Holyland trip berdua nyokap (Israel & Petra)

Hari itu kita memasuki border Israel lewat jalan darat dari Mesir dan harus bawa koper masing-masing (ga ada porter). Antrian nya cukup panjang, kira-kira 2 jam an lah kita prosesnya. Pertama di screening per group gt.. Lalu kayak bandara deh , barang dimasukin ke x-ray dan kita juga di tanya di loket imigrasi. Pertanyaan nya simple sih.. disini mau ngapain? berapa lama? terus kerjaan nya apa?

Interview nya cepet dan semuanya lolos, selesai dari Imigrasi langsung deh gw buru-buru nyetor ke toilet. Bukan apa? sepanjang jalan sudah menahan sakit perut! Udah lega langsung naik bus sama rombongan yang lain dan jalan lah kita beberapa jam menuju hotel kita di daerah Bethlehem, Palestina. Begitu sampe langsung dinner n mandi, lalu kontek suami n dapet good news! Ga lama bobo karena besoknya ada doa pagi n jadwal kita cukup padat!

Good morning! ini pemandangan di luar kamar kita! untuk kamarnya ga gw foto sih ya, soalnya  biasa aja. udah gt ga ada ac lagi. begitu gw telpon ke resepsionis! mank ga ada ac katanya, disuruh buka jendela donk!!

Dalam kondisi udah mendingan, kita turun buat sarapan yang mana ajubile ramenya kayak kondangan! rasa makanan nya juga "yah bisa kemakan sih". Ga lama kita langsung menuju ke bus dan antri lift nya donk lama bener! saking rame nya en lift cuma dua! akhirnya gw turun pake tangga sementara nyokap naik lift (karena kaki udah ga kuat ya)

Pemandangan dari lift kita

tujuan pertama kita hari itu!

disini kita berdoa pagi sama-sama

lokasinya diatas bukit gt dan pemandangannya Cantik! 

Ada lukisan seperti ini di dalam gerejanya!

Honestly gw ga gt inget lagi detailnya ini gereja apaan? duh ini lah kalo udah kelamaan ga ditulis jadinya lupa deh! Yang pasti kita disini ada foto group dan ga lama setelah ini kita menuju Nativity church atau gereja kelahiran Tuhan Yesus!

Salah satu sudut Nativity Church.. ke tempat ini lah mama pengen pergi!

Masuknya melewati pintu kecil ini yang disebut lubang jarum. jadi kalau di alkitab disebut lubang jarum ya bukan lubang jarum beneran melainkan ini!

Antrian nya segini aja donk! kita cukup lucky waktu itu ga sampe dua jam! karena ada group di hari -hari se belum nya yang antri nya 5 jam!! wow!

udah deket ntar ada yang jualan lilin dan minyak- minyak an

ini mau masuknya beneran sesak-sesak an begini!

Ini lah tempat Tuhan Yesus Dilahirkan! Juru selamat penebus kita!

Ini lebih jelasnya! kita cuma dikasih waktu 3 menit untuk foto dan abis itu musti gantian! dari sana juga ada palungan nya tapi gw udah ga foto lagi deh! karena diburu-buru sama orangnya supaya cepat keluar!

ada Mozaik semacam peta gt kali ya di gerejanya?

pas mau keluar ada diorama gini. Iblis telah dikalahkan!

Poponya baby k di luar gereja! akhirnya kesampean ya ma setelah bertahun-tahun! dan puji Tuhan kita pergi tour nya di bulan november itu! Coba kalo ditunda? Desember nya kan udah mulai ada Corona dan sekarang ini banyak flight yang disuspend , border ditutup, dan juga apa kita mau traveling di tengah pandemi? kan ga ya? Puji Tuhan semuanya tepat waktu!

di luar sudah ada pohon natalnya! waktu itu masih awal November!

ini penampakan di luar bis kita dan menuju ke tempat selanjutnya

Sebelumnya maksi dulu disini! cukup enak ini! 

Kita udah sampai di Laut mati!! titik terendah di bumi!

Aseli gw kaget sama laut mati, kok kayak miami ya? ada bar nya segala en hiruk pikuk.. 10 tahun lalu tuh sepii pii pi cuma resort dan pantai. ini banyak toko dan segala macem..

gw ga berenang jadi makan ice cream aja di bar nya! harga nya sih gila! mehong bener untuk es krim kayak gini doank!

Selanjutnya kita ke bukit pencobaan. ini nih fotonya dan disini ada tempat belanja nya.. biasa lah org indo kalap!

Dari sini kita balik hotel dan makan malam di hotel!

Good morning! another day in Holyland and ini juga difoto dari kamar hotel kita..

hari ini kita pisah sama rombongan katolik karena versinya beda. Kita pergi ke makam Tuhan Yesus!

Ini diyakini bukit tengkorak

ini tempat pembuatan wine nya dimana anggur diinjak injak disitu!

ini juga diyakini makam Tuhan Yesus

ini dalam kuburnya

Disana kita dijelasin sama cewek Indonesia yang sekolah disana. Penjelasannya bagus dan detail. lalu satu kata-katanya yang berkesan buat gw adalah. Meskipun banyak versi dimana Tuhan Yesus dimakamkan tapi itu sebenernya kurang penting karena yang paling penting adalah sekarang Tuhan Yesus sudah bangkit!

Selanjutnya kita menuju ke tempat Tuhan Yesus naik ke Surga

Ini foto mama diluar nya, kita masuk juga harus gantian!

Ini dia tempat Tuhan Yesus naik!

Selanjutnya kita ke gereja bapa kami.. dimana ada banyak doa bapa kami dalam berbagai bahasa di tembok ini!

Ini fotografer kita... motoin sampe manjat-manjat.. hayoo motoin apa coba?

ya motoin kita lah ya dengan dome of rock ini sebagai backgroundnya!

Ini gereja segala bangsa! super rame! nama lain nya adalah agony dan karena itu disesuaikan, dalamnya gelap gt.  Di dalam gereja ini terdapat sebuah batu yang diyakini sebagai tempat di mana dahulu Yesus pernah berdoa di Taman Getsemani pada malam sebelum Dia dikhianati oleh Yudas Iskariot

Selanjutnya kita ke gereja Santa Ana atau kolam bethesda

Ini sisa-sisa reruntuhan nya.

Di gereja santa Ana kita nyanyi satu lagu, karena menurut kata pastor nya sih disini mah suara jelek juga jadi bagus.. soalnya gereja nya menggema gt.. Yang pasti sih ada satu ibu-ibu orang Batak, aduh suaranya bagus banget!!!sampe bikin merinding! Kayak Susan Boyle gt tipe suaranya!!

Anyway hari ini jadwal kita yang super padat diakhiri dengan via dolorosa Ataú jalan salib. kita ga boleh bawa hape atau dompet krn banyak copetnya! Semua kita tinggal di dalam bus! Jadi ga ada foto selama via dolorosa sama sekali! Kita jalan salib melalui pasar-pasar dan ajubile rame nya! kita ga bawa jaket dan cuaca nya makin dingin, jadi deh di jalan kita beli scarf, lalu gila donk kayak dipalak gt! kan kita keluarin uang 100$an langsung direbut gt sama mereka en nyuruh kita beli macem2. kita udah ga mau kan ya, akhirnya dibalikin juga duitnya, tapi akhirnya kita beli 4 scarf instead of two. duh geri beneran! jangan deh belanja disana! kapok!!

Di sana kita memasuki gereja makam kudus. Situs ini dipercaya oleh banyak umat Kristiani sebagai Golgota, tempat Yesus disalibkan. Gereja ini menjadi tujuan peziarahan Kristen sejak abad ke-4, sebagai tempat wafat dan kebangkitan Yesus.

Lalu keesokan hari nya kita menuju Ke Sungai Yordan. Tempat Tuhan Jesus dibaptis!

Ini dia penampakannya Sungai Yordan! Airnya surut banyak! n tetep banyak ikan!

Kita doa dulu disini! ini pastor nya dari Papua!

Kita ga ada satupun yang mau dibaptis ulang disini.. gw sendiri pertama kali dibaptis ya di sungai Jordan ini 12 tahun yang lalu! dan sekali udah cukuplah! Kita disini selesai ibadah malah belanja-belanja.

Darisana kita menuju ke gereja 5 ikan 2 roti dimana Tuhan Jesus memberi makan 5000 orang! Ga sempat foto-foto dan kemudian menuju Capernaum!

Reruntuhan Capernaum

My mom!! i miss her!

Terakhir kita ke Danau Galilea, ini penampakan dok nya! air nya surut banyak ternyata ya dibanding dulu! kita nunggu disini mayan lama nih, sampe udah malem!

Ini pemandangan dari dalam kapal. udah malem kan yaa?? di Kapal kita nyanyi en dansa.. lagu lagu Israel terus disambung maumere.. di kapal lain ada yang lagunya Despacito! seru sih!!

Good morning from Galilea Sea! Kita udah pindah hotel nih, eh disini makanannya enak n kosher ya. Jadi kalo mau nambahin cabe atau apa ya harus diem2. 

Kosher itu ibaratnya makanan halal ala Yahudi. Mereka pilih mana yang boleh mana yang gak, dsb gt.

Jus Delima dulu pagi-pagi! seger!!

Ini Dia tujuan kita pagi ini, Church of Cana. Ada yang kawin ulang disini dan kita juga beribadah. Gw beli wine nya disini en enak loh! gw bagi ke dede gw yang cowok satu en bagi bokap juga.. eeh sama bokap di pake buat masak ayam arak.. wkwkwk.. 

Darisana kita menuju ke Basilica of Annunciation di Nazareth, Di mana banyak terdapat lukisan/mozaik bunda Maria dari berbagai negara. Favorite gw  adalah yang dari Jepang!


Ini dia yang dari jepang nih, terbuat dari mutiara loh itu! keren banget! btw itu peserta tur juga dari Papua. Orgnya baik!

Masih di gereja yang sama, kita nungguin peserta yang lain.. yaudah foto dulu yuk mam!

Ini restoran! enak beneran! ga foto makanan nya tapi rasanya top! sop daging gt! entah gimana masaknya? tapi yang pasti cocok!

Sampe gw foto loh ini nomornya. kali aja balik lagi kesana, pengen deh makan disana lagi. hehe pengen donk ke sana lagi sama suami n anak, tapi ga pake tour lagi. biar lebih enak ga diburu buru

Mama foto sama romo. Oh ya ini romonya baik banget loh.. kayak Jokowi gt pembawaannya, halus, kalem, tenang, dan rendah hati! Ga segan2 bantuin nyokap bawa barang disaat gw lagi kerepotan!

ini ga tau namanya apaan? tapi diajak sama guide nya kesini buat bonus katanya! 

Lalu hari itu juga kita crossing border lagi ke Jordania. En ternyata ada satu peserta yang nyangkut! Dia rupanya beli kaos yang ada lambang Israel dan dibuang loh sama org imigrasi nya! udah nunggu cukup lama akhirnya kita jalan juga ke hotel yang mana ada dua jam an, sampe hotel dah malem banget! makanan buffet nya juga tinggal dikit gt, akhirnya makan seada nya sama ikan teri, lalu bobo!

Besokannya kita menuju ke Petra! Yang merupakan salah satu keajaiban dunia! Seharian cuma kesini aja karena jalannya cukup jauh!


Ini nih petunjuk nya!

Sebenernya luas banget loh Petra ini, tapi kita cuma akan ngunjungi sebagian kecil tempatnya. Itupun jalan kaki ya lumayan!

Di sepanjang kita jalan kaki ya ada bebatuan gini!

ada dua jalan yang dibatasi oleh batu, satu untuk pejalan kaki dan satu lagi buat kereta kuda. kalo ga kuat bisa bayar n naik kuda!

unik ya!

Hebat! mama masih kuat jalan bolak balik padahal udah gw tawarin loh mau ga naik kuda ga?

YEAY akhirnya sampe!! tapi penuh org gini!

Di crop dah orang-orang nya! ini dipahat loh ditebing gt

Dari Petra kita balik ke Amman dan besokannya Menuju gunung Nebo. Tempat di mana Musa diperlihatkan tanah Kanaan untuk terakhir kalinya

Ini di Puncak gunung Nebo, di ujung kalau cerah bisa kelihatan Israel!
Di gunung Nebo juga  ada  gereja yang banyak mozaik nya gini.  tapi kita ga boleh injek loh ya!

Nah ini di salah satu chapel nya, tempat ibadah terakhir kita sebelum balik ke Indonesia.

Kita balik melewati Amman dan transit lagi di abu Dhabi selama 8 jam! gilak! capek nya ampun! Kita udah samperin transit hotel tapi penuh!! akhirnya tidur-tidur ayam di kursi airport!! en that's all! balik Indo n dijemput sama bokap n bebi k!! miss my baby so much!

Phew kelar juga tulisannya! meski udah sebanyak ini tetaplah ga dapat semua detailnya.. Gw cuma bisa tulis highlight nya aja untuk dikenang nantinya. I'm super thankful bisa kesana sama mama, masih dikasih waktu, rejeki, dan kesehatan. Tau sendiri sekarang lagi wabah corona gini? kalau ditunda beberapa bulan aja, kita ga akan bisa pergi. Thank You God, for a perfect timing! everything only by Your Grace!

Comments

Popular Posts