Pejuang Asi!

Dari pertama kali si bayi latch on di rs rasanya udah nyeri banget, terutama yang kanan. Setiap 3 jam sekali si baby nyusu gw menahan rasa sakit..

Belum lagi karena gestational diabetes, gula darah baby k rendah! Sedangkan supply asi gw belum mencukupi. Udah pompa segala sampe 30 menit dapetnya ya ampunn ga sampe 20 ml, sampai terpaksa di top up fomula baru deh gula darah baby k normal.

Setelah mengalami sakitnya menyusui ditambah baby k udah formula, gw pengen nyerah aja.. Tapi pihak rs gw lahiran ini sangat pro breastfeeding jadi sama nurse nya gw "dipaksa" untuk menyusui, sampai dijadwalin kelas laktasi segala. Setelah dua kali sesi  dan berkesperimen dengan berbagai posisi, akhirnya mulai terbiasa menyusui. Masih nyengit tapi di awal -awal aja, udah beberapa menit ya udah biasa aja..

Untuk menambah jumlah asi gw coba pake fennel essential oil n juga power pumping.. alias pump 10 menit, break 10 menit lalu lanjut lagi 10 menit sampe setengah jam and it works!! jumlah asi jadi banyak!! yay!! mama hepi!!

Tapi ternyata itu semua barulah tahap awal dari perjuangan yang sesungguhnya...!

mamanya udah ga karu-karuan disini tapi masih senyum.. Baru beberapa hari pulang dari Rs.. Masih masa pemulihan ditambah begadangan, plus memperjuangkan Asi! Sungguh masa-masa yang luar biasa! tapi semuanya mama jalani dengan ikhlas demi anak!

Minggu ke 6 setelah melahirkan, si bayi tiba-tiba mogok nyusu langsung.. begitu dideketin dia udah nangis aja.. yang ada pay*dara gw merengkel sejadi-jadinya.. karena asi produksi terus sedangkan bayi menolak. Gw pikir di pompa aja kelar gt.. ternyata kagak!! karena pompa tidak seefektif hisapan bayi dalam mengosongkan payud*ra.

Makin lama makin sakit en gw frustrasi, kata nyokap dikompres pake nasi panas.. tapi ga ngefek juga.. Dari hasil googling harus dipijit sama kompres air panas.. yaudah gw cobain.. enakan dikit tapi tetep sakit, payudar* udah kayak batu, en kena senggol dikit aja sakitnya minta ampun! berhari-hari gw alamin ini.. sampe akhirnya sama laki gw dipijitin terus sambil dipompa yang mana cukup membantu tapi sakitnya jangan Tanya!!!

Setelah dipijit rasanya lega banget tapi beberapa hari kemudian ternyata  tersumbat lagi karena si bayi masih ga mau nyusu langsung... Akhirnya udah jadi rutinitas tiap saban hari di pijit suami sambil gw join support group untuk breastfeeding demi si bayi mau nyusu langsung lagi..

Sampe suatu hari pijetan suami tiba tiba ga mempan en berhari hari gumpalan asinya ga ilang-ilang  en gw takut kena mastitis juga.. gw frustrasi banget tapi dikasi tau temen kalo ada milk blister harus dipecahin atau ditusuk jarum. Milk blister itu kayak dot putih gt di nipple .. n gw liat ternyata mank ada satu n stlh dipencet langsung deh kempes tuh bagian yang kerasnya n asinya mengucur deras..

sejak saat itu gw tiap hari ngecekin for milk blister , kalo ada langsung dipecahin sebelum parah (ini jauh lebih efektif daripada pijat) en jadwal pumping juga gw bikin teratur tiap 3 jam, plus minum lecithin (manfaat lecithin untuk mengencerkan asi)

Akhirnya saat si baby 4,5 bulan baru deh mulai lancar semuanya alias asi ga tersumbat2 lagi.. praise God! Kalau mampet pun paling sebulan sekali!

Puji Tuhan, target awal 6 bulan sudah terlewati!

Meskipun setengah mati tapi gw tetap perjuangkan tentu karena benefitnya, yang paling bagus tentunya bisa menyusu langsung.. Karena ga perlu repot nyuci perintilan pompa en botolnya, juga bonding sama bebi nya lebih dapet. Tapi apa daya ternyata gw ga bisa langsung so terpaksa pompa &perjalanan pompa ini pun selesai saat si bayi berusia 9,5 bulan.

Kepengen nya sih bisa sampe setahun tapi perlahan jumlah nya menyusut sampai-sampai cuma dapet 50 ml dalam 20 menit? Biasanya bisa dapet 150-200ml. Ya sudah akhirnya gw putusin untuk berhenti karena si baby k juga sudah di top up dengan formula dan sekarang full formula. Kalau sudah setahun nanti akan diswitch ke cow milk or yoghurt, ini juga udah gw bahas sama dokternya.. Kalo setahun susu bukan makanan utama lagi tapi hanya penunjang untuk kalsium. Sumber nutrisinya nanti akan dari makanan seperti kita-kita. Tapi kalo yang asi yach boleh banget diterusin sampe 2 tahun karena benefitnya yang ga didapetin dari formula!

Gw bersyukur sekali sudah bisa melalui tahapan ini, tahapan yang ga gw sangka-sangka ternyata berat! Menurut gw sakitnya hampir sama saat kontraksi saat melahirkan.. sampe gw meringis2... ga pernah in my life kepikiran bisa sesakit itu dalam proses menyusui... (makanya kudu harus mesti sayang sama mama ya, udah hamil, ngelahirin, menyusui, en ngegedein anak tuh perjuangan nya tidak mudah!)

Tapi tentu ga jadi kapok kok buat punya anak lagi donk hehe.. Meski ga dalam waktu dekat, ga sanggup ngurusnya kalo jaraknya terlalu dekat.. Kalau Tuhan ijinkan tahun 2020 bisa nambah lagi (ditulis disini karena katanya kan tulisan itu bentuk doa juga :) )

Semoga ini menjadi pembelajaran buat gw ke dépannya ya, Amin!

Comments

Popular Posts