American murder : the family next door

 Judul di atas adalah netflix documenter yang baru-baru ini gw tonton (warning, spoiler alert below)

Ceritanya dimulai ketika Shannan Watts menghilang dengan dua orang anak ceweknya yang masih kecil-kecil umur 3 dan 4 tahun (plus dia lagi hamil). Disini yang kuatir itu malah temen nya si Shannan ini, dia baru aja ngedrop doi jam 2 pagi lalu besok paginya kok ga ada kabarnya gt? Akhirnya temen nya itu telpon polisi dan datengin rumahnya, suaminya yang ngebukain pintunya pas baru balik kerja gt (dia kerja sebagai operator di oil n gas company ). disini kita nonton dari webcam polisi nya dan juga banyak banget footage dari facebooknya si Shannan sendiri.. Keseharian mereka, trip-trip mereka, ngerayain holidays dsb.. seems like a perfect American dreams deh, rumahnya juga gede, and Shannan selalu muji kalo Chris (suaminya) itu tuh yang kayak hero and a devoted dad.. Diusut punya usut ternyata suami nya selingkuh sama co worker nya donk. Ga sampe situ ternyata suaminya yang bunuh si Shannan dan mayatnya di buang ke tangki minyak di luar kota gt. Lalu yang bikin ngenes dia ngebunuh anak nya yang masih kecil dengan cara dicekik gt dan anaknya bilang , "Daddy, No!" 

Banyak deh detail-detail nya di dokumenter nya yang beneran bikin ga percaya kalo suaminya tuh tega ngebunuh. Keliatan kayak orang normal aja gt, ga keliatan psycho apa gimana? dan memang kita ga bisa ngejudge dari social media seseorang ya.. Dari luar keliatannya mesra dan suaminya sayang sama dia, ga taunya di belakang layar banyak problem nya.. n di dokumenter ini juga ada text message dan suratnya Shannan yang beneran kasian deh kalo dibaca, gimana suaminya makin ga peduli sama dia tapi tetep aja demi appearance di social media mereka kayak maksain bikin video seolah-olah mereka hepi. 

Gw penasaran sama case ini akhirnya googling2 sendiri kalo si bebi dah bobo and ada bagian yang ga dimasukin di dalam dokumenter ini. Yang mana menurut gw sebenernya ini tuh penting dan harusnya masuk ke dalam film nya. Yaitu Finance nya mereka. 

Sebelum mereka pindah ke Colorado, dulu nya di North Carolina pun mereka udah declare bankruptcy.. Hidup mereka yang dulu di NC gw kurang paham ya.. Tapi yang pastinya nih ya di Colorado si Chris ini gajinya 60k, ya kurang lebih 5000 per bulan dapetnya pretax. Setelah dipotong pajak, healthcare, 401k dll.. takehome pay nya kurang lebih 3000 lah ya. dan Si Chris claim kalo Shannan income nya juga 60k/ tahun. Yang mana sebenernya gak, karena Shannan ini kerja nya di MLM ya.. Nanti deh kita balik lagi ke MLM nya (penting ini) tapi anggap lah si Shannan beneran dapat segitu, tapi dia ga usah bayar insurance,  anggap lah dapet 3500 perbulan, jadi total income mereka 6500/bulan.

Nah yang bikin melongo tuh daftar pengeluaran mereka... 

Rumah mereka gede dan mortgage nya 2800 per bulan nya.. gw sampe shock ngeliat nya, kok bisa diapprove ya dengan gaji segitu? apalagi mereka sebelumnya udah pernah declare bankruptcy? kok bisa gt? lalu mereka juga punya Hoa nya 200/ bulan (n saat Shannan meninggal mereka udah 3 bulan behind untuk bayar payment Hoa nya). Lalu daycare dua orang anaknya 2500 per bulan nya.. itu aja di total udah 5500.. Sisanya seribu untuk bayar makan sehari-hari, bayar listrik, air, belum lagi car payment dan car insurance.

Lalu kalo diliat dari webcam keliatan mereka cukup mewah gaya hidupnya, king size bed untuk anak nya, lalu sepatu bejejer, ada essential oil yang mahal , belum lagi produk mlm nya dia (yang mana dia musti bayar 200$ fee per bulan nya). Yang ada minus lah itu tiap bulan. 

Dan itupun kalau beneran dia penghasilan 60k/ bulan dari MLM nya itu. Dari yang gw baca ya si Shannan ini udah terlibat dalam banget sama mlm nya, maka dari itu banyak banget video facebooknya (ujung2nya mau jualan) dan bisa dibilang top earner. Tapi sesungguhnya uang 60k ini yah gross income yang dia hasilin untuk MLM nya ini.. income dia yang sesungguhnya mkn hanya sekitar 3000an per tahun nya. Karena dia harus beli lagi produknya, belum lagi work trip dan seminar-seminar nya, dia juga dapet lease Lexus dari company ini. Claim nya sih mobil ini dapet dari perusahaannya tapi aslinya dia harus menuhin kuota penjualan sekian setiap bulan nya, kalo ga sampe ya harus bayar sendiri lease nya. Bisa dibilang MLM ini lah yang bikin dia in debt.

Gw awalnya ga gt tau soal MLM ini, tapi ya gw liat sepupu gw jalanin n jual minyak essential n hasilnya ya lumayan. Sepupu gw ini suami nya ga kerja and anaknya ada dua, tapi so far gw liat dia bisa biayain rumah mereka, sekolah anak, buat makan dll.. Jadi gw rasa kalau mau menghasilkan di MLM ya bisa aja sih.. cuma setelah baca-baca, kebanyakan orang bukan untung malah rugi. Karena ya itu mereka harus belanja sekian untuk bisa dapetin komisi nya.. ujung2nya kalo ga nyampe kuota ya mau ga mau beli sendiri loh. Nah Si Shannan ini korban nya deh, karena dari MLM nya di dituntut untuk menampilkan citra diri bahwa dia sukses, keluarga bahagia, anak lucu, rumah mewah, dll.. Supaya ya orang-orang tertarik, bisa hidup kayak gt juga dan join.. Padahal sih dalam nya palsu dan keropos.. 

Disini pesan moralnya cukup banyak. Pertama Hiduplah semampu kita, jangan gampang keracun dah.. ati-ati lah pake duit. Yang ke dua ya ga perlu iri sama hidup orang lain yang keliatan glamour di social media , karena ya again socmed itu cuma nampilin yang bagus2 nya aja.. ga ada yang tau kan dalemnya gimana kayak kisah ini.. yang ketiga ya ga usah terlalu butuh pengakuan dari luar.. dalam hal ini Shannan tuh terlalu sibuk sama dunianya, dia sibuk ngerekam anaknya begini begitu padahal anaknya di day care, diurus juga gak.. malah gw baca juga sering dikasih benadryl kalo malem (biar tidur cepet). Udahlah di day care dari jam 8-5 sore eh malemnya dikasih obat, jadi paling sehari cuma spent 2/3 jam deh sama anak-anaknya. Tapi socmed nya memperlihatkan seolah-olah dia emak yang hands on.

lalu dia juga delusional, dia ingin memperlihatkan ke dunia luar kehidupan pernikahannya yang keliatan romantis dan "perfect" di socmed. Kalau dia lebih realistis mungkin dia bisa sadar lebih awal, kalau Chris mungkin tertekan dengan begitu banyak hutangnya mereka dan akhirnya lari ke wanita lain. Meski begitu ga membenarkan Chris untuk membunuh loh ya! kalo memang mau hidup baru sama mistress nya, ya udah cerai lah! 

Anyway intinya Hiduplah sesuai realita, the goal is to be rich, not to look rich! Lalu don't be with person who doesn't want to be with you! gw sebetulnya against sama divorce tapi kalo sampe udah abusive, lebih baik pisah, ya terserah orang ngomong apa lah ya, toh kita yang menjalani hidup ini ya ga sih? apalagi kalo sampe ujung2nya dibunuh kayak Shannan ini, tragis banget!

Comments

  1. maacih mama sophie udah nulis ini. gw mau ntn di netflix maju mundur hahaha ... penasaran tapi ada males juga .. tapi gw sampe bengong bagian loe bahas soal financenya. astajim! thanks again for the remindernyaaaa buat kita to be rich not to look rich ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya sama2, ntn itu iseng sih eh terus penasaran.. iya nih buat pengingat ke diri sendiri juga untuk lebih kuat iman, ga belanja2 yang ga perlu

      Delete

Post a Comment

Popular Posts