Baby K 3rd Birthday



Belum lama ini anak-ku merayakan hari ulang tahun nya yang ke-3.. Ga kerasa banget, kayaknya baru kemarin ngelahirin dia.. eeh sekarang anaknya udah bawel aja hihi..

Nah sebelum masuk ke "ngapain aja" pas hari H nya, gw sekalian update dulu deh ya perkembangan baby K sejauh ini! 

Balik ke waktu pas check up 18 month.. semuanya bagus, berat dan tinggi semua oke, kondisi sehat. Lalu untuk motorik juga bagus, dia udah bisa jalan dari usia 13 bulan (normal ini). Tapi kita concern ke speech nya dia, kosakata si bebi belum ada sama sekali.. masih babbling banget, mama papa.. bla bla.. no meaning at all! Tapi kata pediatristnya ga perlu dulu lah diterapi apa gimana.. diliat nanti kalo udah 2 tahun, toh tiap anak kan beda beda tumbuh kembang nya. Sering-sering aja diajak ngobrol, gt lah kata dokternya..

Lalu pas dia usia 2 tahun ya udah kita baby well check up lagi en si bebi tetep aja kosakata nya ga ada kemajuan.. jujur gw saat itu juga sibuk sama kerjaan gw, jadinya ini mungkin salah gw juga rada nyuekin dia.. saat itu Oktober 2019 pas kita ketemu pediatristnya, lalu di refer untuk screening, terutama diliat apakah ada masalah sama pendengaran nya? karena dipanggil juga dia cuek! waktu itu si suami sampe cuti en nemenin gw untuk liat gimana sih si bebi ini ? masalahnya apa? 

Kalau untuk pendengaran semua bagus. Tapi begitu dicek sama speech therapistnya, disuruh ini itu, anaknya ngeblank! ga bisa keluar kata-kata satupun! and didiagnosa speech delay! my heart sank!

tapi ya mau gimanapun kita terima, kita jalani, dan coba cari solusinya. Lalu kita coba jadwalin untuk dia diterapi.. Tapi ya ginilah di US (entah di state lain gimana, tapi di North Dakota ya gt) bener-bener deh untuk jadwal aja tuh kita waiting list, en udah sampe sebulan belum ada kabarnya gt..

Lalu saat itu gw kan udah janji mau nemenin nyokap ke Israel, jadi gw pikir yaudahlah ya cari aja terapi di Indonesia. Dari hasil browsing-browsing ketemu lah sama Anton metode, gw baca review nya bener-bener bagus.. Akhirnya gw diskusi ma suami, en kita sepakat untuk nyoba demi si bebi deh! supaya dia bisa mengejar ketinggalannya!

Oh ya Anton Metode ini lokasinya di Lawang, tadinya gw pengen kost aja.. Tapi karena dede gw tinggal di Malang, jadi dia bilang suruh tinggal tempat dia aja.. en dia juga pinjemin mobilnya. Jadi tiap hari nih gw bolak balik Malang-Lawang Selama disana. Lumayan loh sekitar 45 menit-1 jam sekali jalan.. en dia ada nya pagi gt jam 7an karena dia kan musti kerja abis itu, lalu sore ada lagi. gw rata-rata ambil yang pagi, jadi bayangkan lah ya jam 5 pagi udah bangun, siapin makan nya, susunya dll, jam 6 teng biasa udah di jalan dan nyetir (si bebi dibelakang sama si mbak). Capek? iya banget! tapi demi anak semua dijabanin deh! 

Awal Dec 2019 gw kesana dan nyoba seminggu. Hanya dalam waktu seminggu si bebi udah bisa ngomong mbak, abc, dan popo! i'm amazed! tapi berhubung disana gw sakit-sakitan (sampe jackpot segala), akhirnya gw balik ke Jakarta dan nyobain cabangnya di Bogor (ini punya adek nya pak Anton). Well Jakarta-Bogor ya kurang lebih sejam an juga... Tapi disana gw merasa si bebi ga ada kemajuan.. Gw pengen balik lagi ke Malang tapi si mbak nya malah mau pulang kampung, eeh ga lama adek gw bilang dia ada nemu mbak.. Yauda berangkat lagi deh ke Malang sama bokap, nyokap, n dede gw.. Mereka ikutan kesana untuk merayakan natal dan tahun baru bareng-bareng! Pas sampe Malang ternyata mbak nya ga ada? hadeuh pusink pala barbie, nyokap sih nawarin mau bantuin.. Tapi kondisi nyokap ga se fit itu jadi gw butuh mbak.. untungnya ade ipar gw bisa nemu aja gt loh, dapet deh si mbak.. Meski mbak nya preman gt pake tatoan. Langsung ga pake lama kita terapi lagi bolak-balik Malang-Lawang!

Kemajuan demi kemajuan terlihat, Anaknya mulai fokus! tadinya tuh dia ga bisa diem! Sejak diterapi kosa kata mulai ada! Meski begitu gw ga bisa terlalu lama ya disana, adek gw kerja keluar kota dan gw dirumah sana cuma sama istri nya dan mama papanya, jadi berasa awkward banget.. (plus ada drama2nya) 

Jadi mendekati Chinese New Year gw balik ke Jakarta dan lanjutin di Bogor sampai gw balik ke US di pertengahan February kemarin (men, it's still this year.. feels like ages ago). En di Jakarta pun si bebi udah bisa manggil bokap gw, "kong-kong", en nyokap "popo", ga lupa "ook tara " (adek gw ) ..Seneng!!!

Balik di US gw langsung cari sekolahan, cari preschool yang bagus berbasis montessori. niat gw satu.. supaya di sekolah dia bersosialisai dan speech nya lebih terasah lagi.. Tapi apa daya, kita semua tau ada si "rona" datang tak diundang. Niatan untuk sekolah pun ditunda sampai tahun depan!

Tapi meski dirumah.. Anaknya terus menunjukan perkembangan! nyanyi abc sampe z bisa, 1-10 udah bisa, bisa nyanyi twinkle-twinkle little star, dan kalau kita ngomong apa dia inget dan dia bisa ulang! gemezzz banget dah!! mana kalau dia ga mau udah bisa bilang lah, no, no ,no!  pas liat foto dia udah ngenalin orang en bisa nyebut namanya pula! i'm so happy!! 

Saat diputusin dia ga sekolah dulu, ya udah gw langsung pesen buku buat belajar gimana cara ngajarin si bebi, bukunya bagus banget. en gw pun menambah aktivitas jadi guru ala-ala.. haha!! meski sih aduuh ngajarin toddler tuh mesti sabar2 banget ya! rasanya pengen dia cepet2 sekolah aja, tapi juga ga mau cepet2 soalnya lagi lucu2nya.. ahhh mixed emotion beneran!! 

sekarang sih walau belum sempurna tapi udah bawel gitu, suka nanya "what is that?" en suka banget nyanyi2.. hihi rame deh suasana dirumah ya... <3 and yang so sweet nya pas bangun pagi dia bisa ngelus-ngelus rambut gw terus ngomong " sayang.." lalu pas gw bilang i love you dia bisa bilang i lova you too!!! aaah meleleh deh hati mama!! Semoga tumbuh kembang kamu selalu bagus ya nak!! my prayer always with you!

oke sekarang untuk perayaannya nih yaa..

Kita awalnya pengen bikin garden party gt berhubung ga bisa ke restoran kan ya (pandemic).. Eeh ya ginilah namanya manusia berencana, Tuhan juga yang menentukan.. Ada Kebakaran di west coast yang bisa dibilang "historic" a.k.a gede banget, mulai dari California, Oregon, dan Washington state. Asapnya sampe ke kita donk dan itu tuh semingguan baru clear lagi langitnya.. Jadi deh kita rayain dirumah aja, secara kalau mau outdoor ga memungkinkan karena aqi (air quality index) nya udah dangerously unhealthy. 

Untuk dekorasi nya kita pasang balon n udah gw tiup (pake mesin) dua hari sebelumnya.. anaknya seneng banget maen-maen balon gt deh.. hihi

Asiknya maen2 balon! ini H-2

tadaa hasil dekorasi mama n papa buat si bebi tercinta!!

Pas hari H nya, anak ini malah bangun2 maenan kamera

udah ganti bajupun ga mau lepas kamera haha!!

Hari itu gw masak-masak dan agenda kita hari itu cuma makan, tiup lilin, dan foto..

Wajib ada mie biar panjang umur.. cari misoa ga ada, kalo pake indomie kok ya kesian.. jadi beli mie basah gt di asian stores and dimasak pake bakso en udang..


masakan hari itu, rendang, telor balado, siomay goreng, pastry ragout, and sop bakso.. Ini cuma porsi kecil, sisanya di freezer in.. 

kuenya sama kayak tahun lalu, coconut cake juga yang kecil n ditambahin macaroon aja biar meriah.. haha kue sekecil inipun ga abis! 

Foto keluarga satu-satunya yang hasilnya lumayan, kita cepet2 sih karena si bapak yang masih wfh sampe detik ini saat itu harus meeting lagi.

Yah Kurang lebih begitu saja acaranya dan hanya kita bertiga, tapi kita hepi kok hehe!! 

Happy birthday again anak ku n pesen mama tahun ini di ulang tahun kamu cuma satu yaitu "Don't lose hope"

Tahun ini ada pandemic, kebakaran, ekonomi terpuruk, dan baru-baru ini president DT kena virus.. Lalu suasana politik juga lagi panas, yang diprediksi bisa memicu civil unrest. Tapi dalam situasi seperti apapun kita ga boleh putus asa. Pasti ada jalan, pasti badai akan berlalu, dan ingat untuk andalkan Tuhan selalu nak. Love you so much!!

Comments

Popular Posts