Jalan-jalan ke Turki part 3

Gw ngebut nich posting soal Turki, soalnya laptop pinjeman.. kudu dibalikin secepatnya (gak modal).

Eniwei lanjut lagi ya, dari cappadocia kita menuju ke Bolu. Sebelum tiba di Bolu kita ngelewatin salt lake, sesuai namanya emang nich danau menghasilkan garam. Bahkan katanya kandungan garamnya lebih tinggi daripada di laut mati sana.

Ini penampakan salt lake, dibawah kaki kita udah garam semua..
Selesai dari salt lake dan pipis gratis (ini yang dicari-cari, disana kadang toilet bayar juga loh kurleb 1 TL =2,2 US$) kita lanjut ke Ankara, ibukotanya Turki. Gw suka ibukotanya ini rapi, modern, dan bersih walau gak serame Istanbul. Disana kita ke makam Bapak bangsanya Mustafa Kemal Attturk. Bapak bangsanya ini sangat dicintai rakyatnya karena dialah yang memisahkan antara religion dan politic, menyetarakan hak wanita, dan menggunakan alfabet untuk bahasa Turki. Jadi ga heran di makamnya ini penjagaan ketat banget, sebelum masuk kita harus turun dari bus dan ngelewatin pemeriksaan kayak di bandara.

Ini dia nih Makam nya yang dijadiin museum, pas kita dateng banyak banget anak kecil. Kayaknya rombongan dari sekolah gt. disekelilingnya ada museum dan koleksi mobilnya.
ada yang prewed loch disini... *salah fokus*
Liat boleh, foto boleh, tapi ga boleh dipegang loch yaaa..
Darisini kita lanjut ke Bolu, cuma buat tidur doank . kita nginap di koru hotel, koru sendiri artinya hutan jadi memang di sekelilingnya keliatan hutan yang cantik-cantik. Cuma secara gw januari kemaren ke Jiuzhaigou , jadi berasanya pemandangannya itu yach biasa aja gt.

Dari bolu keesokan harinya kita balik lagi ke Istanbul

Pemandangan dari camlica hill, jadi gw lagi di benua asia nah di seberang sana udah masuk benua Eropa..
Jembatan Golden horn, di Istanbul terbagi jadi dua antara benua asia dan eropa. Lalu di bagian eropa nya terbagi dua lagi antara modern side dan old side, kita di old side ini nich naek cruise untuk menyusuri selat bosphorus.
view dari kapal, keliatan kan jembatan Bosphorusnya, macet banget loh pas di jembatan sana.
Dolmabache Palace, istana raja dulunya
Selesai muter-muterin selat bosphorus kita lanjut ke Grand bazaar dan spice bazaar, pasar tradisional yang jualan pernak-pernik Turki.

Di depan gerbang Grand bazaar, di dalemnya rame banget and dia punya sekitar 4000 toko, dari toko sebanyak itu gw cuma beli mangkok doank 3 pc, hahaha..

Ini dia Mangkok hasil belanjaan gw di Grand bazaar, hand made and safe for food. Gw soalnya ga demen pajangan jadi kalo beli barang harus ada fungsinya, yang ini kan mayan buat makan nasi sama mangkok sayur hahaha.. btw kalo belanja disana harus nawar harga sampe 50 % soalnya kalo ga kita end up pay way too much there.
Abis shoping kita dapet complimentary, makan malam Indonesia yang dimasak sama orang Turki nya... Nah loh?? tapi ternyata mayan enak loh, ada sop buntut, mie goreng, tempe, sama kerupuk.. yumm! gimanapun enaknya makanan Turki tetep gw cinta makanan Indonesia.

Last day

hari ini pesawat kita jam 00:40 , artinya kita ada waktu seharian di Istanbul. jadi paginya gw mutusin untuk jalan-jalan sedikit sebelum check out jam 12 siang.

Di depan hotel kita ada trem ,jadi diputusin lah kita naek trem ke arah sultanahmet ( area dimana ada blue mosque, hagia sophia, dll.) Kita beli tiket dari kios koran deket hotel, belinya dua (satu pergi,satu pulang).
Tujuan kita pagi itu ke Basilica cistern, tapi karena sampe nya kepagian sekitar jam 9an jadinya kita nunggu barang sejam an gitu dech. Pas lagi duduk-duduk cantik menikmati blue mosque, dateng lah anak kecil ke kita. Sambil ngomong-ngomong bahasa Turki, gw ga ngerti ya cuma senyum-senyum aja. Tapi trus tuh anak makin lama makin creepy, makin deket terus mule pegang pegang tangan kita.. Ternyata nih anak peminta-minta. Akhirnya kita kasih 1 TL dan anak itu pergi juga, phew...

Basilica cistern

Di dalem Basilica cistern, tempat penyimpanan air pada zaman dulu. Aslinya tempatnya emang remang-remang begini, cukup luas tapi sejam keliling sich cukup. Harga tiket masuknya 20 TL.
Ini hasil foto pake xlr, jauh lebih terang dan detail tapi aslinya lebih kayak di foto yang diatas (pake hp).

Di bagain Ujung Basilica cistern ada patung medusa yang guede ini nih. Tadinya kita dah ga mau ke medusa, soalnya pas baru dateng kan masih sepi, cuma gw n nyokap. Tapi di belakang ada dua cowok yang kayaknya mencurigakan gt, ngikutin kita. gw udah mau mundur aja, cuma masa udah nyampe sini ga liat sich? Akhirnya kita nungguin rombongan lain dan rame-rame dah liat si medusa ini.
Kelar dari sana kita jalan-jalan, ngikutin arah trem aja.. eeh sampe ke spice bazaar dech, ada satu toko disana yang gw suka banget. Dia jual barang pecah belahnya bagus-bagus banget, kayak piring, tea set, gelas dah peralatan rumah tangga lain gt. Gw harus mengakui sejak merit, jadi hobi yang beginian..hahaha.. biarpun bagus-bagus banget, harganya murah euy. kalo di Indonesia 500rb, disana cuma 175rb.

Balik ke hotel naek trem lagi dan berjejalan, satu yang gw perhatiin.. orang sana ga ngasih tempat duduk buat yang lebih tua, sebodo amat gt..

Abis check out kita pergi ke taksim square, katanya sih kayak orchard road.. Tapi menurut gw lebih mirip pasar baru, cuma lebih gede jalannya and barangnya lebih branded. Cuma ga seluxurious brand yang ada di orchard road lah ya..

Selesai dari Taksim jam 6an sore kita langsung menuju Airport, macet banget! sampe sana sekitar jam 8 malem. Pas kita mau masuk imigrasi, tiba-tiba system mereka down.. jadilah ada kali sejam kita nunggu sampe sistem mereka aktif lagi. Malem-malem gw makan popeyes (di indo dah ga ada) dan teler banget nungguin sampe gate nya buka jam 11:30pm. Meski teler, harus naik bus dan tangga ke pesawat, transit di Changi akhirnya sampe juga lah gw di Jakarta..

Itu udah seminggu yang lalu, ga berasa banget sekarang udah di rumah lagi .. Thank You God for your blessings and semoga Tuhan kasih rejeki jadi bisa jalan-jalan lagi hahahah.. *banyak maunya*