Pro and Cons living in North Dakota

If you love snow and cold, this place for you! as ND get 6-8 months of winter per year! Tapi jangan bayangin hujan snow yang romantis n unyu-unyu yah secara di sini saljunya ganas! Tebal, dingin abis (minus sampe 40 c kadang), berangin, en suka blizzard a.k.a badai salju yang bikin jarak pandang terganggu! Kalau mau aktivitas di luar rumah kudu pake thermal, jacket, winter coat, mitten, hat, and boots! karena tanpa proper gear kalo pas lagi dingin- dingin nya .. di luar 30 menit aja udah bisa kena frostbite! serem kakak!

Well bagusnya karena cuaca nya kayak gt jadi ga ada homeless dijalanan.. mereka di shelter semua kalau lagi winter! Kalo summer sih ada lah satu apa dua di jalanan gt.. tapi ga sampe bikin tent city kayak di Seattle sana!

Ya kurang lebih begitulah gambaran cuaca di North Dakota and i've been staying here for 4,5 years to date! 2,5 tahun di Grand forks yang dinobatkan sebagai pemilik cuaca terekstrim di seluruh Amerika Serikat dan 2 tahun di Fargo yang menempatkan posisi ke-2 juga sebagai cuaca terkekstrim di Seluruh Amerika Serikat. Jadi sudah mumpuni lah ya untuk gw bisa share apa aja sih plus minus nya terutama sebagai imigran dari Indonesia.

Positif nya dulu deh..

1. Gak Macet

You can go anywhere within 15-20 minutes..

2. Great air condition

Kondisi udaranya bagus sekali disini karena minimal polusi

3. Low cost of living

You can rent 1 b/r apt for 500$/ month compare to seattle yang bisa mencapai 1700$/mth.. Disini juga income tax nya low..

4. relatively safe place to live and have a family

Ok kayaknya itu positif nya yang i can think of, ga banyak.. i know.. lol!

Sekarang negatifnya

1. Weather

Seperti yang gw bilang diatas.. tapi ga cuma winternya aja yang ekstrim, kadang kalo lagi summer panasnya juga ekstrim.. Sampe-sampe gw ga sanggup under the sun for more than 30 minutes kalo lagi heat wave. Lalu banyak nyamuk kalo lagi summer! but the biggest cons for me ya winter nya itu loh.. apalagi tahun lalu pas polar vortex! gile bener! untunglah skrg gw dirumah n work from home too.. That helps! but still sucks karena kalo mau kemana-mana ribet!

2. Flat

Ga ada gunung atau bukit.. sepanjang jalan memandang cuma ada prairie.. kalo lagi nyetir di tol gt berasa di lautan karena flat abis sampe keliatan cakrawala nya.. Buat gw yang tinggal di Jakarta kalo dulu wiken suka ke Puncak / Bandung.. agak disturbing sih ini sebenernya.

3. Lack of Nature

Selain ga ada gunung juga ga ada pantai.. en i love love LOVE being in the beach cuma buat sekedar nyantai atau ngeliat sunset.. Ada lake sih tapi harus nyetir sekitar sejam an en most of the time the lake frozen or too cold to swim! bahkan winter activity kayak skiing sometimes too cold in here! orang sini palingan demen hunting n fishing n we don't like those!!

4. Lack of entertainment

Ga ada Theme Park at all.. the closest one in Minneapolis. Zoo nya ada tapi kecil n the animal look depressed. Kayak cuman 30 menit udah kelar dah kelilingin itu zoo.. Mall nya juga ya gt deh.. sepi n ga banyak pilihan.. basi beneran haha!

5. Lack of food scene

Sebagai seorang foodie gw suka banget pergi kulineran.. Kalo di Indonesia habis pulang gereja pasti deh kita pergi makan keluar.. Tapi disini ga banyak pilihan, ujung2nya ya itu lagi itu lagi.. boro-boro bisa nemuin resto Indonesia disini.. Cuma ada satu resto Thailand, 2 resto Vietnam, 2 resto India, kalo Chinese food (buffet) ada mayan beberapa, sisanya ya makanan barat or mexico gt.. Ga ada tuh restoran Korea atau dimsum disini.. Kalo kangen dimsum biasa beli hakau beku gt di Asian store terus kukus sendiri.. Siomay juga ada, tapi ga ada lo ma kai my fav huhu.. beginilah nasib tinggal jauh begini.. Solusinyaa yah masak sendiri!! tapi kadang si suami belum tentu doyan sama experiment gw.. waktu itu bikin lemper, eh si suami ga doyan! jadi deh ngabisin sendiri tuh sebanyak apa tau.. sampe eneg ga mau makan lemper lagi! hahaha!

6. Lack of community

Ada beberapa orang Indonesia yang gw temui disini.. Mereka baik-baik en kadang kita suka kumpul.. but yah to be honest i don't really feel connected with them. Gw juga nyobain satu gereja disini tapi again gw merasa this isn't for me.. jadi gw rindu banget untuk punya komunitas dimana gw bisa bertumbuh dan create a meaningful friendship. Selama ini komunitas gw ya secara online tapi gw pengen punya komunitas irl where we can talk face to face.

7. Isolated

Secara geography ini ya.. jarak kota terdekat 4 jam dari Fargo kalau mau ke Minneapolis atau 3,5 jam kalau mau ke Winnipeg di Canada. Karena ini juga ga ada direct flight dari sini (kecuali ke vegas) pasti harus stop di Minneapolis/ Chicago/ Denver. On top of that ya harus bayar additional money to fly, most likely 100$-200$ more.

8. Lack of opportunity for our field

Kalau buat gw sih sebenernya i can work from anywhere tapi kadang kalau mau pameran gt it helps kalo gw tinggal di kota gede yaa secara mereka lebih banyak event gt. Tapi suami gw yang kerja di bidang tech tentunya ga terlalu banyak pilihan.. Terus terang he got a good pay compare to our cost of living here en bos nya asli super baek banget! tapi gw juga tahu di company nya sekarang kesempatan untuk bisa grow itu bisa dibilang non existent.. Gw juga pengen punya lebih banyak opportunity for baby k to max her potential (whatever it is).

I'm thankful for the experiences to live in ND but to be blunt my time in Grand forks probably the worst experience i ever had. Gw datang des akhir 2014 and nosedive to bitter winter. it was hard, i don't have family or friends, i can't work yet, suami sibuk kerja n kuliah and i was living on campus (berisik, gedungnya tua, n kayaknya rada berhantu) for 1, 5 years. Setelah pindah ke Fargo, things got better but still i never felt like home here.

we're looking forward to relocate.. not sure where yet or when but hopefully soon and i pray to God hopefully before winter this year! Amen!



Comments

  1. Minus nya, masih ada hailstorm ya??? Aku barusan ke Seattle... ngga begitu rame jg ya... cmn cuaca nya aku bener2 ngga suka... mendung terus... km pindah NJ aja lah say... ngga rame jg ngga sesepi d ND... cmn income taxnya tinggi sih d banding state lain2 nya...

    ReplyDelete
  2. Iya Nad kita masukin New Jersey juga skrg ke list kita hehe.. tinggal doa deh kira2 Tuhan mau kita melangkah kemana.. but i really hope sih bisa pindah before winter this year..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts