kapannn...??

Gw suka sebel dengan pertanyaan tipikal orang Indo yang mulai dengan Kapan??

Kapan lulus??
Kapan nih pacarnya dikenalin?
Kapan kawin?
Kapan hamil?
Kapan nambah anak lagi?
kapan mantuan?
dsb..dsb..

Sejak gw disini sih ga ada yang nanya-nanya kek gt, jadinya kalo sekalinya ada yang nanya ya kita jawab nya hepi-hepi aja.. Tapi kalo di Indo tuh banyak banget pertanyaan kek gt en ditanyaain terus menerus sampe kuping jadi merah en bawaannya emosiii.. Yah yang namanya berlebihan mah dimana-mana mank ga baek..

Kalo kapan lulus sih kayaknya pertanyaan wajar lah ya en rata-rata semua juga bisa jawabnya lach.. Karena kan udah jelas nich.. kalo skrg semester 6, ya dua semester lagi kelar (kalo lulus semua)

Tapi kalo kapan kawin? ya kalo yang ditanya udah punya pacar? kalo belum? gimana bisa tau kapan kawin ? lah calon nya aja belum ada kan y? hehe..

Gw sering nih dulu dapet pertanyaan gini en yang paling sering nanya sebenernya nyokap?

"Gimana kamu udah ada yang deketin belum?"
"Udah sama si A aja kayaknya baik tuh"
"Kamu jangan terlalu pilih-pilih lah, tuh si ini kan naksir kamu"

kayaknya pertanyaan ini mulai intens sejak gw berumur 24 keatas, en baru berenti setelah gw merit ketika umur gw 28.. Jadi puas dah 4 tahun dicecar dengan pertanyaan ini hahaha..

Dede gw yang cowo juga suka nanya-nanya gw en dia berinisiatif kenal-kenalin gw.. Sebenernya anak cowo kan biasanya cuek ya, kalo dia sich beda, berasa punya ade cewe yang kepo tapi sebenernya sich dia itu orangnya perhatian..Sempat juga laki gw yang waktu itu statusnya masih pedekate di interogasi ma dia.. kerjanya apa? background nya dan segala macem.. wkwkw lucu gw liatnya.. untung laki gw ga ilfil yach hehe..

Yang jarang nanya justru bokap, tapi sekalinya ngomong langsung jleb..
"kamu kok jomblo terus? mau ikut papa terus nih? Papa sih ga masalah kalo kamu mau ikut papa seumur hidup "

Yang paling parah tuh kakaknya nyokap, tante gw lah.. kayaknya ngurusin banget soal perjodohan gw.. Sampe dia mojokin nyokap gw.. Padahal yach dia punya anak cewek yang 7 tahun lebih tua dari gw en belum merit juga.. tapi ga pernah loch nyokap gw rese n ngusik2 tentang anaknya ini.. Banyak deh kata-kata dan sikapnya yang bikin sakit hati, tapi kita sih diem aja..

Sampe akhirnya gw merit, dia yang kaget en mukanya ga hepi gt pas di seremoni gw.. Sampe laki gw aja nanya, "kenapa kok tante mu mukanya kayak gt?"

ya pokoknya kalo kita dizolimi justru Tuhan angkat kita.. Itu sih pepatah dari nyokap.. Soalnya selama ini nyokap gw itu orangnya sangat sabar.. Kalo ada yang jahat, ga pernah dia bales dia diem aja.. Tapi satu persatu tuh orang kena karma nya..

Lagian merit tuh banyak loch yang musti dipikirin.. Kalo gw ikutin kata nyokap buat sama si A,B,C.. yang penting dia keliatan baik en suka ma gw mungkin gw ga akan sehepi sekarang.. Gw punya kriteria sendiri lah cowok seperti apa yang gw mau en tentunya gw harus ada chemistry ma dia.. En puji Tuhan ditengah segala tekanan gw ga mau asal pilih en lower my standard.. Ya iyalah mau liburan 2 minggu aja persiapan kita mungkin udah banyak.. Apalagi memilih pasangan yang akan menemani kita sepanjang usia.. Buat gw juga menikah ga cuma asal suka sama suka, hayok.. eeh ntar ditengah jalan cerai.. gw sebisa mungkin sebelum nikah pilih bener-bener en nikah udah sekali aja.. (kecuali nih ya suaminya meninggal ya boleh lah merit lagi). Gw ga anti cerai kalo memang suami nya kdrt en ga bertanggung jawab.. Tapi kalo memang udah pilih bener-bener harus nya bisa menghindari hal-hal seperti itu..

Intermezzo nih yach, yang bikin gw akhirnya mutusin sama laki gw : Sebenernya sih kalo buat gw fisik yach nomor kesekian dech tapi tante gw dulu bilang kalo cari suami minimal yang good looking lah biar ga bosen liatnya tiap hari, hahah.. ya anggep lah ini bonus.. Secara fisik sich laki gw ini ganteng, mancung,tinggi, badannya tegap, perut six pack, en senyum nya manis..

termasuk ganteng lah ya hehe
Anyway kalo alesannya cuma ganteng mah didunia ini banyak yang lebih ganteng dari dia (tapi yang mau ma gw cuma dia hahaha :P) , sesungguhnya gw merit ma dia karena sifatnya baik, ramah, sopan,  hormat sama orang tua en nyambung ma gw.. Mau ngertiin gw, mau kerja keras, pinter, en sayang keluarga.. Juga dia ga macem-macem, ga aneh-aneh yang mabok lah, judilah, maen cewe lah, dugem lah dll..
hobinya kerja en belajar! en dia orangnya bersih! penting banget tuh, gw pasti ilfil sama cowo yang jorok.. ga kayak cowo cowo lain yang agresif dia ini termasuk pemalu.. malah sifatnya dia inilah yang menurut gw menarik..hehe..

Jadi intinya yach sebisa mungkin ga usah nanya-nanya terus deh kapan kawin, ini jadi pembelajaran buat gw nich.. Gw ga pernah nanya ke orang yang jomblo-jomblo kapan mereka merit? kecuali gw tahu dia udah punya pasangan en gw cukup deket ma tu orang baru deh gw nanya hehe.. ( en jangan lupa undang gw donk ye hehe)

Lagian menurut gw mau menikah atau tidak itu pilihan tiap orang.. Banyak kok yang single en hepi-hepi aja.. Ga ada beban, musti ngurusin suami, ngurusin anak, bebas kemana aja mau ngapain aja.. Banyak juga single yang mengabdikan hidupnya untuk orang banyak seperti pendeta wanita yang gw kenal di Bali.. Dia menampung, mengurus, dan menyekolahkan ratusan anak yang tidak mampu di Bali. Orangnya cantik padahal tapi memang hatinya untuk Tuhan dan anak-anak itu..

Nah kalo dah merit pasti deh pertanyaannya ga jauh-jauh dari "kapan hamil?"

Kalo di gw sendiri sih, gw sempet dapet pertanyaan ini tapi ga sering.. Karena gw udah tinggal disini kali ya? Ortu juga ga ambil pusing, mereka baru belakangan ini aja sering nanyain.. sebelumnya sih ga juga..

Anak itu kan anugerah Tuhan ya.. Usaha pastinya tapi tetap semua itu di tangan Tuhan.. Sebagai cewek dalam sebulan ovulasi cuma sekali, en windownya itu cuma 48 hours kalo ga salah.. Jadi bener-bener waktunya harus tepat untuk bisa konsepsi.. Itupun belum tentu jadi..

Selain cewek n cowoknya harus sehat juga banyak banget faktornya, sampe kalo udah hamil pun resiko bermacem-macem..hamil kosong, keguguran, anak kelilit tali pusar, still birth, dll.. Selain hepinya, kuatirnya juga banyak loch selama kehamilan. Belum lagi ga semua orang dapet hamil yang enak, ada yang harus bedrest selama 9 bulan. Ga mudah loh punya anak ini.. Apalagi gw baca-baca di blog orang ada yang sampe keguguran berulang kali, ngejalanin ivf yang mahal en tetep gagal, udah berobat kesana kemari ke sinshe dll..

Perasaan mereka pasti sedih banget lah kalo sampe ada yang nyinyir nanya "kapan nih mau punya anak?"padahal usaha udah maksimal..

en again punya anak atau ga tuh juga pilihan hidup, ga selamanya pasangan yang ga punya anak ga hepi.. bisa jadi mereka lebih hepi.. Double income dan ga ada tanggungan, bebas, ga stress mikirin ulah anak , dll..

Udah ada anakpun nyambung lagi ke "kapan anak ke-2?" dan terusss aja ga ada abisnya dech hehe..

Kalo pertanyaan ini dari orang yang emang bener perhatian ke kita sih ga masalah tapi kebanyakan orang tuh cuma mau nyinyir aja..

Jadi sekarang kalo ketemu orang ga usah lah pake basa-basi, cukup "apa kabar?"


sekian dan terimakasih

Comments

  1. huh? I thought i commented yesterday... kok ngga masuk ya? Anyway... KAPAN lahiran nya bu?? wkwkwk.... ;p ntar kasih tau ya kalo udah tau ce/co nya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perkiraan akhir september nih, masih lama hehe.. Oh ya ntr pasti aku kabarin deh ce/co nya.. udah ga sabar juga pengen tahu gender nya nich..

      Delete

Post a Comment

Popular Posts