkinan sampai akhir mei baru bisa mulai balik normal. Di US sendiri tentunya gerah karena mau ga mau ekonomi jadi mundur dan akhirnya dikeluarkan lah stimulus untuk membantu perekonomian disini. Well ga cuma di US, di seluruh dunia ekonomi juga pasti kena imbas.

Di Indonesia masih maju mundur untuk lockdown karena rakyatnya banyak org kecil yang kalo sehari ga nyari duit ya ga bisa makan! Tapi dengar-dengar sih sekarang Jakarta mau ditutup dan dilarang untuk mudik. Ya demi kepentingan bersama deh! Ekonomi hancur ya masih bisa dibangun, kalau nyawa ilang? tapi gw yakin pemerintah Indonesia akan beri bantuan untuk rakyat kecil. Bahkan di sosmed juga gw liat banyak gerakan yang ngebantu orang-orang kecil, kasih babang gojek tips lebih, dll. Nyokap n ade gw bilang, Jakarta udah kayak kota mati... sepiii ampun.. (mereka bosen dirumah jadi keliling2 kota naik mobil dah)

Kalau untuk kita sendiri sih, ya suami masih kerja (work from home) en gw ya memang kan ibu rumah tangga. Jadi sehari-hari gw masih beraktifitas seperti biasa. Ngurus anak, masak, beberes rumah, n ngerjain order juga, sisanya ya nonton deh, atau ga chat sama temen. Gw hampir ga pernah keluar (kecuali grocery, en skrg udah dilarang suami untuk belanja.. dia doank yang pergi skrg). Sebisa mungkin juga gw ga mau terlalu banyak baca berita (jadi malah negatif terus pikirannya ntar).

Biasanya kita kan tiap summer jalan-jalan.. mungkin kali ini gak (tergantung gimana perkembangannya ntar), en soal bebi mau disekolahin ini juga masih tentatif. Kalo summer ini udah balik normal ya semua rencana bisa tetep jalan, tapi ya kok gw merasa wabah ini will stay longer. Soalnya cuma butuh satu orang untuk bikin outbreak lagi? Dan ga selalu yang punya virus ini tuh nyadar, karena kadang fever aja tuh gak? sedangkan untuk pencegahan saat ini masih pake ukur suhu tubuh? rasanya sampai ketemu vaksin atau obatnya kita ga bakalan balik normal. Well bisa aja sih udah ga lockdown tapi pastinya social distance bakalan terus dilakuin. mungkin mau nonton bioskop dijarakin, atau ga ke restoran juga gt, kalo theme park? entahlah ya kalo itu? bisa jadi they will close longer..

lesson learned :

- pentingnya untuk selalu jaga kebersihan. kita selalu pake hand sanitizer , sehingga udah abis di toko ya kita masih cukup punya banyak stock.

- be mindful, memang sih kita juga beli makanan n nyetok tapi jangan sampe gila-gilaan en bikin orang lain ga kebagian!

- penting nya punya dana emergency. Kerjaan suami tetep jalan, tapi gw liat ada temen gw yang harus difurlough dari company nya, ada juga yang jadi server dan mereka tuh sangat depend sama tips.. jadi begitu resto jadi take out yaudah hilanglah itu penghasilan. Disini sih masih lumayan lah masih ada bantuan dalam bentuk stimulus dan juga ada unemployment benefit. Tapi karena gw biasa hidup di Indo, jadi buat gw gimana2 saving for emergency itu penting. Untung lah suami gw tetap ada kerjaan n gw juga masih ada orderan, tapi when it comes to worst.. kita masih ada emergency saving. Penting ini!

- Pray! sepinter-pinter nya manusia pasti ada batasnya. Tapi selalu banyak berdoa itu sangat membantu buat gw. banyak hal-hal yang keliatan kebetulan, tapi kalo gw pikir ya itu jalan nya Tuhan. Gw sama mama bisa ke Israel tepat sebelum wabah, gw balik ke US sebelum semuanya di lockdown, n suamipun dapet kerjaan tepat sebelum heboh-heboh nya Si Corona ini.

Pray, stay home, stay healthy, and think positive! Cepat atau lambat pasti lah wabah corona ini akan berlalu juga! stay safe!

Comments

Popular Posts