baby k 18 month



Belakangan jarang update in perkembangan si bebi nih, baik disini ataupun di sosmed lain... Jadi boleh lah ya at least 6 bulan sekali ditulis update nya si bebi disini..

Secara fisik anak-ku ini udah makin tinggi.. Sekarang udah nyampe aja ke gagang pintu dan bisa buka tutup pintu sendiri! Kalo dari wajah, mukanya masih berubah-ubah memang ya.. tapi gw merasa dia udah mulai keliatan asia nya hehe.. matanya ga bulet kayak bapaknya tapi lebih lancip.. meskipun sih tetep gede matanya en bulu matanya juga panjangg kayak bapake.. (what a blessing, ga usah pake bulu mata palsu kayak emak e kalo lagi mau kondangan lol). Rambut juga Udah mulai panjang n ikel2 gt.. mulai bisa dikuncir dikittt!

Gigi Sekarang udah 5 biji aja donk! en dulu awalnya gampang sikatin gigi dia.. sekarang ini harus pake trick2 dibujuk2 sampe dipaksa2 kadang...

Kalo untuk makan sih dia ga ada masalah ya so far.. pinter lah! Pagi biasa omellete atau telur tim, terus snack nya kasih buah/ yoghurt.. siang biasa carb (bubur/ pasta/ udon) + protein (seringan sih salmon, tapi ya diganti-ganti kadang ikan lain kayak kakap atau ga ayam or kalkun, sapi paling jarang kasih soalnya dia gak suka.. Kalo pork hampir ga pernah karena gw n hubby ga gt suka makan pork jadi otomatis si bebi juga ga makan pork) + sayur (sayur ini ya biasa brokoli/ spinach). Kalo sore menjelang malam dia laper biasa kita kasih dia buah lagi atau baby cracker/ biscuit buat toddler.. 

Malemnya sama kayak siang or tergantung kita masak apa hari itu, kalo kira2 si bebi bisa makan ya dia makannya sama kayak kita.. misalnya hari itu gw masak sop ayam pake wortel n macaroni plus kembang tahu, ya otomatis si bebi bisa ikutan makan :)

Kalo malem itu kita makan dendeng balado atau yang pedes2 otomatis si bebi ga bisa makan ya siangnya biasa gw bikin banyakan en taroh di slow cooker jadi bisa buat malam juga (dengan catatan sayur nya dipisah, karena kalo dimasak kelamaan udah ga ada gizinya lagi)

Kalo udah makan malem biasa udah ga ada makan lagi or snack buat si bebi, cuma susu aja..

Nah kadang gw suka eksperimen makanan baru buat si bebi.. Semakin dia gede, dia semakin pinter.. jadi kalo dia udah liat makanan dia beda, nih anak bakalan refuse duluan.. kadang musti dipaksa dulu.. begitu dia udah nyoba biasa nya kalo suka dia mangap deh untuk selanjutnya, kalo ga yaudah lah gtm (gerakan tutup mulut).

Sejak ada si bebi gw berusaha untuk simplified everything.. Cuci piring pake mesin, itupun suami yang cuciin.. en kadang gw juga cuci sih tapi gw pakein timer, 15 minutes.. buat unload dari mesin n masukin semampunya.. selesai ga selesai ya udah, nanti sisanya ditumpuk di sink aja di dalem air, malemnya biasa suami yang kelarin semuanya.. 

Baju juga udah pake mesin cuci + dryer + ga setrika (kecuali kusut banget) itupun ngelipet2 paling 15 menitan dikali 2 dalam seminggu ya paling 30 menit saja untuk lipet2 baju.

Untuk bersihin lantai n toilet udah job nya si suami..

Jadi chore gw kurang lebih ya sekitar 2 jam saja setiap minggunya..  Bukannya gw males tapi semua balik lagi ke prioritas ya.. buat gw yang paling penting tuh makanan buat si bebi, karena lagi dalam masa pertumbuhan gini jadi penting banget gizi seimbang. Jadi gw ga pernah short cut untuk food nya si bebi.. kalo mau gampang Udah beli aja makanan jadi.. tapi apa bagus? ya kalo terpaksa ya ga apa ya, toh bukan racun.. tapi selama di rumah, gw usahakan untuk kasih makan yang terbaik.. dalam sehari dia harus ada buah, sayur, carbs, n protein. Bahan-bahannya organik semua, cara masak dan nyimpannya juga gw perhatikan.. kalo udah keliatan ga gt bagus biasanya kita yang makan (daripada dibuang kan ya).. So that's where i spent my time daripada waktu abis buat chore.. (ya penting juga sih karena kita ga betah lah tinggal di tempat yang kotor n berantakan) tapi balik lagi ke prioritas tadi kan ya.. 

Yang ga kalah pentingnya ya gw ajarin dia, kasih tau ini namanya apa.. number, alphabet, tetep dengerin musik klasik, etc.. en anaknya sih cuek ya most of the time hahah.. maklum lah anak umur segini mah focusnya masih gampang banget kepecah.. mama harus punya banyak stock sabar!

tv kadang-kadang gw kasih dia nonton.. terutama kalo gw lagi buanyak banget kerjaan.. favorite nya dia tuh moana, elmo (tetep), sama troll.. asalkan ga berlebihan menurut gw no problem sih ya.. toh dia nonton juga biasa cuma sebentar terus bosen en mulai ngerecokin emaknya yang lagi work from home.. hahah..

Nap masih satu kali sehari en tidur malemnya yaudah pr bapaknya deh.. biasa kalo udah pulang kerja, sisuami bakalan makan, mandi, en abis itu spent the rest of the day with baby k.. Jadi mama bisa kerja.. so mama nya ini kerjanya around her nap, night time kalo ada bapake, en pas weekend.. :)

Karena kalo dia maen sendiri i feel guilty beneran.. meski kadang kalo kerjaan lagi rame banget ya mau ga mau deh.. ( lah ini jadi curcol )

Nah yang terakhir nih yaaa... ni anak super duper aktif!!! pernah kan kita taroh box di depan tv (maksudnya buat ngalangin dia supaya nonton nya ga kedeketan) eh malah sama dia dipanjat!! tuh box nya en naek ke meja tv! ampun dah!!

terus juga lagi clingy2nya.. ditinggal dikit langsung nyari.. terus kadang maunya digendong mulu, padahal udah makin berat... 12 kilo aja bo!!!

en kalo lagi jalan keluar, kita kasih dia jalan.. wadaooo... kesana kemari, kadang2 stranger aja dipegang2 ma dia.. ni anak fearless dah!! dia ga takut sama stranger!

dia suka banget sih pergi keluar gt, en kadang dia suka bawain sepatunya dia ke kita.. maksudnya minta dibawa keluar gt..  (ini keturunan bapake ini, bapake suka outdoor pake banget). 
Tapi ya begitu spring n summer pasti kok kita ajak dia explore, at least ke playground outdoor lah ya.. (sekarang sih kadang2 bawa juga dia ke outdoor indoor.. tapi jujur im not looking forward to it, soale masih saljuan)

so i think that's it for her update! 


Comments

Post a Comment

Popular Posts