Jalan-jalan ke Turki part 2

Lanjuttt lagi postingan tentang Turki, mumpung masih fresh and rasa males belom nyerang (sebenernya dah rada males, cuman sayang aja kalo ga ditulis. kan mayan buat dibaca-baca lagi in the future :) )

Hari ke-3

Pagi-pagi bangun dengan semangat yang membara, kayaknya energi tertinggi gw selama tur yach disini. Biar ga ngantuk, tur guide ngebawa kita ke leather factory yang harganya bikin kita melek semua. Memang kualitasnya bagus, jaket kulitnya tipisnya kayak sutra.Meski  harga jacketnya ga masuk akal, tapi ada loch satu ibu-ibu yang beli di group kita. yang lain sih kompakan, mending buat tur aja lagi duitnya.

selesai dari sana kita pergi ke rumah Virgin Mary, rumah bunda Maria setelah Jesus wafat. Rumah ini letaknya diatas gunung karena menghindari serangan musuh, ga kebayang zaman dulu tuh gimana ya? kita kemaren naik busnya aja tuh cukup tinggi dan berliku-liku jalannya.

Kita di depan Rumah bunda Maria, didalemnya ada dua ruangan yang dijaga oleh Turkish Army dan ga boleh ambil foto

Nyokap di depan wall of wishes, letaknya di bawah rumah bunda Maria persis. Gw juga ikutan nulis, salah satunya biar bisa case complete dan ternyata pulang-pulang gw beneran dapet case complete.. horeee!! ^^
Sebelum wall of wishes ada air suci juga dan nyokap gw nyuci muka disana berkali-kali, gw sampe ngeliatnya aja ngilu.. Airnya kan dingin banget, belum lagi kena angin. Kata nyokap abis cuci muka, rasanya kayak disilet-silet.. Lah ngapain juga cuci berkali-kali donk?
"kan biar awet muda lin," celetuk nyokap..
*gubrak*
hahaha....cape dech..
lebih capek lagi karena ga lama banyak gerombolan ibu-ibu ikutan cuci muka disana..
beauty is pain

Lanjuut yuk ke Reruntuhan Ephesus...

Hello from Ephesus.... seneng dech gw bisa nginjek-nginjek reruntuhan nya dan juga we're bless with good weather :)

yey, cakep banget kan ya tempatnya... nyokap juga cakep donk tentunya :P

Jalanan mule menurun and gw nemu patung tanpa kepala ini, tiang lainnya kosong gt.. eeh sekalinya ada patung kok palanya ga ada gt..
Our Amazing tour guide Mr.Levent, doi ini baek loch hari terakhir kan mestinya free day tapi dia masih nemenin kita sampe pulang ke airport.
Nyokap lagi, maklum nasib fotografer.. kebanyakan motoin doank sendirinya ga difoto..hehe
Didepan celcius library, akhirnya ada foto diriku.. yey.. hahaha... btw Celcius library ini kan dulu nya pusat ilmu ya, tapi didepan nya persis tuh brotel, bahkan kata tour guide gw dulu tuh kayaknya mereka ada tunnel yang langsung menghubungkan dua tempat ini.. ckckck..
Tempat pupnya orkay zaman dulu, bapak-bapak suka ngobrol rame-rame disini.. Tapi jangan ngebayangin mereka naked, mereka kan jubahnya panjang-panjang jadinya ketutup semua lah biarpun sambil pup.. haha gw berkesan dah sama wc mereka ini..
Next Pamukale

Di jalan menuju Cotton Castle, kita ngelewatin reruntuhan hierapolis ini. Kata tur guide foto-foto nya ntar aja, cuma buat gw ini tuh cantik banget jadi kayaknya sayang kalo ntr pulangnya keburu gelap and ga sempet kefoto.
Hello cotton castle,  terbuat dari calcium dan carbonat atau lebih tepatnya lime stone. Di dunia cuma ada 3, salah satunya di pamukale ini lah.
Nyeker boleh donk yaaaa..

Di kejauhan keliatan nyokap lagi  asik duduk sambil berendem kaki. Enakk soalnya airnya anget..
"Sunset".. pas ngeliat ginian perasaan gw bukannya " wah cantiknya" tapi lebih ke "yaaaa kok cepet amat sich udah sunset aja, belum puas nichh" iya secara mereka tuh udah mule sunset jam 4:30 sore karena mule masuk winter
Selesai dari sini kita nginep di hotel bintang 5, katanya kevin costner (bintang film hollywood) dulunya pernah tinggal disana. Ekspektasi dah tinggi tapi ternyata gak ada lift, gerek-gerek koper ke lantai 2 dan buffetnya alamak kayak orang kondangan, ruameee benerrr.. Disini lah gw tepar, pala gw pusing, mungkin karena gw nyeker, airnya kadang dingin,kadang panas. Untung gw bawa pop mie dan tolak angin, plus nyokap ngerokin. Besoknya langsung seger lagi.. phew..

Keesokan harinya kita ngelanjutin perjalanan ke Cappadocia, tapi sebelumnya kita mampir dulu ke Mevlana museum, makam dari leader ajaran sufi. Leader ini lah yang pertama kali memperkenalkan whirling dance. Didalemnya kita ga boleh ambil foto dan sepatu pun harus diplastikin.

Di depan patung Sufi dancer. Kita ga nonton dancenya karena menurut gw cukup mahal ya, 40$ untuk 1 jam.

segini dulu dech, next Cappadocia!