Trimester pertama kehamilan

Akhirnyaaa masuk juga ke trimester dua....

Masa-masa kehamilan pada trimester pertama rasanya lamaa sekalii! Menunggu dari hari ke hari seperti tidak berujung, penuh drama pula!

Saat kemarin test pack bergaris dua, usia kehamilan sudah masuk minggu ke-5 menurut HPHT (hari perkiraan haid terakhir). Belum terasa perubahan berarti, badan masih enak, masih kerja seperti biasa... Malah nafsu makan meningkat drastis, meski begitu jadi gampang capek, dan bawaannya mau tidur terus.. Saat itu sebenernya masih ragu apa betulan hamil? karena perut sering kram seperti mau datang bulan..

Minggu ke-6

Dimulailah drama itu, drama ibu-ibu hamil yang kayak di tv-tv.. Gw mulai eneg en ga nafsu makan.. Ga jackpot sich, cuma ya lemes, mual seharian.. Sampe-sampe gw bilang ke boss gw, kalo gw mau keluar dech.. Tapi ternyata doi sih baik, gw dikasih leave.. ntr kalo dah enakan gw boleh balik lagi kesana.. iih baik banget ya, padahal gw kerja juga baru 3 bulan.. Gw jadi terharu loch beneran.. Karena benernya juga gw pengen tetep kerja sich, dirumah doank selama 9 bulan kebayang ga tuh bosennya? Puji Tuhan deh ya.. :)

en entah kenapa gw craving banget sama pizza en fish burger? ada sih gw makan beberapa kali tapi ga mau banyak-banyak karena takutnya ga bagus buat perkembangan bayi..

Minggu ke-7

Eneg nya makin parah, minggu ini termasuk terparah selama trimester 1 ini.. Mualnya bisa seharian, bisa juga malem doank.. Lebih ke malem sih tepatnya, sblm tdr tuh bisa eneg banget.. Bangun-bangun besok Paginya malah udah enakan.. Berat gw turun sekilo masa? padahal meski eneg2 gw terus paksain makan, karena gw ada maag.. gw takut maag gw kambuh, bisa lebih parah lagi mualnya.. Nafsu makan yang pasti berkurang drastis, sampe gw ngeliat chanel nya maangchi di youtube aja eneg loch, padahal gw biasa setia ngikutin acara masak-masaknya doi. Ngeliat brosur makanan Indo juga bawaannya mual, padahal brosur doank bukan makanan beneran.. ampun dech.. Sama suami dibikinin teh jahe sama madu, mayan berkurang sih eneg nya tapi ya tetep.. Ya gw sih sugesti diri sendiri aja, kalo ini tuh sebuah proses, yang nantinya juga pasti akan berlalu. demi si bebi, ya gpp dech eneg2..

En semenjak hamil nih ya mimpi gw kok kayaknya aneh-aneh en berasa vivid banget.. pokoknya aneh deh, udah gt hampir tiap hari lagi gw mimpinya..


Minggu ke-8

Minggu ini pertama kalinya gw cek ke dokter.. Jadi disana gw diobok-obok abis dah! gw sih ga tahu di Indo kayak gimana.. Tapi disini gw diinterogasi, riwayat penyakit gw en keluarga, sampe ke kakek nenek gw ada sakit apa dll.. Terus baju dicopot semua, telanjang bulat deh en payudara diperiksa.. Yang paling ga enak tuh gw di cek pap smear.. Gw awalnya ga mau, tapi menurut obgyn gw ini tuh mandatory.. Jadi gw dimasukin alat dongkrak gt ke bagian bawah..

kayak gini alatnya 

Rasanya sakit gilee, cuma 10 menit sih palingan, tapi jadi 10 menit terlama dalam hidup gw... Tujuannya itu untuk ngambil cairan di dalem, untuk ngeliat ada kanker atau sesuatu yang aneh-aneh ga...

setelah ini gw usg transvaginal, gw yang tadinya mikir mau usg perut aja ga mau lewat bawah.. Tapi ternyata usg tv ini ga ada apa-apa dibandingin cek pap smear diatas.. ga lama langsung kita ngeliat baby gw untuk pertama kali nya.. Bentuknya masih kayak gummy bear dan udah 8 week 5 days.. Laki gw sampe bengong ngeliatnya, terus dia seru sendiri bilang "itu yang kedip-kedip heart beatnya yach", perasaan gw sendiri senengnya bukan main loch..

begitu selesai gw diambil darah 5 tabung gt.. gw seumur-umur ga pernah ambil darah, tapi susternya pro apa gw yang jadi mati rasa sejak di pap smear.. Ga berasa sakit sama sekali..

gw juga pas minggu ini kena radang tenggorokan en dikasih flu shot, terus dikasih öbåt.. En untuk mualnya gw dikasih vitamin b6 25mg and unisom..

Gw minum sih untuk beberapa hari en lumayan ngebantu banget untuk mualnya, gw juga jadi bisa lebih makan..

Di minggu ini juga gw share berita kehamilan gw.. byk orang sih yang bilang untuk nunggu sampai trimester dua karena resiko miscarriage tuh tinggi pas trimester 1. Tapi gw tanya dokter nya gpp kok di share.. Karena meski masih 8 week tapi kalo dah di usg dan ada heartbeat nya risk of miscarriage drop jadi 2%, compare to 4/5 week yang risk nya bisa 60%. Lagian gw juga bingung kalo ditanya orang? masa boong? yauda announce aja sekalian biar didoain hehe...

Minggu ke-9

Rasa mual sih masih ada meski ga separah minggu minggu sebelumnya tapi gw stop makanin vitamin nya, biar ga kebanyakan obat... Gw juga sejauh ini ga jackpot samsek. Gw kepikiran pengen balik gawe di minggu ini, tapi sama laki gw belom boleh.. ya nanti dech tunggu masuk trimester dua.. Yang gw rasain banget di minggu ini, emosi gw kayak roller coaster... Gw juga bawaannya parno, pas mual -mual berkurang gw malah takut ini jangan2 anak gw kenapa2 lagi.. sampe gw telpon in obgyn nya dan kata dia sih gpp, mustinya gw malah seneng.. Ya belum ilang sama sekali sich mual nya, tapi udah mayan berkurang banget meski tuh vitamin b6 dah ga gw makan lagi samsek.

hasil tes lab nya semua bagus, tapi gw harus pap smear lagi tahun depan.. Moga-moga ga ada apa-apa yach..

Minggu ke-10

Masuk minggu ke-10 ini laki gw kena heartburn and dia muntah-muntah... Dalem ati gw, ini yang hamil siapa yang muntah siapa ya? eh besokannya gw yang ga enak badan banget en akhirnya jackpot juga, terus udah enakan gw tidur.. ehh beberapa jam kemudian bangun en jackpot lagi.
Ampun dah... Gw paling sebel kalo harus jackpot karena ga enak di tenggorokan udahannya, tapi sih kalo ga dikeluarin rasanya lebih ga enak lagi. Berat gw juga so far malah turun 2 kilo.. Kalo lagi ga hamil mah gw seneng kali y, tapi kalo skrg gw malah kuatir.. Padahal makanan tuh dah gw paksa masuk loch, biarpun nafsu makan sudah sirna seutuhnya. Untuk menghibur diri gw rajin ngeliatin pregnancy apps.. si bebi sekarang udah segede kumquat loch.. Amazing banget padahal 5 minggu lalu masih sebesar sesame seed hehe.. :) Memang ajaib ya tangan Tuhan..

perbandingannya ukuran bebi at 5 weeks and 10 weeks
jerawat juga jadi banyak bermunculan, asli muka gw biasanya ga pernah separah ini.. paling satu apa dua kalo lg pms terus ilang.. Sekarang muncul dimana-mana, termasuk di punggung.. sebel deh..

Minggu ke-11

Hidung gw sempat tersumbat bikin sesek nafas kalo malem, yang ada gw jadi ga bisa tidur.. Tidur juga kebangun-bangun mulu akhirnya gw kena migren.. duh efek domino banget sih nich.. Mana migren, gw paksain makan biar ga mual.. Tapi karena ga nafsu akhirnya gw skip en ujungnya mual2 dech...

Minggu ini cukup kelabu tapi yang menghibur gw adalah keponakan gw lahir di minggu ini.. Ngeliat dia begitu Lucu, bikin gw semangat kalo ntar kurleb 6 bulan lagi gw juga bisa menimang bayi gw yang di dalem perut ini.. There's a light at the end of the tunnel.. Yang sabarrrr....

yang juga bikin gw tetep tersenyum adalah si hubby (bener deh support partner tuh penting banget pas masa kehamilan gini..) dia bilang meski belum liat tapi dia udah sayang banget ma si bebi ini.. *melelehh*

Mungkin gw cemen ya, hamil aja kayaknya sampe tepar banget gini.. Tapi gw ga mau kalo ada yang baca ini jadi takut hamil.. Karena ga semuanya kek gw kok..Ada yang enak hamilnya, kalaupun harus ngalamin ga enak, ya gpp juga karena toh semua ini hanya sementara dan akan terbayar lunas begitu kita ngeliat bebi kita lahir ntar..

Tetap semangat!

Minggu ke-12

Cek lagi ke Obgyn en kali ini prosesnya cepet banget.. Ukur tensi en timbang berat badan, gw turun 3,2 kg coba?? Terus ngedengerin heartbeat nya si bebi.. Si bebi nya aktif banget gerak gerak mulu.. Sampe obgyn nya boläk balik nyari tiga kali.. Pas ngedengerin heartbeatnya gw jadi merinding,  hubby juga ekspresinya priceless.. :)

Aah makin cinta deh ma si bebi <3

Ya Tuhan senengnya , semoga terus sehat dan bertumbuh sempurna ya kamu nak.. :)

Minggu ke-13

Tepar lagi.. gara-gara nonton Logan, pulang-pulang masuk angin kayaknya... Tapi ya cuma dua hari sich maboknya, migren nya, sama eneg nya.. sisanya sich minggu ini termasuk enakan.. Cuma tidur aja yang masih susah, kalo tidur juga kebangun-bangun en masih dengan mimpi-mimpi yang ga jelas.. salah satunya nich ya, gw mimpi lagi ada diranjang gw sambil maenin hp en terus gw berasanya kok nich ada anjing tetangga naik ke ranjang gw terus duduk dibawah selimut gw.. Gw sih ga jelas liat bentuk anjingnya soalnya dalem mimpi itu gw ngantuk berat.. haha aneh banget ya masa dalam mimpi bisa ngantuk??

oh ya menurut obgyn gw sih rata-rata morning sickness tuh ilang by the end of this week.. Ya mudah-mudahan aja yach :)

Itu pengalaman gw selama trimester satu kemaren and how's hubby?

Bless his heart, support dia bener-bener ngebantu gw.. banget! Dia yang selalu setia meratiin en beliin gw buah-buahan.. karena yach gw ga gt bisa makan kecuali buah-buahan (apel, pisang, avocado, semangka,jeruk,pear). Doi juga mau ngerti kalo gw jarang masak selama periode ini (paling masak yg gampang kayak spaghetti atau sup, itupun rasanya gak tahu deh soalnya ga nyobain hahaha).

Kalo gw cerita tentang si bebi, eh hari ini udah segede ini loch anaknya.. dia yang langsung senyum-senyum sumringah.. seneng banget kayaknya dia.. hehe..

Ga cuma dia sih, gw juga keluarga besar kita seneng banget dengan adanya si calon bayi ini..

Meskipun ga enakk saat dapet all day sickness yang parah but i'll do it again in a heartbeat...

Thank you God :)




Comments

Popular Posts