Holyland trip berdua nyokap (Mesir)

Finally i have time and energy to write my travel experience with my mom last year (meskipun dicicil n sambil  masak, sambil urus bebi, sambil ntn netflix en nunggu laundryan kelar ). Plus kita di lockdown selama dua minggu gara-gara Corona.. so here is my super late post.

One of the reason gw ke Indo adalah untuk nemenin nyokap ke Holyland.. udah bertahun-tahun kayaknya nyokap pengen balik lagi kesana (dulu kita udah pernah kesana tahun 2008 sama bokap n dd gw) tapi kali ini ga ada yang nemenin mama.. en gw pikir ya mumpung si bebi belum sekolah, gw bisa usahain deh nemenin nyokap ke sana! n so glad i did sebelum Corona seheboh ini! 

Jadilah kita berangkat tanggal 20 November 2019 kemarin selama 10 hari ber-34 orang.. Cukup ramai dan uniknya group kita ini gabungan antara katolik dan kristen.. Tentunya kita selalu tour sama-sama tapi ada beberapa tempat yang kita pisah karena ternyata versi Katolik dan Kristen itu berbeda. Tapi ga masalah lah ya toh tujuan kita sama yaitu beribadah. 

Kita sampai soetta jam 9 malem, check in bagasi and kenalan sama peserta lain. Saat itu selain kita juga banyak group yang mau umroh, jadi airport sungguh ramai bukan main!  

Kita naik pesawat juga super rame! beneran full itu pesawat a.k.a ga ada satu kursi kosong pun! jujur pengap! n gw ga usah sebutin airlines nya deh ya tapi beneran gw ga mau naik lagi itu pesawat! sungguh ga nyaman! kursi sempit dicampur dengan bau yang tidak enak! tidur pun susah! 

Ga lama kita tiba di Abu Dhabi dan transit disini 5 jam sebelum sampai ke tujuan utama kita yaitu Cairo, Mesir. 


Mama di dalam bus begitu turun dari pesawat. Iya kita turun pake tangga en naik bus plus gw juga bawain hand carry nyokap! 
Selama transit kita sambil tidur-tidur ayam di kursi airport dan syukurnya gw ga pecicilan kesana kemari karena ga lama kemudian jadi rame banget boarding area nya, sampe pada ngemper di lantai! Bener-bener beda deh pengalaman gw yang kali ini sama yang dulu. Yang kali ini tuh berasa dimana-mana kayak cendol.. emang menurut tur guide nya sih ya, sekarang ini Israel rame terus! udah ga ada istilah high season lagi, pokok nya sepanjang tahun penuh dikunjungi orang dari seluruh dunia terutama dari Indonesia! gt sih katanya!! sampai-sampai tukang jualan di pinggir jalan aja bisa bahasa Indonesia loh! canggih dah!! 
"Tas.. tas.. sepuluh tiga.. sepuluh tiga.. ! ", teriakan penjual seperti ini bisa kita temui setiap saat , udah kayak di mangdu aja bo!

Anyway akhirnya sampai juga kita di Cairo! dan langsung pergi Makan! Untuk yang kali ini gw bisa bilang restorannya lebih enak! 10 tahun lalu kita juga makan chinese food tapi masayolo ga kemakan! yang ini masih oke lah! masih kemakan! 

Kayak gini penampakan luar restonya

Bagian dalam nya

Kurang lebih gini deh makanan nya! it look sad! tapi trust me ini jauh lebih mending ketimbang 10 tahun lalu! lol!!! 10 tahun lalu saking menu nya ga kemakan, kita cuma makan nasi putih sama kuah rendang yang bokap bawa dari Indonesia.

Selesai makan kita jalan menuju ke beberapa gereja di kota Cairo

Suasana kota Cairo, masih kayak yang dulu..

Cavern church atau dikenal juga dengan Abu Serga. Merupakan tempat pelarian Yusuf, Maria, dan Yesus dari kejaran raja Herodes selama 3 bulan

Penampakan bagian atas gerejanya menyerupai bahtera. Perbedaan bahtera dan kapal adalah di bahtera tidak ada kemudinya, jadi betul2 berjalan mengikuti ombak tanpa kontrol dari manusia.

My mom minta difoto disini.. muka masih kecapekan n jet lag haha

I love this picture

Kita harus turun ke bawah sini

Ini dia tempat dulu Tuhan Yesus dan keluarganya bersembunyi

ini lebih jelasnya

Kita berdoa disana sebentar dan lanjut jalan kaki ke Hanging Church! Bisa dibilang ini gereja tertua dan paling terkenal di Mesir.

Ini dia penampakan Hanging Church

Tahun 2008 lalu juga kita udah pernah kesini dan ga berubah sama sekali..

disebut hanging karena ga ada pondasinya. difoto ga terlalu jelas ya.. tapi di kaca itu keliatan bawahnya kopong gt

Di dalam sini kita kebaktian sebentar, nyanyi dan dengar firman Tuhan.. 

Selesai kebaktian kita menuju ke Destinasi selanjutnya dan begini lah pemandangan kota lama Kairo dari dalam bus. 

Kita akan menuju ke gereja sampah. Sebenarnya nama aslinya Simon The tanner church.. tapi ya gt deh orang Indo kasih julukan kayak gt karena yaa..

Sepanjang jalan ya begini tukang sampah dimana-mana.. btw kita ganti dari bus jadi naik mini van untuk menuju Gereja sampah ini..

Kayak gini penampakan luar gereja sampah ini..!!

Kayak gini penampakan gereja didalemnya! keren banget ya ini gunung batu loh dipahat sampe bisa kayak gini

kapasitas orangnya ratusan bahkan mungkin ribuan! mantap ya?? n diadakan ibadah loh disini setiap minggu nya!

Kita disini beribadah lagi n how great is our God! i feel so small in that moment and feeling so thankful to be there ! btw ini pertama kalinya gw kesini, tur yang dulu entah kenapa kita ga kesini ya??

Selesai ini kita lanjut lagi cruise ke sungai Nil! wuih hajar bo!! seharian dari landing belum sempet mandi udah di jalan seharian!!

kayak gini cruise nya..

penampakan di luar dari atas sungai Nil

Ada tarian sufi! en ada belly dance juga.. cuma ga kefoto, ada sih video di instagram gw..

Di cruise ini kita dapat makan malam , en makanan nya ya gt deh haha.. masih bisa kemakan kok.. tapi ga yang wow gimana gt.. Ini juga pertama kalinya gw cruise nih karena tur yang dulu, para peserta nya ga mau naik cruise karena menurut mereka tur rohani kok ngeliat belly dance? Tapi kalau menurut tour leader nya sih belly dance itu tradisi mereka n bukan P*rn. Well tapi emang sexy sih en goyangannya aduhai! pendeta n romo nya ga mau ngeliat loh mereka! salut! jaga kekudusan yah pak!!

At least akhirnya gw ngerasain lah ya kayak gimana sih cruise di sungai nil! abis makan kita ke deck atas n ngeliat pemandangan kota Kairo.. tapi ya ga berani lama-lama takut masuk angin! turun ke bawah en keliatan dah peserta semua teler.. di meja kita udah loyo semua, nungguin kapan nih kelar cruise nya?? aseli gw n nyokap kecapekan banget saat itu!

Setelah 2 jam an akhirnya kita merapat lagi dan check in hotel! finally!! phew!! kita nginep di Intercontinental Kairo! Menurut tour guide nya ini salah satu hotel terbaik di Kairo! n kalo menurut gw sih ini hotel terbagus yang kita inepin selama tour ini!

Ini poponya baby k di Lobby hotel nya.. suka deh! berasa banget lagi di Mesir nya!

Gw ga akan detail lah ya upload foto-foto hotel and breakfastnya (karena postingan ini bisa jadi puanjanggg banget). Yang pasti kita dapet intercontinental breakfast keesokan hari nya.

Buah- buah an nya enak en seger!

Ini makanan yang gw ambil dengan susu kurma dan omelet, enak!

Fasilitas hotel yang tentunya ga kita nikmati. lah wong sampe nya malem banget n pagi-pagi abis breakfast udah jalan lagi!

Kita mampir kesini! toko aromatherapy! en yak tempatnya kayak di gedung yang di abandoned gt tapi dalemnya rapi kok!

ini dia tukang jualan nya! jago juga dia jualan, banyak yang beli padahal harga ga murah loh ya..  paling sering diborong orang ya minyak Narwastu

Yuk ma kita foto-foto sendiri dulu di dalam bis

Lanjut foto lagi! kali ini di dépan nya Pyramid!

Nah yang ini kita foto dari dalam bis aja deh! ga turun soalnya RAME! pas lagi wiken sih yaa jadi penduduk mesir berbondong2 kesini!

Yang gw rasakan ya, semenjak sekarang zaman social media.. pergi tur begini kok ya isinya bu ibu yang hobi foto-foto banget. Jadi kita sampe Pyramid ya kayak foto-foto aja gt.. terus diburu2 ke spot lain buat foto-foto, lanjut foto sana foto sini!! Sedangkan dulu yang gw pergi di tahun 2008, kita dikasih waktu buat explor. bisa sentuh batu pyramid nya en mengagumi hasil karya zaman lampau. Yang foto ya dulu tuh ada, gw bahkan bawa camera xlr. tapi yah sebatasnya n jadinya gw lebih menikmati ya tanpa diburu-buru. cuma gimana ya? zaman udah berubah n tur2 pun mengikuti keinginan peserta! 

Di dalam bus, guide nya jual coklat kurma n enak bo! kita beli sekotak!

Habis dari Pyramid kita makan siang disini nih.. Chinese food baby!

Kayak gini penampakan makanan nya.. ya jangan dibandingin sama chinese food di Indo lah ya.. tapi ini mayan enak deh! kemakan kok! lol!

Ini penampakan di luar restoran yang tadi sembari kita nunggu bus nya.. 

Ini tujuan selanjutnya! tempat pembuatan papirus!

dibuat dari tanaman yang dipegang guide kita nih.. Guide kita namanya Ahmed and bahasa Indonesia nya bagus banget, bahasa gaul nya aja up to date bo!

Disana kita dijelasin cara pembuatan papirus, dimana taneman nya harus dijemur terus digiling dan disulam hingga membentuk kertas! dan ujung-ujung nya gw beli! abis cakep n unik! kenang-kenangan lah ya.. hihi

Dari situ kita langsung menuju kaki gunung Sinai, tapi sebelumnya kita stop dulu di Mara. dimana Tuhan mengubah air pahit jadi manis.


kayak gini penampakan nya, udah mau sunset!

Nah ini sumur nya dan disini kita berdoa , untuk secara harafiah membuang kepahitan kita di mesir sebelum masuk ke Israel!

Bye Mara! Selamat tinggal kepahitan!

Disinilah penderitaan di mulai, dimana gw pernah cerita juga disini.. Perut gw kembung banget, kepala pusing, dan diare. Ini apa gara-gara chinese food nya ya?? Padahal gw berencana untuk ngedaki gunung Sinai loh. Tapi ya akhirnya ga jadi, setelah makan malam di hotel (yang mana rasanya ga karuanan) gw langsung masuk kamar n istirahat! yang pergi ke puncak Sinai cuma 5 orang dan itu mereka baliknya jam 7 pagi loch! Secara kita nyampe aja tuh udah jam 9malem! artinya ga tidur mereka itu semua! well gw juga tidurnya ga nyenyak sih, bolak balik toilet! mana dingin nya minta ampun!! wifi juga ga ada! lupakan! yang ada ya gw ngeringkuk aja sampe pagi sambil berdoa!

 Nah ini kamar kita di gunung Sinai! ga ada pilihan ya, ini satu-satunya hotel di daerah sini!

Akhirnya pagi tiba juga dan inilah penampakan di luar kamar kita! kondisi gw udah mendingan tapi masih tetap melilit perut nya!

Otw ke restoran!

nah ini dia resto nya.. tempat kita dinner n breakfast yg rasa makanannya ya gt lah.. untung lah bawa teri dari rumah.. jadi makan nasi sama teri!

ada kolam renang nya tapi ya siapa yang mau berenang ya?? dingiiinnn!

Nah ini kita foto pake balon terus make a wish and balon nya dilepasin..hihi lucu juga kayak orang kawinan  zaman now!

Ini resepsionis nya, tempat kita nunggu bus and ada beberapa toko kalau mau beli souvenir. 

Hari ini kita akan nyebrang border ke Israel dan mostly di dalam bis! tapi kita mampir dulu nih buat makan siang!


Nah ini dia tempat lunch kita nih! asik korean food di tempat antah berantah gini!!

kayak gini makanan nya.. en enak enak loch! ini salah satu yang terenak selama di trip ini!

Sebelum ke border kita ngelewatin benteng Salahudin ini nih.. pada turun tapi gw tetep di bis karena perut masih melilit!

Naik bis lagi dan sampailah kita di Taba border, Israel! yang konon pemeriksaan nya paling ketat di dunia..!

lalu to be continued ya..

secara udah panjang bener ini, jadi gw post per negara aja ya.. next nya bakalan post Israel lalu Jordania!

Comments

Popular Posts