#1 My story

Gw lahir di Indonesia dan besar disana.. Sebagai kaum double minoritas (kristen dan keturunan chinese) di negara yang mayoritas Islam. gw mengalami dan menyaksikan banyak kejadian miris.

Mulai dari hal-hal "kecil" seperti diteriaki : "cina", "amoy", "sipit".. Sampai ke kejadian yang bikin trauma "kerusuhan 98". Gw beruntung pas kerusuhan di daerah tempat gw tinggal dijaga oleh tentara sehingga kita utuh dan selamat. Tapi tante gw mobilnya kena dibakar.. lalu yang paling mengenaskan adalah para wanita keturunan yang diperkosa!

Tidak semuanya seperti itu tentunya, gw punya banyak teman pribumi dan muslim yang baik banget... Yang mudah terprovokasi biasanya adalah golongan yang kurang terpelajar, yang susah secara ekonomi (sehingga bisa diiming - imingi oleh nasi bungkus untuk melakukan tindakan "gila"), yang tidak mau membuka diri dan biasanya dari kecil sudah didoktrin. 

Tentunya ada juga kaum terpelajar yang ekstrim karena mengikuti aliran-aliran tertentu. Ga usah jauh-jauh deh sepupu gw sendiri nih seperti itu. Sangat fanatik agama sampai-sampai belajar memanah dan berkuda (karena yakin sebentar lagi ada peperangan, ya elah bro.. kalo perang beneran lo dah ditembak kali, kelar idup lo ga sempet lagi ngambil tuh panah (dikira dia arrow kali lol)). Ya tentunya kalo dia mau belajar apa ya terserah lah ya, tapi komen-komen nya dia pas ahok lagi diadilin tuh bener-bener ga pantas. Sejak itu gw block dia di fb, ga usah diliat lah, ga berfaedah juga..

Sampai saat ini rasanya untuk bertoleransi antar agama atau antar suku dan ras masih lah wacana. Apalagi sekarang menjelang pilpres, rasanya suasana makin memanas.. Semoga semua baik-baik saja dan tidak terulang kejadian kerusuhan atau tindakan anarkis. 

Terlepas dari gonjang-ganjing di negara yang gw cintai, gw tumbuh di keluarga yang baik dan berkecukupan.. Gw masuk sekolah katolik dan punya banyak sahabat yang sampai sekarang masih tetap menjalin silahturami. 

Seperti umumnya orang Indonesia, gw pun ada mbak di rumah.. Si mbak ini ya sifatnya macem-macem.. Tapi selalu nyokap gw memperlakukan mereka dengan baik.. dikasih tv di kamar mereka en makanan selalu ada setiap harı buat mereka.. Kalo nyokap masak ya mereka dibagi, kalo beli diluar pun nyokap selalu beliin buat mereka.. kalo mereka ikut kita pergi keluar pun selalu diajak makan.. Yang baik ya setia ikut nyokap sampe tahunan tapi ada juga yang "maling" en ada yang parahnya si mbak satu ini malah ngasih maling masuk! jadi kita kerampokan gara2 si mbak ini!

Ketika lulus sma gw pergi kuliah di negri kangguru beberapa tahun, disana tentunya beda banget.. ga ada orang tua en ga ada mbak.. Semua diurus sendiri, disinilah gw dituntut untuk mandiri.. Untuk mengerjakan segala sesuatunya sendiri.. Meski begitu gw melihat kondisi disana lebih baik. Selain masalah polusi, kemacetan, sampah, dll.. menurut gw disana lebih baik dalam artian mereka lebih bertenggang rasa.. ga ada yang calling me "name" disana.. padahal banyak yang bilang kalau bule Aussie tuh rasis.. Tapi gw ga pernah nemu yang begitu dan kalau ada pun yah masih mild lah.. ga sampe harrasing yang gimana-gimana..

Mungkin benar kata pepatah, "Lebih baik hujan batu di negeri sendiri daripada hujan emas di negeri orang"

Selesai kuliah senyaman apapun kondisinya tidak bikin gw tertarik untuk tinggal disana.. Padahal saat itu lebih mudah bagi gw untuk apply permanent resident disana (sekarang lebih sulit). 

Balik ke Indonesia dan kerja beberapa tahun sebelum akhirnya ketemu dengan suami gw sekarang, merit, and sekarang gw tinggal di US. Ga pernah kebayang sebelumnya bakal tinggal sejauh ini dari tanah kelahiran, jauh dari keluarga, teman, dan tentunya gaya hidup yang berbeda jauh.

Blog ini pun lahir beberapa bulan sebelum gw merit dan banyak cerita-cerita gw disana since then.. 

jadi sekian aja deh my story ya.. hehe :)



Comments

  1. Hey. I thought I posted my comment before when I first read this post. Hm... anyway... just found ur post made me want to update my blog again. hehe... thanks for sharing it. :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts