Guilin and Yangshuo

Abis anter misua ke airport, bawaanya jd sedih.. Harus long distance lg, cuma natap monitor doank...
Ya untuk menghibur hati lebih baik gw tulis pengalaman liburan kemaren ke China. Mumpung masih fresh hehehe

Kita berangkat tanggal 4 january jam 5 pagi dari kuala lumpur. Sebelumnya kita tidur dulu di genting sampe jam 1 pagi lalu kita sewa taxi ke airport lcc. Sampe sana sekitar jam 3 pagi, langsung check in di counter yang ruamee banget, di sana banyak bule2 yang bawa ransel tidur beralaskan kain gitu.

Airport lcc menurut gw ga memadai banget, super padat, dan fasilitas minim. Kursi aja hampir ga ada, kalo mau duduk harus di kedai yang jual makanan.

Akhirnya setelah penerbangan selama 3, 5 jam kita sampe lah di guilin, airportnya mini banget tapi masih lebih ok dr lcc. Minimal ga crowded and mayan bersih meski toiletnya tetep aja joroookk..
Sampe sana kita udah siap2 mental, lah wong ga ada yang bisa ngomong cina.. * nekad emang kita*
Akhirnya gw keluarin kertas translate bahasa cina yang gw print kemaren. Aslinya sih gw mau nyari shuttle bus ke stasiun kereta di pusat kota, tapi ditawarin taxi dengan tarif 60 yuan dan setelah melihat bawaan kita yang segambreng akhirnya kita naik taxi juga.

Pas di jalanan tuh udah keliatan bukit-bukit karst, yang tadinya mata udah merem melek karena kurang tidur, langsung seger lagi... Excited banget lah. Selama kurang lebih setengah jam kita sampe juga di stasiun kereta.

Again antriannya super panjang... Dan bermodalkan translator app yang gw install di hp huawei, akhirnya gw nemu loket ke chengdu. Gw ada kali antri 45 menit, eh sampe di depan diserobot orang donk.. Kesel banget, bapak2 gt udah 40 tahun.. Gw ga mau kalah gw akhirnya ngoceh2 juga sama dia.. Tapi ya dia dorong2 gt akhirnya dia diladenin duluan... Grrr...
Ternyata oh ternyata pas udah di loket, tiket hard sleeper maupun soft sleeper udah sold out. Yang ada cuma hard seat (ga bisa recline). Gw langsung panas dingin. Bukannya apa, ini trip kan 24 jam, gw ga kebayang kayak gimana harus duduk selama itu tanpa tiduran. Tapi apa boleh buat the show must go on and akhirnya gw beli deh tiket ke chengdu, kurang lebih 1 juta untuk 3 orang. Emang murah meriah tapi penderitaannya ga setimpal menurut gw sih ( akan gw ceritakan terpisah hell train experience ini).

Abis beli tiket gw langsung jalan ke samping dimana bus-bus banyak berjejer dan beli tiket buat ke yangshuo. Perjalanan sekitar 2 jam, sampe yangshuo kita lanjut naek taxi ke hotel riverview yangshuo. Hotelnya depan sungai li persis. Pegawainya bisa bahasa inggris, tempatnya bersih, cuma yah kita dapet di lantai 4 tanpa lift. Kasian misuaku harus bawain barang-barang kita.. Thank you yach sayang... <3

Saking kecapekan sampe hotel kita langsung tidur, ada kali dua jam an kita bangun terus nyewa bambu rakit gitu, harganya 60 yuan untuk 3 orang selama 1 jam. Pemandanganya bagus and nyokap seneng banget karena dari dulu pengen ke guilin.gunung-gunung karst ada di kanan-kiri,

gw asik foto-foto and misua asik observasi.
Selesai darisana, kita pergi ke west street. Karena takut misua ga bisa makan akhirnya kita pilih restoran itali.  Disana kita pesen chicken pizza dan soup. Dua2 nya enak... Tapi keluar dari sana karna merasa masih lapar akhirnya kita makan  makanan india lagi. Dengan asumsi seenak restoran gurjari di indonesia, tapi ternyata ga gt enak ah... Selesai makan kita muter2in west street, kayak pasar malam gt , di gunung nya dikasih lampu sorot gt jadi walau malam tetap keliatan gunungnya. Keren dech, seru banget.

Hari kedua kita rent sepeda 10 yuan per orang, bisa dipake seharian. Hubby yang paling seneng karena dia suka biking, kita bertiga keliling2 gt di pedesaan yangshuo. Suasananya asik banget, cuaca sejuk dan cerah, terus juga pemandangan yang cantik... Tapi udah beberap jam nyokap ga kuat akhirnya kita puter balik, eh ditengah jalan suami nemu bh merah donk . Entah apa bisa ada benda tersebut di jalan... Ckcckck..

Malamnya karena doyan kita makan pizza lagi di tempat yang sama.. Jalan-jalan sebentar di west street trus istirahat deh buat besok ngelanjutin perjalanan ke chengdu via kereta.