Tiger Mom?

Sebagai first time mom to be, gw jadi banyak browsing en baca sana sini.. Suatu hari gw nemuin review mengenai buku "Hymn of tiger mom" by Amy Chua.. Pas baca review nya yang controversial gw malah tertarik en beli tuh buku.. Dalam sehari aja udah ludes gw baca bukunya.. Isinya menarik
tapi menurut gw terlalu ekstrim ya.. Apalagi gw tumbuh dengan nyokap yang sama sekali bukan tiger mom n i'm thank God for that..

Sekilas mengenai nyokap, Meski pun hobi masak en masakannya enak banget tapi nyokap bukan tipe ibu ibu rumahan yang demennya beberes, ke salon, atau bikin-bikin craft.. Tapi hobinya kulineran (tiap hari pasti ada pempek), dengerin musik, jalan-jalan (pake ala backpacker juga ga masalah), en shopping. Nyokap tipe sederhana en mengalir aja dalam hidup.. ga pernah neko-neko minta ini itu sama bokap.. Sama anak-anaknya juga nyokap ga pernah maksa kita ini itu.. Kita memang di les in macem-macem, mulai dari renang, tenis, kumon, piano, cuma balet yang ga dikasih sama bokap padahal gw pengen (gara-gara baca komik mari-chan) karena takut betis gw ntar gede.. haha.. Tapi saat gw berhenti piano pun nyokap nyantai aja, karena memang gw ga bakat di music! out of tune! kalo nyanyi aja gw fals.. pokoknya segitu parahnya gw ! jadi buat apa diterusin les? beda sama ade gw yang cowok, cuma les gitar beberapa bulan udah bisa improvisasi macem-macem en maen di band sekolah.. karena ya dia memang bakat di musik.. Bahkan bisa nyari nada cuma dari ngedengerin aja.. beda banget ya ma gw.. Sampe sekrang aja kalo gw karaoke an masih fals hahaha..

Secara akademis nyokap selalu ngajarin kita sih sore-sore menjelang malam gt, tapi kita juga dikasih waktu main, boleh pergi main ma temen, boleh ke sweet seventeen, en dah smu boleh nginep di tempat temen.. Gw ga kebayang kalo pas smu gw ga boleh bergaul, duh sengsara bener secara masa-masa itu tuh sangat menyenangkan buat gw..

Tapi meski santai, nyokap gw punya prinsip yang sangat kuat, terutama kita ga boleh narkoba en yang cewek harus perawan sampe merit. Mau cium kek, peluk kek, ga masalah yang penting ga kasih itu dulu.. En nyokap sangat kuat agamanya.. Jadi kalo misalnya kita curhat nih lagi ada masalah ini itu, pasti nyokap yang nguatin, udah kamu doa, manusia ga bisa apa-apa tapi Tuhan bisa.. I think that's the best quality of mom, yang ngajarin kita untuk selalu berpegang pada Tuhan, yang selalu ada untuk kita anak-anaknya, dan suporter yang luar biasa.. Bonusnya nih ya, nyokap gw orangnya lucu banget en berjiwa muda.. Tipe sanguinis banget sih kalo gw bilang.

Jadi nih kalo menurut buku nya si Amy Chua ini, nyokap gw termasuk western parenting, yang ga sekeras Chinese parenting..

Apa bener di Asia itu didikan sekeras itu? Kalo menurut gw sih tergantung angkatannya yach.. Kayak kakaknya nyokap yang paling gede tuh bisa dibilang tiger mom (beda 13 tahun sama nyokap). Lebih dari itu kali ya, anaknya kalo macem-macem dihajar sama congklak en bulu ayam. dipukul sampe merah-merah.. Padahal anaknya dua-duanya cewek, kalo zaman skrg sih bisa dibilang itu tuh child abuse.

Meski begitu anak-anaknya sukses loch sekarang ini.. Yang pertama lulusan tehnik mesin, Cumlaude dari UI. begitu lulus langsung diincer perusahaan-perusahaan gede. Sekarang sih dia menikah sama orang perancis en tinggal disana.. Memang sih sepupu gw ini brilliant, tapi orang nya agak arogan menurut gw.. Entah mungkin karena dia pendiem atau usia kita yang beda jauh, jadinya gw ga deket sama dia.

Tapi yang gw kagum justru anaknya yang kedua, lulusan FK-UI, dokter spesialis mri n rontgen, pinter banget.. gajinya bisa 1M pertahun nya. Meski sukses secara karir en finansial, tapi orangnya tuh sederhana, rendah hati, berjiwa sosial en ramah juga care sama orang lain, pinter bergaul lah. Pas nyokap nya (yang mana kakaknya nyokap) tuh kena kanker payudara, dia yang ngerawat en dia juga ga ragu keluarin uang nya untuk biaya berobat maminya.. Emaknya mau apa aja dia beliin, perhatian banget dia sama emaknya en meski yach dia udah sukses begitu dia tetep respek n ngedengerin apa kata maminya.. Ga ada tuh dia beli beli tas branded atau barang-barang yang mahal, padahal mah duitnya banyak.. Satu lagi dia selalu belajar, pernah pas imlek, gw liat dia lagi baca-baca buku kedokteran gitu.. salut gw ma dia padahal dia udah ga kuliah lagi tapi terus mengupgrade diri.

Meski pas kecil ibaratnya disiksa ala tiger mom tapi ternyata sepupu gw dua-duanya sukses dan tetep sayang sama nyokapnya. Jadi ini lah contoh nyata tiger mom yang berhasil..

Tapi ga semua anak bisa diperlakukan seperti itu, gw baca di berita ada anak yang ngebunuh orang tuanya karena tertekan harus selalu dapet A.

gw rasa itu semua berpulang ke masing-masing orang tua dan anak sih yach.. Pasti tiap orang tua pengen yang terbaik buat anaknya, pengen anaknya sukses dan bahagia.. Tapi ga semua anak bisa dikerasin.

Gw sendiri belakangan ini suka diskusi sama f mengenai parenting style kita ntr enaknya gimana? kalo f sih dah keliatan lah gaya dia western banget.. Gw sendiri? Gw masih belum tahu, yang pasti gw ga akan terlalu manjain mereka.. Emang sih kalo di Asia salah satu kunci untuk sukses itu pendidikan yang baik, karena hidup lebih keras, penduduknya banyak, persaingan ketat, dan angka kemiskinan yang tinggi.  Kalo dibandingin di negara barat yang ga usah pinter-pinter amat juga hidupnya bisa lumayan (dalam artian asal mau kerja masih bisa makan lah, ada welfare segala macem, gw kenal orang indo yg jadi waitress disini tapi bisa beli LV segala).

Meski begitu gw ga mau anak-anak gw terjebak di comfort zone, apalagi zaman sekarang ini segala sesuatu berubah begitu cepat, belum tentu di zaman anak-anak gw kelak keadaan dunia barat masih senyaman sekarang. Jadi penting banget untuk membekali diri mereka dengan ilmu kehidupan. Bukan sekedar dapet ilmu en nilai bagus di sekolah, tapi punya daya pikir yang créative en problem solving, berani, jujur, juga care sama lingkungan dan orang lain. Intinya berkarakter yang baik dan untuk itu sebagai parents tentunya gw harus bisa memberi contoh.

Gw sendiripun jauh dari sempurna dan masih terus belajar, tapi gw akan coba semaksimal mungkin untuk menanamkan sifat dan karakter yang baik untuk anak gw. Gw akan terus mengejar mimpi gw, karena gw ga mau karena gw ga mencapai apa yang gw mau jadinya gw bales dendam ke anak gw, mereka yang harus mencapai mimpi gw, bukannya mimpi mereka sendiri...

Tapi lebih dari segalanya gw berdoa dan serahkan kepada Tuhan, semoga gw n f bisa menjalankan peran kita sebagai orang tua sebaik mungkin



Comments

  1. aku punya buku ini...dikasih org bertaun2 lalu....sampe skrg males baca...mungkin bakalan aku donate kali even before I read it..hehe...

    ReplyDelete
  2. haha sama donk kdg punya buku ga kebaca2 :p menarik loch Nad isi bukunya , kalo sempet dibaca aja dulu sblm di donate haha

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts